Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online Dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran

Taat Kuspriyono

Abstract


Abstrak - Belanja online semakin diminati oleh berbagai kalangan karena berbagai kemudahan yang diberikan baik dalam bertransaksi maupun keamanan. Masing-masing pedagang e-commerce saling memberikan bonus ataupun diskon untuk menarik minat pelanggan. Untuk membangun kerjasama tim serta sharing berbagai pengalaman terkait dengan penjualan tidak jarang banyak pedagang online yang membentuk suatu komunitas. Bahkan keuntungan lain yang didapatkan oleh pedagang online adalah dapat melakukan strategi pemasaran secara personalisasi. Strategi personalisasi ini dinilai cukup efektif dalam mencari konsumen  berdasarkan pesan yang dikirimkan oleh pedagang kepada konsumen. Namun pada dasarnya semua hal yang dilakukan tersebut dilakukan untuk meningkatkan hasil penjulanan. Jumlah hasil penjualan dapat dilihat dari kinerja pemasaran yang dilakukan. Melalui kinerja tersebut dapat diketahui sampai sejauh mana kinerja pedagang dalam memasarkan barang. Dalam hal ini pedangan merupakan seorang yang berperan akif dalam penjualan. Dengan sistem personalisasi pemasaran pedagang dapat memperkirakan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Data kuesioner yang telah diisi oleh konsumen  diolah dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran komunitas pedangang online dan personaliaasi pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.

 

Kata Kunci : Komunitas Online, Personalisasi Pemasaran, Kinerja Pemasaran

Abstract - Online shopping is increasingly in demand by various groups because of the various conveniences provided both in transactions and security. Each e-commerce merchant gives each other bonuses or discounts to attract customers. To form teamwork and share various experiences related to sales, it is not uncommon for many online merchants to form a community. In fact, another advantage gained by online merchants is being able to personalize marketing strategies. This personalized style is considered quite effective in finding consumers based on messages sent by merchants to consumers. But basically all of the things done are done to improve the results of selling. The amount of sales can be seen from the marketing performance carried out. Through this performance can be known to what extent the performance of traders in marketing goods. In this case the sword is a person who plays an active role in sales. With a marketing personalization system the merchant can estimate the goods needed by consumers. The method used in this study uses quantitative methods by collecting data through questionnaires. Questionnaire data that has been filled out by consumers will be processed using SPSS software. The results of the study showed that the online marketing strategy of the online community and marketing personnel simultaneously affected the marketing performance.

Keywords: Online Community, Marketing Personalization, Marketing Performance


Full Text:

PDF

References


Amirudin. (2019). Pengaruh Etos Kerja, Disiplin dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Biak Numfor. Jawa Timur: Qiara Media.

Campbell, D. E. dan R. T. W. (2008). “Shut-Up I Don‟t Care: Understanding The Role Of Relevance And Interactivity On Customer Attitudes Toward Repetitive Online Advertising.” Of Electronic Commerce Research, 9, 1.

CEO, M. (n.d.). Menghasilkan jutaan dari jualan online Kitab Jualan Online. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Darmanto dan Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran Untuk Mahasiswa, Usaha Mikro, Kecil dan menengah. Yogyakarta: Deepublish.

databoks.katadata. (n.d.). Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/01/31/ini-e-commerce-indonesia-paling-diminati-pada-triwulan-iv-2018

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dsar Untuk Penulisan Skripsi & Analisi Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Hidayatullah, S. etc. (2019). Entrepreneurial Marketing. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Indrajani. (2015). DataBase Design. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kristiadi. (2018). Manajemen Relasi Komunitas Online. Yogyakarta: ANDI.

Laoudon, Kenneth C. dan Laudon, J. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Nurdin, Ismail dan Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Ramadhan, A. A. (2013). Female NetPreneurs. Jakarta.

Rusmanto. (2017). Modul Pratikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8420

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8420.g4240

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License