Desain Aplikasi Manajemen Kunjungan Pelanggan Barbershop Squad Corporation (AK-SQUAD)

Husni Faqih, Aditya Syaiful Islam, Zanuar Rifai, Ayu Amarcia A.S.W

Abstract


Seiring perkembangan media sosial dan tumbuhnya kesadaran untuk berpenampilan menarik, membuat pertumbuhan bisnis di bidang barbershop berkembang sangat pesat tidak hanya di kota besar bahkan hingga ke daerah-daerah. Memberikan pelayanan terbaik adalah salah satu strategi sukses dalam bisnis jasa. Salah satu bentuk pelayanan terbaik adalah pemberian informasi secara berkelanjutan seperti informasi diskon. Data pelanggan ini didapat dari sistem pengeolalaan data pelanggan. SQUAD Corporation Pemalang sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa barbershop juga menggunakan strategi tersebut dengan menggunakan aplikasi Ms. Excel. Belum menggunakan aplikasi yang khusus untuk pengelolaan data pelanggan memiliki kekurangan pada kesulitan mendapatkan data pelanggan karena sebagian pelanggan enggan mengisi data kunjungan. Penyampaian informasinya juga masih manual cek data telepon setiap pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah sistem informasi yang nyaman bagi pelanggan dalam mengisi data kunjungan untuk kebutuhan pengembangan layanan Squad Corporation. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dan metode pengembangan software Rapid Application Development (RAD). Teknik pengumpulan data dengan malakukan kegiatan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian adalah desain Aplikasi Manajemen Kunjungan Pelanggan Barbershop Squad Corporation (AK-SQUAD).


Full Text:

PDF

References


Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan, 1(2), 249–258.

Brandenburg, L. (2018). How to Create an Entity Relationship Diagram (ERD). Retrieved November 11, 2018, from http://www.bridging-the-gap.com/erd-entity-relationship-diagram/

Darmawan, D., & Fauzi, K. N. (2013). Sistem Informasi Manajemen. (A. Kamsyach, Ed.) (Pertama). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Faqih, H., & Avisha, T. D. (2017). Pendekatan RAD Dalam Perancangan GIS Penyebaran Penyakit (Studi Kasus: Puskesmas Kaligangsa Brebes). IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 1–7. Retrieved from http://ijse.web.id/

Firmansyah, R. (2017). Web Klarifikasi Berita Untuk Meminimalisir Penyebaran Berita Hoax, 4(2), 230–235.

Ma’rifati, I. S. (2015). Sistem Informasi Akuntansi Pendapatan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Pada SMU XYZ. Jurnal Evolusi, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.1103/PhysRevE.71.036411

Malau, Y., & Ariyanto, A. S. P. A. (2014). Implementasi Sistem Pelayanan Pendaftaran Haji Dan Umroh Online Pada Pt . Mandiri Mawaddah Nusantara. Bianglala Informatika, 2(1), 43–62. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/567

Ratnawati, Siwi, D. R., & Faqih, H. (2018). Pendekatan Rapid Application Development Dalam Merancang Program Administrasi Klinik (Studi Kasus:Klinik Anugerah Sehat). Journal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi (Vol. 10).

Rohman, R. S., Ermawati, E., Farlina, Y., & Syabaniah, R. N. (2018). Rancang Bangun Web E-Learning Untuk Pengelolaan Mata Pelajaran TIK Pada SMPIT, 6(1), 85–90.

Setyanta, B. (2017). Anteseden dan Konsekuensi dari Kepuasan Pelanggan : Survei Kepuasan Pelanggan Barbershop di Yogyakarta, 3(1), 29–44.

Wahyuningrum, T., & Januarita, D. (2014). Perancangan WEB e-Commerce dengan Metode Rapid Application Development ( RAD ) untuk Produk Unggulan Desa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(November), 81–88. Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/829

Wijaya, G., & Sari, M. (2015). Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Kredit Berbasis Web Pada PT . BPR Kredit Mandiri Indonesia Cabang Bekasi. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 98–104.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v5i2.6954

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License