Analisis Resepsi Khalayak mengenai Branding Hotel Borobudur Jakarta sebagai Family Hotel melalui konten Instagram
Abstract
Wisata keluarga merupakan segmen yang menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam industri pariwisata. Beberapa peneliti berpendapat bahwa penyediaan destinasi yang family friendly adalah strategi efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Hotel Borobudur Jakarta, sebagai bagian dari sektor pariwisata, mengusung branding sebagai "Family hotel" yang disampaikan oleh digital marketing communication executive Hotel Borobudur Jakarta. Family hotel yaitu hotel yang memiliki target utama yaitu keluarga dan memiliki klasifikasi seperti memiliki ruang kamar keluarga, tempat bermain anak, fasilitas rekreasi dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk semua anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi khalayak terhadap branding tersebut melalui konten Instagram. Karena Instagram sebagai media sosial yang sering digunakan oleh Hotel Borobudur Jakarta tersebut menggunakan teori resepsi Stuart Hall, yang mengkategorikan penerimaan pesan ke dalam tiga posisi: dominan, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis resepsi, serta menerapkan tipe kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan 8 informan, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan variasi dalam penerimaan branding Hotel Borobudur Jakarta oleh followers melalui Instagram.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.
Ainurroffiqin, M. (2021). 99 Strategi Branding di Era 4.0. Yogyakarta: QUADRANT.
Csordás, T., Markos-Kujbus, É., & Boros, K. (2019). Practitioners’ perception of hotels’ family-friendliness. Közgazdász Fórum Forum on Economics and Business, 22(139), 25–42. www.econ.ubbcluj.ro/kozgazdaszforum
Dahuri, D. (2022, November 15). Hotel Borobudur Jakarta Raih Penghargaan The Best Family Hotel 2022. mediaindonesia.com, All Rights Reserved. https://mediaindonesia.com/humaniora/537517/hotel-borobudur-jakarta-raihpenghargaan-the-best-family-hotel-2022
Devi, G. W. (2022). Analisis Branding Hotel Swiss-Belinn Saripetojo Dengan Menggunakan Media Sosial Instagram. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(2), 335–351. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i2.507
Gaines, B. L., Hubbard, S. S., Witte, J. E., & O’Neill, M. A. (2004). An analysis of children’s programs in the hotel and resort industry market segment. International Journal of Hospitality and Tourism Administration, 5(4), 85–99. https://doi.org/10.1300/J149v05n04_05
Habibah, A., Hamzah, J., Er, A. C., Buang, A., & Selvadurai, S. (2015). APPRAISAL OF FAMILY-FRIENDLY TOURISM IN MALAYSIA. TOURISMOS: AN INTERNATIONAL MULTIDISCIPLINARY JOURNAL OF TOURISM, 10, 37–62. https://cabidigitallibrary.org
Hall, S. (1973). Encoding and Decoding in the Television Discourse. Birmingham: Centre for Cultural Studies,. University of Birningham.
Hotel Borobudur Jakarta Awarded to be Best Family Hotel 2022. (n.d.-c). PT Jakarta International Hotels & Development Tbk. https://jihd.co.id/id/news/hotel-borobudur-jakarta-awarded-to-be-best-family-hotel-2022
Ida, R. (2014). Metode Penelitian Studi Media dan Kajian Media. Jakarta: Prenada Meda Group.
Ika, W. I. (2020). Analisis Resepsi Untuk Penelitian Gender dan Media. Malang: UB Press.
Instagram. (2024). https://www.instagram.com/hotelborobudurjakarta/
Jatisidi, A., & Sebastian, K. (2022). Pemaknaan Khalayak Mengenai Brand Message Choco Drink (Studi Resepsi Konten Akun Instagram @Chocodrink.id). Avant Garde: Jurnal Ilmu Komunikasi/Avant Garde : Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 99. https://doi.org/10.36080/ag.v10i1.1796
Kazembe, C., Mwando, M., & Nyarota, M. (n.d.). Family friendly services and customer satisfaction in Zimbabwean resorts. https://www.researchgate.net/publication/371540548
Khoo-Lattimore, C., Prayag, G., & Cheah, B. L. (2015). Kids on Board: Exploring the Choice Process and Vacation Needs of Asian Parents With Young Children in Resort Hotels. Journal of Hospitality Marketing & Management, 24(5), 511–531. https://doi.org/10.1080/19368623.2014.914862
Landa, R. (2005). Designing Brand Experience: Creating Powerful Integrated Brand Solutions. Cengage Learning.
Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Masa. Prenada Media.
Quail, D. M. (2011). Teori Komunikasi Massa buku 2 edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.
Whitney, D. (2009). Audience. InJ. Steele (Ed.), Encyclopedia of Journalism. LOS ANGELES: SAGE Publications.
Yunus, U. (2021). Digital Branding: Teori dan Praktik. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i2.23031
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|