Analisis Pemanfaatan Sistem Perdagangan Online Terkait Perilaku Belanja Masyarakat

Imelda Sari, Danny Ong, Omar Pahlevi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa luas nilai-nilai yang dapat diperoleh dan juga memberikan reaksi serta hasil dari adanya pemanfaatan perdagangan online tersebut dikalangan masyarakat. Terutama dalam melakukan kegiatan pembelanjaan kebutuhan yang bersifat konsumtif ataupun non konsumtif selama proses berjalan hingga saat ini yang sudah menjaring banyak masyarakat khususnya masyarakat kota besar di era pandemi. Proses perhitungan dan pengumpulan data ini dilakukan dengan penggunaan pertanyaan berupa kuisioner yang akan dibantu dalam memberikan feedback oleh para pengguna sistem perdagangan online yang menyasar pada masyarakat kota, untuk mengetahui pendapat dari masyarakat dalam memberikan respon dan timbal balik yang memiliki relasi. Dari proses yang dilakukan serta perhitungan nilai dari kuisioner yang diperoleh juga mendapatkan respon yang baik bahwa memang pemanfaatan sistem perdagangan online di kalangan masyarakat dalam perilaku belanja menunjukan nilai yang cukup tinggi yaitu nilai dengan jarak diatas 4 serta maksimal berada diangka 5, sehingga dari proses penilaian tersebut memberikan indikasi bahwa memang mayoritas khususnya masyarakat yang tinggal di kota sangat memanfaatkan sistem online dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan semakin meninggalkan proses konvensional yang dilakukan pembelanjaan secara manual dan akan terus berlangsung hingga masa pandemi sudah selesai karena pola tersebut telah memberikan perubahan dari sisi faktor psikologi dan perilaku masyarakat.

Kata kunci: Sistem Perdagangan Online, SWOT, Balance Scorecard

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F., & Ardiansari, A. (2018). Pengaruh Perdagangan Online Terhadap Perilaku Masyarakat Kota Semarang. Riptek, 12(2), 107–118.

Chu, X., Lv, D., & Zhao, D. (2019). Personalized E-commerce Website Construction Based on Data Mining. Journal of Physics: Conference Series, 1345(5), 1–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1345/5/052038

Fardani, I., Agustina, I. H., & Jauzi, F. A. (2020). Implementing SWOT analysis in engineering education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/3/032066

Mason, A. N., Narcum, J., & Mason, K. (2021). Social Media Marketing Gains Importance After Covid-19. Cogent Business and Management, 8(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1870797

Noviandi, F. S. (2022). Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Keinginan Menggunakan E-Commerce Dalam Bertransaksi Online. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(3), 1803–1812.

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., & Rafli, H. (2021). Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 32. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Rifa, Z., & Witriantino, D. A. (2022). Analisis Digital Marketing Start-up Hompimpaa.id Menggunakan Metode Analisis SWOT, Value Proposition Canvas, dan Competitive Five Force. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 8(1), 75–82.

Safa, N. S., & Von Solms, R. (2016). Customers repurchase intention formation in e-commerce. SA Journal of Information Management, 18(1), 1–10. https://doi.org/10.4102/sajim.v18i1.712

Salameh, A. A. M., Ahmad, H., Zulhumadi, F., & Abubakar, F. M. (2018). Relationships between system quality, service quality, and customer satisfaction: M-commerce in the Jordanian context. Journal of Systems and Information Technology, 20(1), 73–102. https://doi.org/10.1108/JSIT-03-2017-0016

Tham, K. W., Dastane, O., Johari, Z., & Ismail, N. B. (2020). Perceived Risk Factors Affecting Consumers’ Online Shopping Behaviour. SSRN Electronic Journal, 6(4), 245–256. https://doi.org/10.2139/ssrn.3498766

Wahyu Kartika, N., Hidayati Mardika, P., Christsandy, S., & Kustiningsih, N. (2020). Analisa Pemasaran Melalui Media Online Dalam Situasi Pandemic Covid-19 Terhadap Umkm “Giiiz Snack.” Inovasi Manajemen Dan Kebijakan Publik, 3(2), 35–42. https://doi.org/10.54980/imkp.v3i2.123

Wibowo, B. S., & Haryokusumo, D. (2020). Peluang Revolusi Industri 4.0 Bidang Pemasaran: Pemanfaatan Aplikasi E-commerce, Sosial Media Instagram dan Digital Marketing terhadap keputusan Instant Online Buying Konsumen Generasi Millenial. Capital : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 86–99. https://doi.org/10.25273/capital.v3i2.6077

Yan, Y., & Du, S. (2016). Empirical study for the influence factors of customer satisfaction based on B2C online shopping. RISTI - Revista Iberica de Sistemas e Tecnologias de Informacao, 2016(E14), 300–308.

Yunanto, R., & Paizal, G. A. (2019). E-Commerce in Online Business. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3), 1–9. https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/3/032006

Zhao, J., Xue, F., Khan, S., & Khatib, S. F. A. (2021). Consumer behaviour analysis for business development. Aggression and Violent Behavior, December 2020, 101591. https://doi.org/10.1016/j.avb.2021.101591




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v8i2.13931

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License