Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada Pembelian di Honda Permata Serpong

Grace Putlia, Hary S Sundoro

Abstract


Bidang otomotif semakin bertumbuh pesat di Indonesia. Honda merupakan salah satu bisnis otomotif yang mengalami peningkatan penjualan mobil setiap tahunnya, melihat fakta jalan raya semakin padat akan kendaraan roda empat, Honda Permata Serpong merupakan dealer resmi Honda yang berada di Gading Serpong, Tangerang. Oleh sebab itu terdapat adanya faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh citra merek, kualitas layanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada pembelian mobil di Honda Permata Serpong. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan 120 sampel yang di peroleh dengan penyebaran kuesinoner secara daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif serta pengunaan skala likert sebagai skala pengukuran. Adapun beberapa pengujian yang di lakukan, diantaranya pengujian uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi (uji t- statistik) dengan memakai alat pengolahan data SPSS 26. Hasil penelitian ini mempelihatkan bahwa kualitas layanan dan nilai pelanggan berpengaruh sigfikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan citra merek tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian objek otomotif dengan metode kualitatif, dapat juga melakukan penambahan variabel yang berbeda untuk menghasilkan konsep yang lebih mendalam.

 

The automotive sector is growing rapidly in Indonesia. Honda is one of the automotive businesses that experiences an increase in car sales every year, considering the fact that the roads are increasingly crowded with four-wheeled vehicles, Honda Permata Serpong is an authorized Honda dealer located in Gading Serpong, Tangerang. Therefore there are factors that can affect customer satisfaction, this study aims to see the effect of brand image, service quality and customer value on customer satisfaction in purchasing a car at Honda Permata Serpong. In this study, the researchers collected 120 samples which were obtained by boldly distributing questionnaires. The research method used is a quantitative method with a descriptive type of research and the use of a Likert scale as a measurement scale. There are several tests carried out, including validity testing, reliability testing, classical assumption test, coefficient of determination test, and significance test (t-statistical test) using SPSS 26 data processing tool. The results of this study show that service quality and customer value have a significant effect on customer satisfaction. While brand image does not have a significant effect on consumer satisfaction. Further research is expected to be able to conduct research on automotive objects with qualitative methods, and can also improve different variables to produce more in-depth concepts.

 


Full Text:

PDF

References


Abdillah, L., A., Sufyati, HS., Muniarty, P., & Nanda, I. (2021). Metode Penelitian dan Analisis Data Comprehensive. Cirebon: Insania.

Aldo, D., Syawitri, A., Alwendi., Darmansah., & Samosir, K. (2021). Educational Data Mining. Sidoarjo: Insan Cendekia Mandiri.

Amelia & Ronald. (2021). Paradigma Nilai Pelanggan: Produk vs Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Anggelina, N. W., & Rastini N.M. (2019). “Peran Nilai Pelanggan Memediasi Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan”. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8 No. 8.

Baskoro, R., A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Adidas (Studi Kasus Pada Mahasiswa Udinus Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen. Dokumen Karya Ilmiah. Universitas Dian Niswantoro.

Chalil. (2021). Brand, Islamic Branding & Rebranding. Jawa Barat: Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada.

Cnbcindonesia.com, Awas Skandal Minyak Goreng Terulang, Langka & Harga 'Meledak', https://www.cnbcindonesia.com/news/20230203081052-4-410649/awas-skandal-minyak-goreng-terulang-langka-harga-meledak, (diakses pada 11 Februari 2023).

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.com.

Databoks.katadata, 10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia (Januari-Mei 2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/14/10-merek-mobil-terlaris-di-indonesia-sampai-mei-2022. (diakses pada 17 Mei 2022).

Dewi & Putri. (2022). Service Quality, Customer Value, And Price to Consumer Satisfaction at Kopi Kenangan Coffee Shop. International Journal of Social Science (IJSS), Vol. 1, No. 6: hlm 987-992.

Duli. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Ekawati, N., W., Rahanatha, G., B., & Seminari, N., K. (2021). Pemasaran Online UKM di Bali pada Era New Normal Covid-19. Tangerang: Media Sains Indonesia.

Fikri, M., E., Ahmad, R., & Harahap, R. (2020). Strategi Mengembangkan Kepuasan Pelanggan Online Shop Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sabun Pyari). Jurnal Manajemen Tools, Vol. 12, No. 1: hlm 87-105.

GIMNI. (2018). Konsumsi minyak sawit domestik 12 juta ton. News-release.

Ghozali., I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Progam IBM SPSS 25 – Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair Jr, J., F., Black, W., C., Babin, B., J., & Anderson, R., E. (2014). Multivariate Data Analysis. Seventh Edition International: New York.

Huda, N. (2020). Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha di Makassar. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol. 2, No. 1: hlm 37-43.

