Investigasi Loyalitas Penumpang Kereta Api Pengguna KAI Acces

Ririn Agus Triani, Yenita Yenita

Abstract


Standar layanan pelanggan perlu ditingkatkan agar untuk mendorong penggunaan jasa transportasi darat, khususnya kereta api. Maksud penelitian ini yaitu memberi informasi tentang faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan kereta api melalui kegiatan investigasi dalam upaya meningkatkan hal tersebut. Analisis memanfaatkan PLS-SEM dalam penelitian, ini dimaksudkan untuk dimanfaatkan dalam menganalisis data yang menyimpang dari asumsi normalitas dan signifikansi statistik. Sampel untuk kegiatan penelitian terdiri dari penumpang kereta api yang menggunakan KAI Acces dalam pemesanan tiket sebanyak 100 responden. Penelitian yang telah dilaksanakan mengungkapkan dampak positif positif dari service quality dan perceived value kepada customer loyalty melalui customer satisfaction dari hasil investigasi. Untuk pengujian perceived value serta service quality kepada customer satisfaction, semuanya juga mempunyai dampak yang positif. Sedangkan untuk pengujian service quality serta perceived value kepada customer loyalty secara langsung tanpa mediasi customer satisfaction, untuk service quality tidak mempunyai dampak yang positif kepada customer loyalty, sedangkan perceived value memiliki dampak positif. Dapat diambil kesimpulan bahwa peran customer satisfaction sebagai variabel intervening mempunyai efek partial mediation pada pengujian variabel perceived value dan full mediation pada pengujian service quality.


The use of land transportation is believed to be a profitable business, one cannot separate ts position as one of the most crucial participants in both marine and air transportation alternatives, especially in Indonesia. To increase the use of rail and other ground transportation options, customer service standards must be raised. Through investigative activities, this study aims to increase railroad customer loyalty by providing information on their level of loyalty. The following are some of the research hypotheses: H1) The findings demonstrate that client quality of service has an impact on satisfaction; H2) According to the investigation's findings, client satisfaction is influenced by perceived value; H3) According to the study's findings, customer loyalty is influenced by service quality; H4) The investigation's findings indicate that perceived value has an impact on customer loyalty; H5) According to the investigation's conclusions, Client loyalty is influenced by customer happiness and the the caliber of the services rendered. In addition, service quality, customer satisfaction, perceived value, and customer loyalty are the four categories of variables investigated. Issues are addressed combining structural equation modeling with partial least squares (PLS-SEM), we conducted this study that deviate from the assumptions of adequacy and normality of the sample. Train riders who book tickets through KAI Access make up the research activity's sample. Based on research findings, customer loyalty and satisfaction are significantly influenced favorably by service quality and perceived value factors.


Full Text:

PDF

References


Adi, G. A. (2022). Konektivitas Sistem Transportasi Darat, Laut dan Udara dalam rangka menekan Logistic Cost di Jawa Timur. Jurnal Transportasi Multimoda, 20(1), 26–34. https://doi.org/10.25104/mtm.v20i1.1984

Ahmad Zikri1, M. I. H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia Regional I Sumatera. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasiduna: Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial, 2(1), 1–9.

Badriyah, N., & Kuswanto, A. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Akses, Harga, Dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Kereta Api Indonesia (Studi Kasus Stasiun Malang Kota Baru). 6, 1–23.

Dody, B. A., & Nugroho, W. C. (2023). Predatory Pricing Promo Ojek Online Dalam Presepektif Hukum. 3(1), 365–380. https://doi.org/10.53363/bureau.v3i1.187

Edo, J. J. R., & Hendayani, R. (2023). Pengaruh E-Service Quality terhadap Continuance Intention Dengan Perceived Trust , Customer Satisfaction , Attitude , dan Effort Expectancy sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Pengguna Aplikasi LinkAja di Kota Bandung ). 8(1), 102–116.

Falaahuddin, A. A., & Widiartanto, W. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Mobile Kai Access (Studi Pada Pengguna Aplikasi Mobile Kai Access Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 295–301. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28084

Hannan, A. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access ( Studi Kasus Pada PT KAI ). 2, 36–54.

Kasma, U. (2021). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Persaingan Kompetitif. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 11(3), 149. https://doi.org/10.22303/csrid.11.3.2019.149-157

Khoerunisa, F., & Vikaliana, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pengguna Tokopedia Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ikraith-Humaniora, 6(1), 1–10. https://gerbang.co.id/statistik-

Kurniawan, R., Handayani, A. T., & Astutik, H. P. (2022). Pemilihan Moda Transportasi Antara Bus Damri Atau Kereta Api Pada Jalur Jogja-Yogyakarta International Airport. Jurnal Transportasi, 22(2), 171–180. https://doi.org/10.26593/jtrans.v22i2.6067.171-180

Nabila, Z., & Kuswanto, A. (2022). Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Kopi Kenangan Jakarta. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 12(1), 39–48. https://doi.org/10.52643/jam.v12i1.1973

Normasari, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 1–9.

Raythmica, D. M., & Paksi, A. K. (2022). Dinamika Ekspansi Gojek di Thailand. 6(3), 350–358.

Rizal, M., & Darwis, M. (2022). Edukasi Pentingnya Keselamatan Berkendaraan Bagi Pengendara Pemula Di Kota Ternate. 2(1), 50–57.

Santoso, T. I., Rozali, M., & Hanifa, R. (2022). 3 1,2,3. Structural Equation Modelling (Sem) Penggunaan Sem – Gsca Dan Aplikasi Gsca – Pro Untuk Mahasiswa Dan Dosen, 2(3), 48–56.

Shakina, A., & Puspasari, R. (2022). Jurnal IEED ( Informatics Engineering and Electronic Data ) Perancangan Aplikasi Pelayanan Metode Service Quality Berbasis Web. 1(1).

Sukimin, S., Fidriani, E., Miswaty, M., & Juwari, J. (2022). Analisis Pengaruh Faktor Keputusan Pembelian Dengan Structural Equation Modeling Partial Least Square. Media Riset Ekonomi [Mr.Eko], 1(2), 62–70. https://doi.org/10.36277/mreko.v1i2.227

Susanti, S., & Kuntadi, S. (2016). Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Untuk Kepemimpinan, Dan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Terhadap Peningkatan Kinerja Dosen STIE Ekuitas. Prosiding SENTIA, 8(2), 43–49.

Zuhdi, Z., Suharjo, B., & Sumarno, H. (2016). Perbandingan Pendugaan Parameter Koefisien Struktural Model Melalui Sem Dan Pls-Sem. Journal of Mathematics and Its Applications, 15(2), 11–22. https://doi.org/10.29244/jmap.15.2.11-22




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.15369

Copyright (c) 2023 Ririn Agus Triani, Yenita Yenita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License