Peran Media Sosial Bagi Humas Pemerintah

Herzi Rahmatia Maulvi, Edwin Rizal, Elnovani Lusiana

Abstract


Media sosial hadir dan mengubah cara praktisi humas pemerintah untuk berkomunikasi dalam mencapai tujuan-tujuan lembaganya. Merupakan tugas dari humas lembaga pemerintah untuk dapat berkomunikasi, mendengar opini masyarakat, membangun citra yang baik serta mengelola reputasi pemerintah di mata publik. Maka, media sosial hadir dengan segala kemudahan dalam mencapai tujuan tersebut. Artikel ini membahas peran media sosial sebagai alat pelayanan publik dan alat manajemen krisis pemerintah. Ditulis dengan analisis studi literatur dari berbagai sumber. Kesimpulan yang dapat ditarik dari studi ini yakni bahwa media sosial telah digunakan berbagai instansi pemerintah untuk memudahkan pelayanan publik dan manajemen krisis karena kecepatan distribusi informasi, transparansi, mudahnya komunikasi dua arah, media dokumentasi dan sarana networking antar instansi berbeda.

Keywords


Media Sosial, PR Pemerintah, Pelayanan Publik, Manajemen Krisis

Full Text:

PDF

References


Akbar, M. M., Winarno, W. W., & Haryono, K. (2021). Evaluasi Tingkat Kematangan e-Government Pada Partisipasi Masyarakat dan Pelayanan Publik Menerapkan Framework Gartner. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 99. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2606

Akn. (2022). Ini Cara Humas Pemda DIY Mengatasi Krisis di Media Sosial. Humas Indonesia.

Amar, B. R., Mulyana, D., Bajari, A., & Rizal, E. (2019). Information management using intelligence media management (IMM) digital media analysts in managing the reputation of the Indonesian national police. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 97(20), 2306–2321.

Budiana, H., Sjoraida, F., Mariana, D., & Priyatna, C. (2016). Proceeding of The 3 rd Conference on Communication, Culture and Media Studies The Use of Social Media by Bandung City Government in Increasing Public Participation. August, 63–70.

Cornelissen, J. (2011). Corporate Communication A Guide to Theory and Practice. SAGE Publication.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed). SAGE Publication.

daon001. (2015). Rekrutmen THP Untuk Implementasi Inpres 9/2105. Kominfo.

Ferdiana, S. (2021). Aplikasi LAPOR Kota Bandung Sabet Penghargaan Dunia. Republika.

Holmes, W. (2011). Crisis Communications and Social Media: Advantages, Disadvantages and Best Practices. University of Tennessee.

Kemp, S. (2022). DIGITAL 2022: OCTOBER GLOBAL STATSHOT REPORT. Data Reportal. https://datareportal.com/reports/digital-2022-october-global-statshot/

Kurnia, T. S., Rauta, U., & Siswanto, A. (2018). E-Government Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Di Indonesia. Masalah-Masalah Hukum, 46(2), 170. https://doi.org/10.14710/mmh.46.2.2017.170-181

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. Data Indonesia. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Mth. (2019). 72 Persen Pengguna Puas Terhadap Aplikasi LAPOR! Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/22855/72-persen-pengguna-puas-terhadap-aplikasi-lapor/0/berita

Mth. (2020). Belajar Bersama Kelola Media Sosial Instansi Pemerintah. Kominfo. https://www.kominfo.go.id/content/detail/23893/belajar-bersama-kelola-media-sosial-instansi-pemerintah/0/berita

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Priyatna, C. C., Syuderajat, F., & Koswara, A. (2020). Evaluasi tenaga humas pemerintah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(1), 58. https://doi.org/10.24198/prh.v5i1.23745

Priyono, J. (2021). Komunikasi Publik Pemerintah Di Masa Krisis. Klatenkab.

Rahmat, A., & Bakti, I. (2016). Pemerintah Daerah Kabupaten Dan Kota Di Jawa Barat Performance of Government Public Relations. Jurnal Kajian Komunikasi, 4, 133–141.

RAHMAWATI, Y. (2018). Strategi Humas Pemerintah Kota Bima Dalam Melakukan Manajemen Komunikasi Krisis Pasca Banjir Bandang. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 5(Vol 5, No 1 (2018): Januari-Juni 2018), 101–110. http://komunikasistisip.ejournal.web.id/index.php/komunikasistisip/article/view/173/152

Ray. (2022). Aplikasi LAPOR! Catatkan 90 Persen Keberhasilan Layani Masyarakat. Bandung Go Id.

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Ruslan, R. (2014). Manajemen public relations dan media komunikasi : konsepsi dan aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Siswanto, B. D. L., & Abraham, F. Z. (2016). Peran Humas Pemerintah Sebagai Fasilitator Komunikasi Pada Biro Humas Pemprov Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Komunikasi, 19(1), 55–68. https://doi.org/10.20422/jpk.v19i1.64

Sobur, A. (2014). Ensiklopedia Komunikasi. Rekatama.

Suminto, A., & Farizi, A. Al. (2020). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Twitter oleh Analysis of The Utilization Of Twitter Social Media By Ganjar Pranowo And Ridwan Kamil. SAHAFA Journal of Islamic Communication, 2(2), 191–206.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.14939


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License