PENGARUH PENGGUNAAN FITUR INSTAGRAM STORIES TERHADAP KEPUASAN MENDAPATKAN INFORMASI PADA FANS KLUB SEPAKBOLA LIVERPOOL (BIG REDS) JAKARTA

Firman Maulana, Anugerah Trihatmojo, Rezky Reza Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan Fitur Instagram Stories terhadap kepuasan mendapatkan informasi pada Penggemar klub sepakbola Liverpool (Big Reds) Jakarta. Sejak fitur Instagram Stories diluncurkan sudah lebih dari 500 juta pengguna instagram yang menggunakannya setiap hari di mana fitur tersebut memberikan informasi dengan durasi penayangan selama 24 jam. Fitur serupa Instagram Stories kini banyak diadopsi oleh beberapa media sosial lainnya. Peneliti memakai teori uses & gratification pada penggunaan fitur Instagram Stories.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang ditujukan kepada pengikut akun Instagram resmi @br_jkt (BIG REDS Regional Jakarta). Berdasarkan data per tanggal 7 november 2020 pengikut Instagram resmi @br_jkt berjumlah 6702 pengikut. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel probabilitas yaitu sampel acak dengan teknik hitung menggunakan rumus Slovin dan tingkat eror sebesar 10%, sehingga menghasilkan jumlah sampel sebanyak 99 responden. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 99 responden melalui pengukuran skala likert dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment, regresi linier sederhana dan untuk uji hipotesis mengunnakan anova yang diolah menggunakan SPSS 26.


Keywords


Kepuasan, Fitur, Media Sosial, Informasi, Komunitas

Full Text:

PDF

References


Adiloglu, F. (2011). Visual communication: Design studio education through working the process. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 982–991.

Al-Rahmi, W., Othman, M., & Musa, M. (2014). The Improvement of Students’ Academic Performance by Using Social Media Through Collaborative learning in Malaysian Higher Education. Asian Soc. Sci., 10(8), 210–221.

Amofah-Serwaa, N., & Dadzie, P. S. (2015). Social media use and its implication on child behaviour: A study of a basic school in Ghana. International Journal of Social Media and Interactive Learning Environments, 3(1), 49-62.

Arifin, Pupung. (2013). Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and Gratifications. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 195-212.

https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

https://datareportal.com/reports/digital-2020-global-digital-overview

Fathoni, A. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Fitur Instagram Stories dan Interface Design Instagram Terhadap Kepuasan Menggunakan Instagram Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma. Mediakom, 2(1), 206-218.

Fortner, Robert S & Fackler, Mark. 2014. The Handbook of Media and Mass Communication Theory. UK: John Wiley & Sons.

Goldstein, E. B. (2010). Sensation and Perception. California: Wadsworth Cengage Learning.

Griffin, E. (2012). In A First Look at Communication Theory (p. eight edition). Amerika: McGrew Hill.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Lee, Chei Sian; Long Ma (2012). News Sharing in Social Media: The Effect of Gratifications and Prior Experience. Computers in Human Behavior. 28 (2): 331–339.

Leidner, D. E., Gonzalez, E., & Koch, H. (2018). An affordance perspective of enterprise social media and organizational socialization. The Journal of Strategic Information Systems, 27(2), 117–138.

Lindgren, Simon. 2017. Digital Media & Society. UK: SAGE.

McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Novak, E., Razzouk, R., & Johnson, E. (2012). The Educational Use of Social Annotation Tools in Higher Education: a literature review. Internet High. Educ, 15(1), 39–49.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sianipar, Ronita Uli Sari., Dr. Nurjanah. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Relation Terhadap Kepuasan Pengunjung di Mal SKA Pekanbaru. JOM FISIP, 5(1), 1-11.

https://www.spssstatistik.com/menentukan-jumlah-sampel-berdasarkan-rumus-slovin/

https://www.spssstatistik.com/uji-validitas-dan-reliabilitas-dengan-spss/

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Cetakan keempat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi Offset.

West, Richard dan Lynn H. Turner. (2014). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Edisi 3, Buku 2. Jakarta: Salemba Humanika.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v12i1.10060


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License