Peranan Komunikasi dalam Perilaku Organisasi pada Reposisi Jabatan Sekolah Tinggi Desain Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bagaimana peranan komunikasi dalam kaitannya dengan perilaku organisasi yang terjadi pada pelaksanaan kegiataan reposisi jabatan di lingkungan Sekolah Tinggi Desain Indonesia. Peranan komunikasi yang dimaksud menunjukkan keberhasilan pimpinan dalam organisasi mampu membentuk struktur dalam organisasi dengan gaya komunikasi yang berkarakter sebagai penghubung setiap personal dalam organisasi sehingga tidak terjadi kecemburuan dan kesenjangan di antara para pemangku jabatan. Peranan komunikasi menjadi objek kajian dalam penelitian ini yang merupakan bagian dari perilaku organisasi pada salah satu kegiatan penting dalam organisasi yakni reposisi jabatan. Penelitian yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Desain Indonesia juga menunjukkan kepuasan para pemangku jabatan ketika menerima jabatan yang ditetapkan oleh pimpinan serta motivasi dan kinerja struktur organisasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan kemampuan dan kompetensinya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian jenis deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang dilaksanakan melalui pendeskripsian tulisan yang sistematis, aktual dan akurat yang berisi tentang fakta dan adanya hubungan keterkaitan dengan fenomena yang terjadi dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan komunikasi dalam perilaku organisasi menunjukkan keberhasilan dalam pelaksanaan kegiatan reposisi jabatan pada organisasi melalui proses komunikasi, implementasi komunikasi internal dan gaya komunikasi serta identifikasi hambatan komunikasi efektif yang terjadi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abrashi, G. (2018). Organizational Communication-the Importance of Communication Strategy in Times of Crisis for the Organization. European Journal of Social Sciences, 1(2), 22–25.
Buck, R., & Van Lear, C. A. (2002). Verbal and Nonverbal Communication: Distinguishing Symbolic, Spontaneous, and Pseudo-Spontaneous Nonverbal Behavior. International Communication Association, 522–541.
Cadet, F. T., & Caroll, R. (2019). Nonprofit Organization Communication: Risky Business. Review of Business: Interdisciplinary Journal on Risk and Society, 39(1), 1–14.
Egeham, L. (2020, Desember 22). Reshuffle Kabinet, Ini Daftar 6 Menteri Baru Jokowi-Ma’ruf. https://www.liputan6.com/news/read/4439853/reshuffle-kabinet-ini-daftar-6-menteri-baru-jokowi-maruf
Farid, F. F., Musadieq, M. A., & Ruhana, I. (2015). GAMBARAN RESTRUKTURISASI ORGANISASI (Studi pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Witel Malang tentang Bentuk, Jenis, Faktor Pendorong, Faktor Penghambat Restrukturisasi dan Desain Struktur Organisasi). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/85406-ID-gambaran-restrukturisasi-organisasi-stud.pdf
Hartley, P., & Bruckmann, C. G. (2002). Business Communication. Routledge.
Hayase, L. K. T. (2009). Internal Communication in Organizations and Employee Engagement. UNVL Theses, Dissertations,Professional Papers, and Capstones, 2.
HR, R. (2020, Juli 2). PHK Sepihak di Medan, Karyawan: Mengapa Perusahaan Tak Peduli. https://daerah.sindonews.com/read/88354/717/phk-sepihak-di-medan-karyawan-mengapa-perusahaan-tak-peduli-1593677233
Khoirunissa. (2017, Maret 1). 4 Contoh Perusahaan di Indonesia Yang Sudah Transformasi Digital. https://selular.id/2017/03/4-contoh-perusahaan-di-indonesia-yang-sudah-transformasi-digital/
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60–68.
Kurniawati, E. (2018). Pelaksanaan Analisa Jabatan Pada Universitas Islam Kadiri. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 3(3), 139–154. http://dx.doi.org/10.32503/jmk.v3i3.366
Latar, B. (2020). Perubahan dan Pengembangan Organisasi. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 75–84. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara
Mahmudah, D. (2015). Komunikasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi dalam Organisasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 19(2), 285–302.
Ningrum, M. E. (2020). Peranan Komunikasi Internal di Lingkungan Kerja. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, 3(1).
Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian tentang Efektivitas Pesan dalam Komunikasi. 3(1), 90–95.
Permanasari, Y. W., & Perdhana, M. S. (2017). PROSES TRANSFORMASI PT. POS INDONESIA (Studi Kasus Pada Kantor Processing Centre Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 6(4), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Polii, K. J., Warouw, D. M., & Kalesaran, E. R. (2019). Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota Pers Mahasiswa “ACTA DIURNA” Ilmu Komunikasi Fispol Unsrat Manado. Acta Diurna Komunikasi, 1(3).
Pradana, A. R. Y. (2021, September 29). Bupati Blora Mutasi Ratusan ASN di Makam Pahlawan, Ini Alasannya. https://regional.kompas.com/read/2021/09/29/175057178/bupati-blora-mutasi-ratusan-asn-di-makam-pahlawan-ini-alasannya
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Pearson Education.
Ruliana, P. (2014). Komunikasi organisasi: Teori dan studi kasus. PT. Raja Grafindo Persada.
Semegine, E. T. (2012). Organizational Internal Communication as A Means of Improving Efficency. European Scientific Journal July Edition, 8(15), 87.
Siahaan, A., & Zen, W. L. (2012). Manajemen Perubahan: Telaah Konseptual, Filosofis Dan Praksis Terhadap Kebutuhan Melakukan Perubahan Dalam Organisasi. itapustaka Media Perintis.
Siregar, F. A., & Usriyah, L. (2021). Peranan Komunikasi Organisasi dalam Manajemen Konflik. Idarah: Jurnal Pendidikan dan Kependidikan, 5(2), 163–174.
Sitepu, Y. S. (2011). Paradigma dalam Teori Organisasi dan Implikasinya pada Komunikasi Organisasi. AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 1(2), 83–91.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Suwatno. (2019). Komunikasi Organisasi Kontemporer (2 ed.). Simbiosa Rekatama Media.
Thoha, M. (2014). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo.
Yuliana, R. (2012). Peran Komunikasi dalam Organisasi. JURNAL STIE SEMARANG, 4(3), 52–58.
Zahara, E. (2018). PERANAN KOMUNIKASI ORGANISASI BAGI PIMPINAN ORGANISASI. Jurnal Warta, 56.
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v13i2.13364
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|