Implementasi Algoritma SVM dan Naive Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Pengguna Aplikasi OneDrive

Andrian Eko Widodo, Fanny Fatma Wati, Nadiyah Hidayati

Abstract


Abstrak

 

Teknologi saat ini menawarkan solusi penyimpanan data secara online yang dikenal sebagai cloud storage. Contohnya adalah OneDrive, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, berbagi, dan mengakses berkas secara fleksibel dari berbagai platform. Dengan populernya OneDrive, peningkatan penggunaannya membawa implikasi besar terhadap pengalaman pengguna dan keberhasilan bisnis Microsoft. Persepsi dan pengalaman pengguna sangat penting dalam menilai kualitas aplikasi, karena ulasan di platform seperti Google Play Store memberikan gambaran nyata tentang kepuasan dan kebutuhan pengguna. Agar layanan suatu aplikasi dapat digunakan dan diterima oleh pengguna, maka harus memiliki pengalaman pengguna yang baik. Seiring meningkatnya jumlah pengguna di Google Play Store, ulasan yang diberikan juga terus bertambah. Ulasan ini sering menjadi sumber informasi penting tentang produk atau aplikasi perangkat lunak tertentu. Namun, jumlah ulasan yang banyak dan beragam dapat memberikan dampak positif maupun negatif bagi pengembang. Oleh karena itu, diperlukan sistem otomatis untuk mengolah data ulasan tersebut melalui analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen pengguna terhadap aplikasi OneDrive di Google Play Store, untuk melihat kecenderungan opini pengguna, apakah bersifat negatif atau positif. Penelitian ini menggunakan metode Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan ulasan pengguna menjadi sentimen positif atau negatif. Proses penelitian meliputi perumusan masalah, perancangan penelitian, pengumpulan data ulasan, pengolahan data, penyajian data dalam bentuk tabel, dan analisis data. Peneliti berharap hasil penelitian ini dapat membantu pengembang aplikasi dalam menilai kekurangan dan kelebihan aplikasi mereka serta menjadi bahan evaluasi di masa mendatang.

               

Kata kunci: Algoritma SVM, Naïve Bayes, OneDrive

 

Abstract

 

Current technology offers online data storage solutions known as cloud storage. An example is OneDrive, which allows users to store, share, and access files flexibly from various platforms. With the popularity of OneDrive, its increasing use has major implications for the user experience and the success of Microsoft's business. User perception and experience are very important in assessing the quality of an application, because reviews on platforms such as the Google Play Store provide a real picture of user satisfaction and needs. In order for an application service to be used and accepted by users, it must have a good user experience. As the number of users on the Google Play Store increases, the reviews given also continue to increase. These reviews are often an important source of information about a particular software product or application. However, the large number and variety of reviews can have a positive or negative impact on developers. Therefore, an automated system is needed to process the review data through sentiment analysis. This study aims to analyze user sentiment towards the OneDrive application on the Google Play Store, to see the tendency of user opinion, whether it is negative or positive. This study uses the Naive Bayes method and Support Vector Machine (SVM) to classify user reviews into positive or negative sentiment. The research process includes problem formulation, research design, review data collection, data processing, data presentation in tabular form, and data analysis. The researcher hopes that the results of this study can help application developers in assessing the shortcomings and advantages of their applications and become evaluation material in the future.

Keywords: SVM algorithm, Naïve Bayes, OneDrive


Full Text:

PDF PDF

References


Jalinur J, Yudisman SN. Penyimpanan Arsip Digital Berbasis Cloud Sebagai Mitigasi Bencana di Indonesia. JIPIS : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam. 2023;2(2).

Arswanda MAP, Caesar C, Sihombing J, Andri A, Prima Laia A. EVALUASI PENGALAMAN MAHASISWA MIKROSKIL PADA APLIKASI ONEDRIVE MENGGUNAKAN UEQ. SIFO Mikroskil. 2022;23(2622–8130):1–5.

Viski Izabal S, Aknuranda I, Az-Zahra HM. Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Focus Group Discussion (FGD) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer [Internet]. 2018;2(9):3224–32. Available from: http://j-ptiik.ub.ac.id

Oktafani M, Prasetyaningrum TP. IMPLEMENTASI SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR APLIKASI TANDA TANGAN DIGITAL. Jurnal Sistem Informasi Dan Bisnis Cerdas (SIBC). 2022;15(1):10–9.

Herlinawati N, Yuliani Y, Faizah S, Gata W, Samudi S. ANALISIS SENTIMEN ZOOM CLOUD MEETINGS DI PLAY STORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. CESS (Journal of Computer Engineering System and Science). 2020;5(2):2502–714.

Ginabila G, Fauzi A. Analisis Sentimen Terhadap Pemutar Musik Online Spotify Dengan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika. 2023;6(2):2621–4962.

Khofifah W, Rahayu DN, Yusuf AM. Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Untuk Melihat Review Masyarakat Terhadap Tempat Wisata Pantai Di Kabupaten Karawang Pada Ulasan Google Maps. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2022 Jan 29;16(4):28–38.

Gunawan F, Fauzi MA, Adikara PP. ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN APLIKASI MOBILE MENGGUNAKAN NAIVE BAYES DAN NORMALISASI KATA BERBASIS LEVENSHTEIN DISTANCE (STUDI KASUS APLIKASI BCA MOBILE). Systemic. 2017;03(02):1–6.

Sari EDN, Irhamah I. Analisis Sentimen Nasabah Pada Layanan Perbankan Menggunakan Metode Regresi Logistik Biner, Naïve Bayes Classifier (NBC), dan Support Vector Machine (SVM). JURNAL SAINS DAN SENI ITS. 2019;8(2):2337–3520.

Santoso I, Gata W, Paryanti AB. Penggunaan Feature Selection di Algoritma Support Vector Machine untuk Sentimen Analisis Komisi Pemilihan Umum. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi). 2017;1(3):364–70.

Sitorus MR. PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMPUTASI KANTOR BERBASIS CLOUD UNTUK KOLABORASI TIM YANG EFISIEN. 2024.

Hakim ZR, Sugiyono S. Analisa Sentimen Terhadap Kereta Cepat Jakarta – Bandung Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor. Jurnal Sains dan Teknologi. 2024 Apr 2;5(3):939–45.

Pratama AD, Hendry H. ANALISA SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN CHATGPT MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika). 2024 Feb 23;9(1):327–38.

Aji S, Warjiyono W, Pratmanto D, Ardiansyah A, Widodo AE, Faqih H, et al. Review Sentiment Analysis of World Class Hotel Using Naive Bayes Classifier And Particle Swarm Optimization Method. In: ICCSET. European Alliance for Innovation n.o.; 2019.

Pratmanto D, Rousyati R, Wati FF, Widodo AE, Suleman S, Wijianto R. App Review Sentiment Analysis Shopee Application in Google Play Store Using Naive Bayes Algorithm. In: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing Ltd; 2020.

Surohman S, Aji S, Rousyati R, Fatma Wati F. Analisa Sentimen Terhadap Review Fintech Dengan Metode Naive Bayes Classifier Dan K-Nearest Neighbor. Jurnal Sains dan Manajemen. 2020;8(1).




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v10i2.23523

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License