Strategi Peningkatan Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Puri Khatulistiwa)

Muhammad Ardi Nupi Hasyim, Hanny Novindaning Tyas, I Gede Putu Brahmantta Bismahogra Budiswara, Isni Tazkiatul Ulla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Hotel Puri Khatulistiwa. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Balanced Scorecard yang dilihat melalui 4 perspektif. Berdasarkan analisis kinerja yang telah didapat dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, maka diperoleh kesimpulan : (1) Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi adalah baik dengan adanya inovasi – inovasi bisnis yang dijalankan. (2) Perspektif pembelajaran dan bertumbuh adalah dengan mengukur kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan kemampuan sistem informasi. Kepuasan karyawan diperoleh 7,55% dikategorikan baik, retensi karyawan cukup baik, dan kemampuan sistem informasi diperoleh 1,6% dikategorikan baik. (3) Perspektif pelanggan adalah dilihat dari hasil penyebaran kuesioner karakteristik responden dan kepuasan pelanggan menunjukan pelanggan puas terhadap pelayanan Hotel Puri Khatulistiwa.. (4) Perspektif keuangan adalah baik dilihat dari beberapa aspek yang telah dijelaskan.


Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Yuwono, Sony. Edy, Sukarno. dan Muhammad Ichsan. 2003. Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard : Menuju Organisasi yang berfokus pada Strategi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Mulyadi. 2001. Balanced Scorecard, Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatganda Kinerja Keuangan Perusahaan. Salemba Empat. Jakarta

Kaplan, S. Robert. dan David P. Norton. 1996. Menerapkan Strategi Menjadi Aksi Balanced Scorecard. (Alih bahasa, R. Peter dan Pasla, Yosi). Erlangga. Jakarta.

Mulyadi. 2005. Alternative Pemacuan Kinerja Personal Dengan Pemacuan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol. 02, No. 3 Juli; 270-286.

Sapardianto. 2013. Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Konsep Balanced Scorecard (Studi Kasus pada PT Trustco Insan Mandiri Samarinda). E-J Administrasi Bisnis, Vol. 1, No.2, pp: 94-103.

Santoso, Joko, Yantu, M.R dan Sulaeman. Pengukuran Kinerja Sumberdaya Manusia: Suatu Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Industri Tahu Mitra Cemangi Kelurahan Boyaoge Kecamatan Palu Barat Kota Palu). e-J. Agrotekbis Vol. 1, No. 3, pp:259-266.

Wey, Pramadhany. 2011. Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Tolok Ukur Penilaian Kinerja Pada Organisasi Nirlaba, http//eprints,Undip,ac.id/29537/1/skripsi 001, pdf.

Wikipedia Bahasa Indonesia, Rasio Finansial, http//id.wikipedia.org/wiki/Rasio-Finansial.

Yuvtaluph, H dan Budiyanto. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 3 (12):1-15.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8405

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8405.g4274

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License