Pelayanan Perusahaan Otobus Sinar Jaya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Penumpang

Destiana Herawati, Yenita Yenita

Abstract


Perusahaan Otobus Sinar Jaya adalah salah satu bus yang sering digunakan oleh masyarakat atau bisa juga disebut primadona bus untuk perjalanan Angkutan Kota Antar Provinsi di pulau Jawa. Jumlah permintaan perjalanan oleh penumpang bus cenderung tinggi dan meningkat setiap tahunnya dalam kelasnya, baik dalam kondisi biasa maupun dalam kondisi hari raya oleh karena itu perlu dilakukan penelitian seberapa puas dan percayanya masyarakat yang menggunakan moda tersebut dan untuk mengetahui pengaruh apa saja yang terdapat pada Perusahaan Otobus Bus Sinar Jaya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan purposive sampling dengan melakukan wawancara penumpang yang naik bus Sinar Jaya. Hasil kesimpulan menjelaskan bahwa kualitas melayani penumpang, harga berpengaruh kepada kepuasan penumpang dan keloyalitasan penumpang. Kualitas melayani sinar jaya melalui kepuasan penumpang belum mempengaruhi loyalitas penumpang namun harga yang di mediasi oleh kepuasan mempunyai pengaruh kepada loyalitas penumpang. Nilai kualitas pelayanan dan kepuasan pelayanan menyumbang 80,9% kepada loyalitas penumpang kemudian pengaruh harga dan kepuasan menyumbang 75,5% terhadap loyalitas penumpang.

The Sinar Jaya Otobus Company is one of the buses that is often used by the public or it can also be called the prima donna of buses for Inter-Provincial City Transportation trips on the island of Java. The number of requests for travel by bus passengers tends to be high and increases every year within its class, both under normal conditions and during holidays. Therefore, it is necessary to do research on how satisfied and trustworthy the people who use this mode are and to find out what influence this has on the Otobus Company. Sinar Jaya buses. The method used is quantitative with purposive sampling by conducting interviews with passengers who take the Sinar Jaya bus. The conclusion results explain that the quality of serving passengers, prices affect passenger satisfaction and passenger loyalty. The quality of serving Sinar Jaya through passenger satisfaction has not affected passenger loyalty, but prices mediated by satisfaction have an influence on passenger loyalty. Service quality and service satisfaction contribute 80.9% to passenger loyalty, then the effect of price and satisfaction contributes 75.5% to passenger loyalty.


Full Text:

PDF

References


Anindya, A. P., & Iva Mindhayani. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan De Laundry dengan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index dan Service Quality. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3954

Ansori, A. Al, & Andjarwati, A. L. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Penumpang First Class Double Decker Bus. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 10(1).

Haryanto, D., & Sektiyaningsih, I. S. (2021). Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bus Carter Wisata Pt . Hiba Utama Jakarta Analysis of Service Quality and Trust on Customer Satisfaction in Bus Carter Tourism Pt . Main Hiba Jakarta. JMBA - JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS Vol.07/No.01/2021 E-ISSN:, 07(01).

Istia, P., Maelissa, N., & Titaley, H. (2018). Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Jasa Terminal Angkutan Umum Mardika Ambon. Jurnal Simetrik, 8(1), 84–92. https://doi.org/10.31959/js.v8i1.80

Jalan, M. T., Transportasi, P., Bali, D., Putih, J. C., Hidayat, D. W., Jalan, M. T., Transportasi, P., Bali, D., & Putih, J. C. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Kota Denpasar November, 4–6.

Juliana, J., Tanujaya, T., & Nathaniel, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Hotel dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan. Judicious, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.37010/jdc.v2i1.197

Kusumadiningrum, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelangggan Pada Kantin Itn Malang Kampus 1 Menggunakan Metode Service Quality. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 3(2), 177–182. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2773

Lie, D., Sudirman, A., Efendi, E., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of mediation effect of consumer satisfaction on the effect of service quality, price and consumer trust on consumer loyalty. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(8), 421–428.

Ningsi, B. A. (2018). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Produk dan Pelayanan Dengan Metode SEM-PLS. Jurnal Statistika Dan Aplikasinya, 2(2), 8–16. https://doi.org/10.21009/jsa.02202

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.233

Tricom, S. (2019). Angkutan Umum. 12(2), 85–93.

Via Siti Fatimah, & Syahrul Reza, D. N. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bus DAMRI di Bandara Soekarno - Hatta (Studi pada Penumpang Bus DAMRI Tujuan Kota Bekasi di Bandara Soekarno - Hatta). Jurnal Administrasi Bisnis , 1(5), 425–431.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i1.15103

Copyright (c) 2023 Destiana Herawati, Yenita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License