Membangun Atensi Pada Media Sosial (Studi Netnografi Remaja Pengguna Instagram)
Abstract
Abstrak - Penelitian ini mengungkap penggunaan lambang komunikasi oleh remaja dalam membangun atensi atau mencari perhatian warganet pada Instagram. Metode yang digunakan dalam menganalisa percakapan dan interaksi pada penelitian ini adalah netnografi. Dari penelitian ditemukan bahwa pengguna Instagram melakukan konstruksi pesan bisa melalui tulisan, foto bahkan tayangan yang berbentuk visual dan audio. Lambang komunikasi tersebut disampaikan dengan mengoptimalkan fitur visual dan audio yang terdapat pada media sosial tersebut. Konstruksi bertujuan untuk memperoleh perhatian yang bisa berwujud dari jumlah penonton atau view dan jumlah likes atau suka. Lebih dalam lagi terungkap bahwa perhatian yang dimaksud oleh pengguna Instagram tidak hanya ditujukan pada warganet secara umum namun juga ditujukan pada pasangan atau pujaan hati.
Abstract - This study revealed the use communication symbols in seeking attention from netizens on Instagram by teenager. This research analyzing conversations and interactions text on Instagaram by netnography methode. It was found that Instagram users do message construction through writing, photos and even visual and audio shows. The communication symbol is conveyed by optimizing the visual and audio features found on the social media. Construction aims to get attention that can be tangible from the number of viewers and likes. Furthermore, it was found that the attention referred by Instagaram users was not only directed at netizens in general but also aimed at couples or idolaters.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Ahmadi, A. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Alfarizy, M. K., & Mahbub, A. (2018, Mei). Ini 6 Aplikasi Jejaring Sosial Terlaris di Dunia. Retrieved from https://tekno.tempo.co/read/1086501/ini-6-aplikasi-jejaring-sosial-terlaris-di-dunia/full&view=ok
Berger, P. L., & Luckmann, T. (2011). The Social Construction Of Reality. New York: Open Road Integrated Media.
Bisono, T. (2010, Desember). Remaja Butuh Perhatian Lebih Daripada Anak-anak. Tribunlifestyle. Retrieved from http://www.tribunnews.com/lifestyle/2010/12/13/remaja-butuh-perhatian-lebih-daripada-anak-anak
Bugiardo. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation Jakarta. Jakarta: Elex Media Kumputindo.
Dakir. (1993). Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hu, Y., Manikonda, L., & Kambhampati, S. (2014). What We Instagram: A First Analysis of Instagram Photo Content and User Types. In Departemen of Computer Science. Arizona: State Universiity. Retrieved from https://www.aaai.org/ocs/index.php/ICWSM/ICWSM14/paper/view/8118/8087
Kozinets, R. V. (2015). Netnographi Redefined. London: Sage Publication.
Lipschultz, J. H. (2017). Social Media Communication: Concepts, Practices, Data, Law and Ethics (Second Edition). New York: Routledge.
Mesquita, A., & Peres (eds), P. (2015). Proceeding Of The European Conference on Social Media - School of Accounting and Administration at the Polytecnic Institute of Porto, Portugal 9-10 July 2015. United Kingdom: Academic COnference and Publishing International Limited Reading. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=VDU7CgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA19&dq=understanding+instagram&ots=D-RKyxFqlP&sig=bNGjLaGfXouJLLGt-iDYePFV3dw&redir_esc=y#v=onepage&q=understanding%20instagram&f=false
Pashler, H. (1998). Atention. New York: Psychology Press. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=Gut5CwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=attention&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiH96eWsPvdAhWBRY8KHVyHC7wQ6AEIWzAJ#v=onepage&q=attention&f=false
Piliang, Y. A. (2010). Post Realitas. Yogyakarta: Jalasutra.
Sameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Saxena, S. (2014, January). Social Media can be organized in 6 clear categories. Retrieved from http://www.easymedia.in/social-media-can-organized-6-clear-categories/
Saxena, S. (2017, December). What is Social Media and what are its main features [easymedia.in]. Retrieved from http://www.easymedia.in/social-media-main-features/
Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Pranadamedia.
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i2.23080
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|