Analisis Penerapan Model Four Levers Of Control (Studi Kasus PT. Indorama Synthetics Tbk Polyester Division di Purwakarta)

Muhammad Ardi Nupi Hasyim, Setiandari Zamzami, Dewi Yanti, Madeleine Ing Mandaku

Abstract


Sistem pengendalian manajemen dan arah manajer untuk setiap perusahaan berbeda. Dikarenakan adanya variabel yang membedakan setiap perusahaan. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan menganalisis penerapan konsep teori Four Levers of Control di PT. Indorama Synthetics Tbk di kabupaten Purwakarta, konsep ini dapat meningkatkan kinerja karyawan. Objek penelitian ini adalah perusahaan tekstil dan barang kebutuhan lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan, metode pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan dengan studi kepustakaan, wawancara dan analisis data. Setiap perusahaan membutuhkan tuas kendali yang beragam dan kompatibel dengan kondisi perusahaan;Pada Analisis Belief Systems dimana perusahaan telah memotivasi karyawan untuk menerapkan dan memiliki suatu visi, misi dan tata nilai yang sesuai dengan aturan perusahaan. Pelaksanaan sistem kepercayaan ini dikomunikasikan melalui berbagai media seperti bingkai ditempel di dinding, di situs perusahaan, ditampilkan pada pertemuan-pertemuan internal dan pada saat proses rekrutmen karyawan baru mengenai visi misi perusahaan. Boundary Systems ini menunjukkan bahwa telah mewujudkan batasan tersebut melalui adanya batasan yang telah ditetapkan, dimana perusahaan PT.Indorama Synthetics Tbk ini telah memuat aturan-aturan yang jelas dan komprehensif dengan sanksi atas pelanggaran tersebut.Sistem Kontrol Diagnostik perusahaan sangat mudah melakukan pengawasan dan pengawasan, hal ini dikarenakan perusahaan yang relatif besar, sehingga pengawasan harus lebih mudah dilakukan terutama dalalam pembagian sistem koordinator. Pimpinan dapat menyatukan kinerja dengan menyatukan laporan koordinator divisi masing-masing. Intractive Control Systems dimana karyawan dan atasan dengan menerapkan program pelatihan dan pengembangan. Program ini cukup baik dan sesuai dengan fungsinya. Komunikasi atasan dengan karyawan secara formal melakukan pelatihan, dan secara informal dengan melakukan diskusi.

Full Text:

PDF

References


Adhitama, S., & Aulia, D. R. R. (2017). Analisis Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dengan Model Four Levers of Control Di Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Bea Dan Cukai. Info Artha, 1(1), 35–46. https://doi.org/10.31092/jia.v1i1.16

Anandita,D. 2014. Analisis Kemungkinan Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Dengan Model Four Levers of Control di Bank of China Cabang Jakarta. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada. http://etd.repository.ugm.ac.id/.

Anthony, Robert N., dan Govindarajan, Vijay, Sistem Pengendalian Manajemen, Jakarta:Salemba Empat, 2000.

Creswell, John W., Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. Amerika: SAGE Publications, 1994.

Fellita, J. P. (2017). Penerapan Levers of Control Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada Pt Kalisari Citra Jaya. 6(2), 149–168.

Gunawan, I. (2013). KUALITATIF Imam Gunawan. Pendidikan, 143. http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/3_Metpen-Kualitatif.pdf

Mardiasmo, Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta, ANDI, 2009

Manajemen, P., Pt, D. I., & Sulselbar, B. (2015). Levers of Control ( Belief & Boundary System ): Analisis Sistem. 414–422.

Manggu, S.A.R. Analisis Penerapan Four Levers of Control : Studi Kasus PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Jurnal Creative Ilmiah Vol 3, hal-64

Mulyadi dan Jhony Setiawan. 2001.Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Yogyakarta : Aditya Media.

Simons, R., 2000. Performance measurement & control systems for implementing strategy: Text and cases. Upper Saddle River: s.n.

Simons, R., 1995. Levers of Control: How Managers Use Innovative Control Systems to Drive Strategic Renewal. Boston(Massachusetts): Harvard Business School Press.

Sripeni, R., Hasmoro, A., Broto, K., Ekonomi, F., & Madiun, U. M. (2017). Pengaruh sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja pdam tirta taman sari kota madiun. 6(September).

Strauss, E. & Zecher, C., 2013. Management Control Systems: A Review. Journal of Management Control, February, Volume 23, pp. 233-26

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen, Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Edisi 2. Indeks.

Tero, Joanna. 2009. Re-Examining The Levers Of Control-Framework : From Interactive Controls Towards. Helsinki School Of Economics (Hse). Pp. 15-21

Widener , S. K. 2007. An empirical analysis of the levers of control framework. Accounting, Organizations and Society. Vol 3. Pp. 757-788.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i2.10635

Copyright (c) 2021 Setiandari Zamzami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License