Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Untuk Menentukan Minat Bakat Dengan Teknologi AI

Fiby Nur Afiana, Trias Bratakusuma, Zanuar Rifai, Prayoga Pribadi, Oryz Agnu Dian Wulandari, Hanun Karomatunnisa

Abstract


Abstrak

Ide awal dari Hompimpaa adalah menyediakan akses pendidikan anak usia dini dari rumah untuk setiap orang tua yang terkonsep sesuai dengan minat dan bakat anak. Talents Mapping dengan berbagai metode pembelajaran dan alat permainan edukasi yang bisa menarik perhatian anak. Point pentingnya orang tua menjadi lebih rileks ketika menemani anaknya belajar, karena kurikulum sudah disediakan oleh Hompimpaa.id sesuai dengan minat bakat dan tumbuh kembang anak. Asssesment di hompimpaa adalah sebuah teknologi yang menjadikan data sebagai pengetahuan dan hasil akhir berupa minat dan bakat anak. Dengan pengembangan menggunaka teknologi kecerdasan buatan atau lebih dikenal dengan Artificial Intelligence (AI) untuk proses fitur assesment pada website dan mobile. Forward Chaining digunakan untuk perancangan dan desain sistem dimana penalaran untuk mendapatkan hasil akhir berupa kesimpulan dari fakta yang ada di lapangan. Dengan metode Forward Chaining dihasilkan sebuah aplikasi pembelajaran anak usia dini. Talents game yang diberikan mampu mengasah kemampuan anak secara tepat sasaran. Lebih terarah, kemampuan anak bisa dikembangkan secara maksimal, mampu merencanakan masa depan karena apa yang diinginkan anak mulai diasah sejak dini dengan metode yang tepat.

Kata kunci: Aplikasi, Minat, Kecerdasan Buatan, Forward chaining

 

Abstract

The initial idea of Hompimpaa is to provide access to early childhood education from home for every parent which is conceptualized according to the interests and talents of children. Talents Mapping with various learning methods and educational game tools that can attract children's attention. The important point is that parents become more relaxed when accompanying their children to study, because the curriculum has been provided by Hompimpaa.id in accordance with the interests, talents and development of children. Assessment in hompimpaa is a technology that makes data as knowledge and the final result in the form of children's interests and talents. By developing using Artificial Intelligence (AI) technology to process assessment features on websites and mobile. The design and design of the system uses the Forward Chaining method. Forward Chaining is one method of reasoning to get conclusions from the facts in the field. With the Forward Chaining method, an early childhood learning application is produced. The talent games provided are able to hone children's abilities on target. More focused, children's abilities can be developed to the maximum, able to plan for the future because what the child wants begins to be honed from an early age with the right method.


Keywords : Applications, Interests, Artificial Intelligence, Forward chaining


Full Text:

PDF

References


Aeni, K. (2018). Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Hama dan Penyakit Padi. INTENSIF, 2(1), 79–86.

Anggriawan, F. S. (2019). Pengembangan Learning Management System ( Lms ) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 9(2), 1–10.

Chanda Halim, & Hendri Prasetyo. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure(CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50–57. https://doi.org/10.37396/jsc.v1i1.6

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA ( MBKM ): BAGAIMANA PENERAPAN DAN KEDALA YANG DIHADAPI. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614.

Hastungkara, D. P., & Triastuti, E. (2020). Application of E-Learning and Artificial Intelligence in Education Systems in Indonesia. ANGLO-SAXON: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 10(2), 117. https://doi.org/10.33373/as.v10i2.2096

Kodrat, D. (2021). Industrial Mindset of Education in Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Policy. Jurnal Kajian Peradapan Islam, 4(1), 9–14.

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 1(1), 14–22. https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.13

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19 JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) p-ISSN : 2598-8700 ( Printed ) JISAMAR ( Journal of Inf. JISAMAR, 4(2), 30–36.

Pramesti, A. A., Arifudin, R., & Sugiharti, E. (2017). Expert System for Determination of Type Lenses Glasses Using Forward Chaining Method. Scientific Journal of Informatics, 3(2), 177–188. https://doi.org/10.15294/sji.v3i2.7914

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). Studi Komparasi dan Analisis Swot Pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) di Indonesia. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 122–133. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/29183

Sudaryanto, Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa ( dan Sastra ) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2), 78–93.

Suminten, & Rani. (2018). Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Laptop Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(3), 604–610.

Supartini, W. (2016). Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosis Dini Penyakit Tuberkulosis di JawaTimur. KINETIK, 1(3), 147–154.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran VOL., 2(3), 203–219.

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2014). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v7i2.11341

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License