Pemanfaatan Manajemen Krisis Terhadap Brand Awareness

Lingga Yuliana

Abstract


Krisis memiliki kecenderungan untuk mengubah pengaruh atau konsekuensi negatif menjadi isu-isu yang dapat merugikan baik organisasi maupun masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang memerlukan penggunaan model dan instrumen analisis yaitu metode Analytic Method Process (ANP). Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan responden dalam penelitian ini merupakan seorang Research Analyst dan Business Owner yang memiliki perusahaan manufaktur rak piring aluminium. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode Analytic Network Process (ANP), setiap cluster memiliki hubungan antar cluster lain. Berdasarkan penilaian pada cluster manajemen krisis, pre crisis memiliki nilai node terbesar diantara tiga node yang diuji yang difokuskan dalam penelitian ini. Pada cluster brand awareness, terdapat empat node yang menjadi fokus penelitian dimana top of mind menjadi node tertinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, M. I. (2020). Manajemen krisis: kepemimpinan dalam menghadapi situasi krisis Covid-19. Leadership: jurnal mahasiswa manajemen pendidikan Islam, 1(2), 223-237.

Ardiansyah, R., Muslim, M. A., & Hasanah, R. N. (2016). Analisis Metode Fuzzy Analytical Network Process untuk Sistem Pengambilan Keputusan Pemeliharaan Jalan. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 5(2), 122-128.

Chamdi, M. (2017). Pemilihan Supplier Bahan Baku Kopi Arabika Dengan Metode Analytic Network Process (Studi Kasus: PT. Harum Alam Segar) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5580-5606.

Halida, U. M. (2021). Manajemen Risiko di Era Covid-19 Terhadap Ekonomi di Indonesia. Mabny: Journal of Sharia Management and Business, 1(01), 1-13.

Harlianty, R. A., Nurzanah, E., Sunarmi, S., Nurhayati, N., & Mukhlis, H. (2021). Manajemen Krisis Dimasa Pandemi. Indonesia Berdaya, 2(1), 7-12.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Erlangga:Jakarta

Kriyantono, Rachmat.(2014). Public Relations, Issue & Crisis Management (Pendekatan Critial Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif). Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Kencana.

Malik, Ghafoor, Iqbal, Riaz, Hassan, Mustafa, dan Shahbaz. 2013. Importance of Brand Awareness and Brand Loyalty in assessing Purchase Intentions of Consumer. International Journal of Business and Social Science. Vol 4(5). http://ijbssnet.com/journals/Vol 4 No 5 May 2013/18.pdf. Diakses Februari 10, 2022.

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image serta Word Of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Cbezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 1(2), 269-282.

Kompas.com. (2021, Juli 8). Apa Saja Sektor Perusahaan yang Boleh Beroperasi Saat PPKM Darurat? Ini Daftar Lengkapnya. Retrieved Februari 20, 2022, from https://money.kompas.com/read/2021/07/08/120100526/apa-saja-sektor-perusahaan-yang-boleh-beroperasi-saat-ppkm-darurat-ini-daftar?page=all

Medcom.id. (2021, Juli 26). Kondisi Dunia Usaha Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved Februari 20, 2022, from https://www.medcom.id/foto/grafis/wkB4WqxN-kondisi-dunia-usaha-indonesia-di-tengah-pandemi-covid-19

Permata, Bella Cahya, Mulyana, Dadan. (2021). Manajemen Krisis Perusahaan di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Hubungan Masyarakat, 468-472.

Sonjaya, M. R. M., Purworini, D., & MM, S. S. (2020). Manajemen Komunikasi Bencana Gempa Bumi Lombok Pada Masa Tanggap Darurat Di Lombok Nusa Tenggara Barat (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tanuwijaya, S. R. B., & Hidayat, D. (2020). Manajemen Krisis Internal “Behaviour Safety Culture” Dalam Menanggulangi Pandemik Covid-19. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 72-83.

Triastuti, R. R., Ma'arif, A. A., & Ruhiyat, R. (2019). Peran Manajemen Krisis Sebagai upaya mempertahankan citra. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 61-80.

Wahid, U., & Puspita, A. E. (2017). Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations. Jurnal Komunikasi, 9(1), 31-43.

Watrianthos, R., Siregar, M. N. H., Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D., Purba, R. A., Fadhillah, Y., ... & Koryati, T. (2020). Belajar dari Covid-19: Perspektif teknologi dan pertanian. Yayasan Kita Menulis.

Wicaksono, M. P. A., & Seminari, N. K. (2016). Pengaruh iklan dan word of mouth terhadap brand awareness traveloka (Doctoral dissertation, Udayana University).

Yuliana, L., Trigani, I., & Putri, W. A. (2021). ANALISIS MANAJEMEN PERUBAHAN TERHADAP KINERJA ORGANISASI PADA PT SOLUSI BANGUN INDONESIA TBK. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 47-56.

Yulianti, W., & Boer, R. F. (2020). Manajemen krisis public relations dalam menangani penolakan imunisasi measles rubella. PRofesi Humas, 4(2), 290-311.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12633

Copyright (c) 2022 Lingga Yuliana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License