Strategi Pemasaran untuk Industri FMCG pada Era Covid-19
Abstract
Dampak pandemi virus Covid-19 sangat terasa di dunia bisnis dan ekonomi. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah terlebih ketika diberlakukan social distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut sejumlah sektor industri berpotensi meraup keuntungan di tengah pandemi ini. Namun tampaknya fenomena menarik disini adalah terungkapnya fakta yang mengatakan sebaliknya. Ketua Umum Gabungan Makanan & Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi Lukman mengungkapkan, konsumsi rumah tangga turun 5,02% ke 2,84% selama Q1, dengan 44% berasal dari kontribusi makanan dan minuman.
Berdasarkan fenomena yang ada, maka penelitian kualitatif dengan desain studi kasus ini mengulas lebih dalam melalui penelitian ini yang berjudul Strategi Pemasaran untuk Industri FMCG Pada Era Covid-19. Seluruh informan, secara dominan menyatakan hal sama bahwa dari 3 jenis kategori produk FMCG produk makanan dan minumanlah yang menduduki peringkat pertama untuk dilakukannya pembelian dalam setiap bulannya atau menjadi prioritas.
Hasil akhir menunjukkan bahwa dari ke-27 informan secara dominan memiliki pernyataan yang sama perihal media yang digunakan dalam melakukan pembelian dari tiga kategori produk FMCG yang ada – penggunaan media yang menduduki peringkat pertama dilihat dari frekuensi beli yaitu marketplace sejumlah 16 orang informan, peringkat kedua yaitu social media sejumlah 5 orang informan, peringkat ketiga yaitu e-commerce sejumlah 3 orang informan, peringkat keempat yaitu reseller sejumlah 2 orang informan, peringkat kelima atau yang terakhir yaitu search engine sejumlah 1 orang informan.Full Text:
PDFReferences
Ardianto. (2011). Aspikom Komunikasi 2.0. Mata Padi Pressindo.
Brunn, P., Jensen, M., & Skovgaard, J. (2002). e-Marketplaces:: Crafting A Winning Strategy. European Management Journal, 20(3), 286–298. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0263-2373(02)00045-2
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mix Methode Approach (Fourth ed). SAGE Publication. https://doi.org/10.2307/1523157
Fadila, D., & Ridho, S. L. Z. (2013). Perilaku Konsumen. Citra Books Indonesia: Palembang.
Febrian, J. (2007). Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. Penerbit Informatika: Bandung.
Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Prenada Media Group: Jakarta.
Laudon, C. K., & Traver, C. G. (2017). E-Commerce 2014 (10th ed.). Pearson Education: New York.
Lestari, Y. D., & Sukmawan, S. (2018). Puitika Pentas Sabda Tama Catur Wedha Dalam Prosesi Malam Midodareni. Jurnal Ilmiah Edukasi & Sosial, 9(1), 84–89.
McKibbin, W. J., & Fernando, R. (2020). The Global Macroeconomic Impacts of COVID-19: Seven Scenarios. CAMA - Centre for Applied Macroeconomic Analysis. https://doi.org/10.2139/ssrn.3547729
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya Offset: Bandung.
Nurgianti, A. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan Dalam Keberagaman (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Neglasari 4 Kota Bandung). FKIP Unpas.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behaviour (10th ed.). Prentice Hall: New Jersey.
Serfiyani, C. Y., Hariyani, I., & Purnomo, S. D. (2013). Buku Pintar Bisnis Online dan Transaksi Elektronik. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46–58.
Website:
https://www.merdeka.com
https://www.wartaekonomi.co.id
https://www.bps.go.id
https://www.cnnindonesia.com
https://supplychainindonesia.com/
https://www.medcom.id/ekonomi/bisnis
https://www.wartaekonomi.co.id/
https://industri.kontan.co.id/
DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9711
Copyright (c) 2021 Grace Putlia, Cecilia Aurel Alphin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License