PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PULO KAMBING MELALUI COMMUNITY DEVELOPMENT PT. ANTAM LOGAM MULIA DALAM PROGRAM KEMITRAAN BINAAN

Arlene Octaviani Lompoliuw, Arlene Octaviani Lompoliuw, Arlene Octaviani Lompoliuw

Abstract


Pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah industri perlu menjadi perhatian dari perusahaan-perusahaan di wilayah tersebut. Efek dampak lingkungan hasil industri sudah pasti dirasakan oleh warga yang bermukim di daerah tersebut. Wilayah Pulo Kambing berada di sekitar Kawasan Industri Pulo Gadung. PT.  ANTAM Logam Mulia. UBPP Logam Mulia  adalah perusahaan yang bergerak dalam produksi peleburan dan pemurnian Logam Mulia  yang mempunyai kecenderungan memberikan polusi udara dan suara yang dapat merugikan masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bermaksud untuk mencari bagaimanakah implementasi strategi pengelolaan CSR khususnya Community Development dengan program Kemitraan Binaan yang telah dilakukan oleh PT.  ANTAM Logam Mulia. UBPP Logam Mulia  dalam rangka memberdayakan masyarakat yang bermukim di daerah Pulo Kambing. Metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam yang selanjutnya akan diolah dengan analisis interaktif Miles dan Huberman.Validitas penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.  Hasil penelitian menunjukan bahwa PT ANTAM Logam Mulia bekerjasama dengan local hero setempat untuk memberdayakan masyarakat sekitar Pulo Kambing. Pemberdayaan ini berbasis ekonomi dan lingkungan. Untuk tahapan dalam pelaksanaan pemberdayaan dilakukan dengan 2 tahap, yakni analisa kebutuhan dan dilanjutkan sosialisasi kepada tokoh-tokoh penting di daerah Pulo Kambing yang dianggap dapat berpengaruh untuk menyebarkan informasi langsung kepada masyarakat yang akan menjadi subjek pelaksana Kemitraan Binaan. Dalam melaksanakan kegiatan Kemitraan Binaan tersebut dijalankan dengan kegiatan CSR dengan pemberdayaan masyarakat, serta menjalin hubungan dengan komunitas, pemerintah dan LSM.

 


Keywords


Hubungan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Cutlip, Scott M. Center, Allen H; Broom, Glen. (2000). Effective Public Relations. New Jersey : Prentice Hall Internasional.

Gassing, Syarifuddin dan Suryanto. (2016). Public Relations. Yogyakarta Hadi, Nur. (2009). Corporate Social Responsibility. Graha Ilmu

Januarti I., Apriyanti D. (2005). PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Dari :https://www.researchgate.net/publication/309575119_Pengaruh_Corporate_Social_Responsibility_Terhadap_Kinerja_Keuangan_Perusahaan_Manufaktur_yang_Terdaftar_di_Bursa_Efek_Indonesia_periode_20082014

Lalihatu I. Rachel, Warouw D. M., Tulung E. L. (2017). Peranan Humas dalam Mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan pada Pedagang Pasar Segar PAAL2. E-journal “Acta Diurna” 6(3). Dari : https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/17381/16914

Purbasari, Nurul . (2014). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus pada Komunitas Bank Sampah Pokilili Perumahan Griya Lembah Depok Kecamatan Sukmajaya Kota Depok). Dari:http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/25432/1/Nurul%20Purbasari%20%40watermark.pdf

Pranoto, Asa R., Yusuf Dede. (2014). Program CSR berbasis Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik (JSP Universitas Gajah Mada), 39-42. ISSN: 2502-7883

Rachman, Nurzidal M. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Penebar Swadaya

Rahman, Reza. (2009). Corporate Social Responsibility: Antara Teori dan Kenyataan. Yogyakarta: Media Pressindo.

Ruslan, Rosady, (2010), Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi

Ruslan, Rosady. (2016). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta

Rusdianto. (2013). CSR Communication a Framework for PR Practitioners. Graha Ilmu

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.Bandung : Alfabeta

Suharto, Edi. (2006). Membangun MasyarkaatMemberdayakan Masyarakat.ReflikaAditama.BandungSuharto, Edi. 2008. CSR & COMDEV Investarsi Perusahaan di Era Globalisasi. Bandung : Alfabeta.

Suharto, Edi. (2007). Pekerja Sosial di Dunia Industri memperkuatan tanggungjawab sosial perusahaan (corporate social responbility).

Susanto, A.B. (2018). A Strategic Management Approach Corporate Social Responsibility. The Jakartta Consulting Group.

Susanto, A.B (2018). Gambar 1. Data Olahan Peneliti Ilustrasi Siklus Community Development. Diolah pada 11 Juni 2019 dari : Buku Strategi Management Approach Corporate Social Corporate Social Responsibility




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v11i2.8447

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License