Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Lombok
Abstract
Abstract - By increasing competition in the world of education, making many stakeholders educational institutions use technology as a support to improve their performance, key to the success of educational institutions is the implementation of information systems for data processing agency quickly and accurately.
STMIK Lombok in carrying out operations universities are still obstacles ranging from operational new admissions, entrance exams, college scheduling, replenishment cards study plan (CSP), lecturing, midterm and final meter, assessment, and graduation. The strategy pursued to anticipate it until now and still less. University of STMIK Lombok needs to plan a strategy of information systems that can improve the performance of educational institutions in accordance with vision and mission of the university.
A framework for strategic planning of information systems at STMIK Lombok using framework of John Ward and John Peppard with the analysis of the Value Chain (VC) and analysis of McFarland Strategic Grid to analyze the internal environment of information systems of education. STMIK Lombok University knows the needs of education information system in data processing operational strategy education as documentation planning ahead for the development of education in STMIK Lombok. It has a competency in competition with private universities that have some courses similarly; the result is a portfolio planning applications that can be implemented as an education information systems strategy at STMIK Lombok.
Keywords : Strategic Planning of Information Systems, Methodology Ward and Peppard, Value Chain, McFarland.
Abstrak - Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia pendidikan, membuat banyak para pihak institusi pendidikan memanfaatkan teknologi sebagai pendukung untuk meningkatkan kinerjanya. Kunci dari keberhasilan institusi pendidikan adalah adanya penerapan sistem informasi untuk pengolahan data institusi secara cepat dan akurat.
STMIK Lombok dalam menjalankan operasional perguruan tinggi masih memiliki kendala mulai dari operasional penerimaan mahasiswa baru, ujian masuk, penjadwalan kuliah, pengisian kartu rencana studi (KRS), perkuliahan, ujian tengah semester dan akhir semeter, penilaian, yudisium dan wisuda. Strategi yang dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut sampai saat ini dirasakan masih kurang sehingga STMIK Lombok perlu merencanakan strategi sistem informasi yang mampu meningkatkan kinerja institusi pendidikan sesuai dengan visi dan misi perguruan tinggi.
Kerangka kerja dalam merencanakan strategi sistem informasi pada STMIK Lombok menggunakan kerangka kerja Jhon Ward dan Jhon Peppard dengan analisis Rantai Nilai (Value Chain) dan analisis McFarland Strategic Grid untuk menganalisis lingkungan internal sistem informasi pendidikan pada operasional pendidikan sehingga STMIK Lombok dapat mengetahui kebutuhan sistem informasi pendidikan dalam pengolahan data operasinal pendidikan yang strategis sebagai perencanaan dokumentasi kedepan untuk perkembangan pendidikan di STMIK Lombok sehingga dapat bersaing dengan perguruan tinggi swasta lain yang memiliki program studi yang sama. Yang dimana, hasil perencanaan adalah aplikasi portofolio yang dapat diimplementasikan sebagai strategi sistem informasi pendidikan pada STMIK Lombok.
Kata kunci: Perencanaan Strategi Sistem Informasi, Metodologi Ward dan Peppard, Rantai Nilai (Value Chain), McFarland.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/bi.v3i2.584
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v3i2.584.g475
ISSN: 2338-9761