Implementasi Kanban untuk Meminimalisir Kesalahan Penempatan pada Inventory System

Wingky Kurniawan, Raharto Raharto, Muryanto Muryanto

Abstract


Saat ini PT. TMMI adalah salah satu perusahaan yang menghasilkan beberapa jenis produk, seperti air, oil dan fuel filter untuk berbagai kendaraan otomotif di Indonesia. Produk yang dilakukan produksi tersebut terdapat dua bagian, yaitu spin on dan element. Keduanya dibedakan dari, spin on menggunakan body, sedangkan element tidak menggunakan body. Pada persediaan PT. TMMI adalah hal yang menjadi prioritas guna berjalan lancarnya proses produksi dan memenuhi kebutuhan konsumen. Maka pada persediaan PT. TMMI terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian bahan baku utama dan bahan baku pendukung. Dikarenakan selama ini telah mengimplementasikan kanban guna melakukan pengendalian dalam jumlah persediaan yang diperlukan. Maka kanban juga digunakan guna mengetahui berapa banyak jumlah persediaan yang digunakan oleh departemen/divisi terkait. Namun pada realitanya kanban yang sudah ada masih belum berjalan sebagaimana mestinya yang didasarkan dari analisis 5M. Maka yang menjadi akar permasalahan pada kanban berada pada bagian man dan method, yaitu pengguna kanban yang tidak menjalankan kanban serta tidak adanya work instruction mengenai kanban itu sendiri. Akar permasalahan tersebut dapat menimbulkan berlangsungya barang parkir, yaitu bang yang tidak dapat menjadi finished goods. Hal ini dikarenakan terjadi kekurangan pada bahan baku penunjang. Barang parkir yang berlansung sebelum perbaikan dari kanban, yaitu sebanyak 30.577 (selama penelitian ini berlangsung di PT. TMMI). Oleh sebab itu, tujuan dalam penelitian ini untuk memperbaiki, mengimplementasikan kembali dan mengendalikan sistem kanban pada persediaan PT. TMMI. Sehingga dari hal ini dapat meminimalisir berlangsungnya barang parkir.

Full Text:

PDF

References


Andani, S. R. (2019). Penerapan Metode SMART dalam Pengambilan Keputusan Penerima Beasiswa Yayasan AMIK Tunas Bangsa. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JUSTIN), VII(3), 166-171.

Budiani, B., Permana, F., Fadlisyah, H., & Fauzi, M. (2020). Standarisasi Pelabelan Menggunakan Metode Poka Yoke untuk Menghindari Larutan Kadaluarsa. Jurnal Profisiensi, VIII(2), 105-115.

Djunaidi, M., & Pahlevi, N. O. (2021). Application of the Poka Yoke Method in the Mix Packing Part Process to Control the Ammount of Flow Out. OPSI: Jurnal Optimasi Sistem Industri, XIV(1), 50-58.

Indrawan, I., Rusydi, M., & Jaya, A. S. (2020). Standarisasi Pencegahan Body Menabrak Sliding Door Menggunakan Metode Poka Yoke. Jurnal Sains dan Teknologi: Keilmuan dan Aplikasi Teknologi Industri, XXI(2), 213-220.

Kesaeri, H. A., & Prasetio, D. E. (2019). Minimasi Waste Melalui Perancangan Poka-Yoke pada Area Standby Small Part di PT. XYZ. Jurnal Inovisi, XV(1), 43-47.

Majori, A. R. (2020). Upaya Meminimasi Waste pada Lini Produksi Body Saxophone As23 dengan Menggunakan Pendekatan Lean Production Studi Kasus: PT. XYZ. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang, I(1), 1-9.

Marpaung, N., & Handayani, M. (2020). Penentuan Pangan Layak Konsumsi di Masa Pandemi Covid-19 dengan Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Mfep. Pekanbaru: Prosiding-Seminar Nasional Teknologi Informasi & Ilmu Komputer.

Nababan, N. Y., Faizal, A., & Jatnika, M. E. (2020). Usulan Perbaikan Defect pada Sablon Plastik Menggunakan Metode Poka Yoke di CV. Bayor Print 69. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, VI(2), 167-175.

Pangaribuan, G. R., Windarto, A. P., Mustika, W. P., & Wanto, A. (2019). Pemilihan Jenis Sapi bagi Peternak Sapi Potong dengan Metode SMART. Algoritma: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, III(1), 30-41.

Putra, A., & Sudiro, S. (2018). Penerapan Pokayoke untuk Mencegah Misbinning pada Mesin Symtek-300 Handler. Teknobiz: Jurnal Ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin, VIII(1), 38-48.

Putri, D. R., & Handayani, W. (2019). Zero Deffect pada Produksi Kantong Kraft Melalui Metode Poka Yoke di PT. Industri Kemasan Semen Gresik. Journal MEBIS, Journal Manajemen dan Bisnis, IV(1), 44-58.

Rahayu, P., & Bernik, M. (2020). Peningkatan Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan Metode Six Sigma Menggunakan New & Old 7 Tools. Jurnal Bisnis & Kewirausahaan, I(1), 128-136.

Sibyan, H. (2020). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Sekolah. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, VII(1), 78-83.

Ulum, R., & Munir, M. (2019). Implementasi Six Sigma dengan Pendekatan Poka Yoke guna Reduksi bagian Case Packer pada PT. X. Journal Knowledge Industrial Engineering (KJIE), VI(1), 11-23.

Zebua, S., & Simanjorang, R. M. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kain Terbaik di Toko Crown Taxtile & Tailor Weighting (SAW). Jurnal Teknologi dan Informasi, IV(5), 397-404.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.13658

Copyright (c) 2022 Wingky Kurniawan, Raharto Raharto, Muryanto Muryanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License