Idfirms.com, Komentar Pelanggan Honda Prospects Motor, https://idfirms.com/jakarta/pt-honda-prospect-motor-10145, (diakses pada 3 Mei 2022).

Iskandar, A., Muttaqin., Dewi, S., V., & Jamaludin. (2021). Statistika Bidang Teknologi Informasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kobayogas, 20 Mobil Terlaris Mei 2022, Semua Turun Kecualit 4 mobil ini !!, https://kobayogas.com/2022/06/14/20-mobil-terlaris-mei-2022-semua-turun-kecuali-empat-mobil-ini/. (diakses pada 17 Mei 2022).

Kadek, S., N, & John E.H.J. FoEh. (2018). Kinerja Organisasi.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Kurniawan. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: Prenada Media.

Mahajan, G., Walsh, M., & Chauhan, B., S. (2020). Junglerice (Echinochloa colona) and feather fingergrass (Chloris virgata) seed production and retention at sorghum maturity. Weed Technol, Vol. 34, No. 2: hlm 272-276.

Oto female.id, Mantul, Servis mobil di 15 diler honda ini hanya makan waktu 60 menit saja, https://otofemale.grid.id/read/372007403/mantul-servis-mobil-di-15-diler-honda-ini-hanya-makan-waktu-60-menit-saja?page=all, (diakses pada 3 Mei 2022).

Pambudi. (2018). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Pada PT. Bank Jateng KCP Cepu. EQUILIBRIUM, Vol. 6, No. 1: hlm 86-94.

Pramudiyanti & Rahardjo. (2022). Optimalisasi Kepuasan Konsumen Indomaret Melalui Analisis Service Quality (SERVQUAL): Studi Kasus Indomaret Wilayah Magelang. Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 1: hlm 406-416.

Putlia & Ihalauw. (2017). Faktor-Faktor Pendorong dan Penarik Calon Mahasiswa Memilih Jasa Pendidikan Tinggi: Studi Kilas Balik. Journal of Business & Applied Management, Vol. 9, No. 2: hlm 189-202.

Putlia. (2019). Penawaran Terbatas Waktu McDonald’s ‘Ini Rasa Kita’ pada Perilaku Konsumen di Tiga Generasi. Jurnal Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, Vol. 2, No. 1: hlm 93-106.

Ramadhani, R., & Bina, N., S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Jakarta: Prenada Media.

Ritonga, H., M., Pane, D., N., & Rahmah, C., A., A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan. Jurnal Manajemen Tools, Vol. 12, No. 2: hlm 30-44.

Rusmahafi, F., A., & Wulandari, R. (2020). The Effect of Brand Image, Service Quality, and Customer Value on Customer Satisfaction. International Review of Management and Marketing, Vol. 10, No. 4: hlm 68-77.

Rusmawati, Y., D., Azizah, L., N., & Najiah, E., F. (2021). Total Quality Management. Tangerang-Banten: Media Sains Indonesia.

Sani. (2018). Metodologi Penelitian Farmasi Komunitas dan Eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Santoso. (2019). Mahir Statistik Multivariat dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Koputindo.

Saragih, M., G., Saragih, L., Purba, J., W., P., & Panjaitan, P., D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif: Dasar – Dasar Memulai Penelitian. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Setijani, E., Sugito, P., & Sumartono. (2022). Majemen Bisnis: Three Pillars Of Business Aproach. Malang: Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Siyoto & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Subaebasni, S., Risnawaty, H., & Wicaksono, A., R., A. (2018). Effect of brand image, the quality and price on customer satisfaction and implications for customer loyalty PT Strait Liner Express in Jakarta. International Review of Management and Marketing, Vol. 9, No. 1: hlm 90-97.

Sudarmanto, E., Revida, E., Zaman, N., & Susilawaty, A. (2020). Konsep Dasar Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan dan Pemberdayaan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sundoro & Putlia. (2021). The cooking palm oil price determinants after palm oil-free labeling. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 24, No. 1: hlm 83-98.

Usvela, E., M., Qomariah, N., & Wibowo, Y., G. (2019). Pengaruh Brand Image, Kepercayaan, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Herbalife. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, Vol. 5, No. 2: hlm 300-312.

Qanita, A & Albab, Z., U. (2020). Pengaruh Quality Awareness dan Brand Image Terhadap Customer Satisfaction Pada Produk Wardah. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), Vol. 3, No. 2: hlm 13-22.

Wijaya. (2013). Lifestyle Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wong., T., V., & Sijabat, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Customer Engagement, dan Brand Reputation Terhadap Kinerja UMKM Dimediasi Keunggulan Bersaing. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, Vol. 6, No. 1: hlm 20-31.

Yusuf, M., & Daris, L. (2019). Analisis Data Penelitian: Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: PT. Penerbit IPB press.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.15678

Copyright (c) 2023 Grace Putlia, Hary S. Sundoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License