Pengembangan Strategi Pemasaran Ayam Barokah Melalui Digital Marketing

hartanti hartanti, Rina Oktiyani

Abstract


Abstrak  - Perkembangan tekhnologi yang makin pesat mempengaruhi tren pemasaran saat ini, dimana mulai beralih ke pemasaran online atau digital marketing. Digital Marketing System memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dan bertukar informasi, juga lebih mudah dalam menawarkan produk, serta jangkauan pemasarannya lebih luas dan efisiensi biaya pemasaran. Kemudahan inilah alasan penggunaan Digital Marketing System di Peternakan Ayam Barokah Karangwuni, Doplang,Teras, Boyolali . Metode  penelitian yang  digunakan adalah diskriptif  kualitatif. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara dengan para narasumber (informan) seperti peternak, pesaing, maupun konsumen, serta dari hasil observasi media online. Uji kevalidan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan penilitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan penjualan dikarenakan permintaan menurun ditambah dengan kondisi pandemi covid 19, Untuk mengantisipasi menurunnya penjualan secara konvensional, peternakan ayam Barokah melakukan pemasaran langsung kepada konsumen tanpa melalui distributor, merubah produk dalam bentuk ayam matang, dan dengan digital marketing system, seperti menggunakan media sosial berupa Facebook, WhatsApp maupun Instagram, yang kemudian dikembangkan dengan Website. Pengembangan strategi digital marketing tersebut melalui tahap segmentasi, targeting, dan positioning. Kemudian mengkombinasikan 3 unsur bauran pemasaran berupa harga, produk, dan tempat, untuk mendukung maka unsur kempat yaitu promosi sebagai inti dari strategi digital marketing. Pengembangan strategi digital marketing berisi informasi mengenai variasi produk, harga dan cara pemesanan, penjualan langsung maupun layanan pesan antar.

 

Kata Kunci: Strategi Marketing, Digital Marketing

 

Abstract - The rapid development of technology has influenced the current marketing trends, which have begun to shift to online marketing or digital marketing. Digital Marketing System provides convenience in communicating and exchanging information, also easier in offering products, as well as wider marketing reach and marketing cost efficiency. This ease is the reason for the use of Digital Marketing System in Barokah Karangwuni Chicken Farm, Doplang, Teras, Boyolali. The research method used is descriptive qualitative. Data sources were obtained from interviews with informants (informants) such as farmers, competitors, and consumers, as well as from online media observations. Data validity test uses source triangulation. Data analysis techniques using qualitative analysis consisting of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the research show that there is a decrease in sales due to decreased demand coupled with the condition of the covid pandemic 19, To anticipate the conventional decline in sales, Barokah chicken farms do direct marketing to consumers without going through distributors, changing products in the form of cooked chicken, and with a digital marketing system, such as using social media in the form of Facebook, WhatsApp and Instagram, which are then developed with the Website. The development of digital marketing strategies is through the stages of segmentation, targeting, and positioning. Then combine the 3 elements of the marketing mix in the form of price, product, and place, to support the four elements, namely promotion as the core of digital marketing strategy. Development of digital marketing strategies containing information on product variations, prices and ways to order, direct sales and delivery services.

Keywords: Marketing Strategy, Digital Marketing


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aprilia, L. Cryrilla, L. & burhanuddin. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Ternak Berbasis E-Commerce. Jurnal Ilmu Produksi Dan Teknologi Hasil Peternakan, 06.

Barus. (2016). Peran internet dalam saluran Distribusi UMKM. Jurnal Administrasi Bisnis Unpar, 12.

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33. https://doi.org/10.1002/dir.1020

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13th ed.).

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook (edisi 3).

Morissan, A. . (2014). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Kencana Prenadamedia Group.

Nadya. (2016). Peran Digital Marketing Dalam Eksistensi Bisnis Kuliner Seblak Jeletet Murni. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB).

Purwana, Dedi, Es, R. dan S. A. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Dikelurahan Malaka Sari Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1.

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. PT Alfabet.

Yusuf, O. (2014). Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia. Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/Pengguna.Internet.Indonesia.Nomor.Enam.Dunia




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8791

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8791.g4303

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License