Efek Media Sosial dalam Menciptakan “Borderless Communication” Pejabat Publik & Masyarakat (Analisis Komunikasi Interaksional Akun Instagram @ridwankamil)

Andi Setyawan, Iin Soraya

Abstract


Di era milenial ini, perkembangan teknologi telah membawa komunikasi melompat melampaui harapan masyarakat. Perkembangan media dengan munculnya media sosial, mampu meruntuhkan jarak, dan tembok dalam berkomunikasi. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Ridwan Kamil Sebagai pejabat public untuk edia komunikasi dengan para stakeholdernya. Penelitian ini akan melihat pola komunikasi interaksinal Ridwan Kamil di Instagram dan efek media dengan teori Schramm Wilbur. Pendekatan kualitatif dengan metode Analisa teks keritis. Pengambilan data melalui dokumentasi akun Instagram @ridwankamil. Berdasarkan hasil dan Analisa maka didapatkan fakta bahwa Ridwan Kamil dalam Instagramnya telah melakukan komunikasi interaksional dalam bentuk tanggapan terhadap komentar yang diberikan di dalam postingannya. Tanggapan yang diberikan dalam satu postingan rata-rata 1-3 tanggapan berdasarkan urgansi dan dampak yang mungkin hadir dari pemberian tanggapan tersebut. Perkembangan akun dengan pengikut lebih dari 11 juta ini merupakan contoh pejabat public yang berhasil membangun komunikasi interaksional kepada masyarakatnya.

Keywords


Instagram; komunikasi interaksional, efek media

Full Text:

PDF

References


Asih, Irsanti Widuri. 2011. “Media Sosial dan Politik: Sarana E-Democracy atau Sekadar Pepesan Kosong?” dalam Proceeding Semnas FISIP- UT, hal.452-465. http://www.pustaka.ut.ac.id/dev25/ pdfprosiding2/fisip201131.pdf.

Carl I. Hovland, Irving L. Janis, and Harold H. Kelley "Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change" New Haven: Yale UP, 1953 Print

Chavez, Jonathan. 2012. #Fail: The Misuse of Social Media Campaign in the 2012 US Presidential Campaign. http://www.tcd.ie/policy- institute/assets/pdf/PL_Chavez_Ma rch12.pdf

Coutts, Larry M., & Gruman, Jamie A. 2005. “Applying Social Psychology to Organizations” dalam Applied Social Psychology: Understanding and Addressing Scial and Practical Problems. Frank W. Schneider, et.al (Eds). Thousand Oaks: SAGE.

Dennis McQuail, Mass Communication Theory, 2nd edition, 1990. London: Sage.

Fitch, Kate. 2009. “Making friends in the Wild West: Singaporean public relations practitioners’ perceptions of working in social media” dalam PRism 6(2), hal 1-14 http://www.prismjournal.org/filead min/Praxis/Files/globalPR/FITCH. pdf

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and gratifications research. Public Opinion Quarterly.

Kaushik, Avinash. 2009. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability and Science of Customer Centricity. Sybex.

Keith R. Stamm & John E. Bowes, The mass communication process: a behavioral and social perspective, 1990.

Mc nair, Brian. 2011. An Introduction to Political Communication. London & New York: Routledge.

Rayburn, J. D. 1996. Uses and gratifications. In M. B. Salwen & D. W. Stacks (Eds.), An integrated approach to communication theory and research . Mahwah, NJ: Erlbaum.

Riaz, Saqib. 2010. “Effects on New Media Technologies on Political Communication” dalam Journal of Political Studies, Vol. 1, Issue 2 University of the Punjab Lahore, hal. 161-173. http://pu.edu.pk/images/journal/p ols/Currentissue-pdf/saqib10.pdf,

Syahputra, Iswandi. 2019. Hoax dan Spiral Kebencian di Media Sosial (Pidato Pengukuhan Guru Besar). Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

So, Jiyeon. 2012. Uses, Gratifications, and Beyond: Toward a Model of Motivated Media Exposure and Its Effects on Risk Perception. Jurnal Communication Theory, No 22. International Communication Association.

Wilbur Schramm and Donald F. Roberts, The process and effects of mass communication, Wilbur Lang, 1990

Windahl, S. 1981. Uses and gratifications at the crossroads. Mass Communication Review Yearbook.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v11i1.7613


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License