Analisis Tren Citayam Fashion Week Terhadap Preferensi Konsumen Pada Pembelian Produk Second Hand di Carousell
Abstract
Suatu hal yang baru, tentunya menjadi daya tarik bagi sebagian orang termasuk saat lahirnya suatu fenomena baru. Adanya tren yang baru menjadi pertimbangan konsumen dalam melakukan pembelian. Preferensi konsumen terhadap suatu produk pada dasarnya ditentukan oleh sejumlah atribut produk yang ditawarkan kepada konsumen. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen dengan adanya tren Citayam Fashion Week dengan studi kasus pada pembelian produk second hand di Carousell. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara purposive sampling dengan melibatkan tiga responden yang berasal dari Jakarta, Depok dan Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prefrensi konsumen tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh kehadiran suatu tren. Pemilihan berbelanja di Carousell menjadi pertimbangan karena konsumen dapat memperoleh barang yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.
Full Text:
PDFReferences
Aaliyah, Y. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Ppkn Di Sdit Ar-Rahmah Pacitan (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Adrianto, Sopan (2022). Semangatmu Motivasiku. PT Elex Media Komputindo.
Alfiyan, M. (2022, Juli 6). Respon Masyarakat Terhadap Remaja Kumpul di Dukuh Atas. Retrieved Agustus 5, 2022, from https://kumparan.com/muhamad-alfiyan/respon-masyarakat-terhadap-remaja-kumpul-di-dukuh-atas-1yP6lsgtHHa
Azanella, L. (2022, Juli 26). Jadi Tren, Citayam Fashion Week Diadaptasi Daerah Lain, Mana Saja? Retrieved Juli 30, 2022, from https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/26/080500865/jadi-tren-citayam-fashion-week-diadaptasi-daerah-lain-mana-saja-?page=all
Bastian, C. S. (2019). Kickfest Sebagai Pergerakan dan Budaya Populer, Unpad Press.
Defianti, I. (2022, Juli 6). Fashion Week, Bentuk Pencarian Kebebasan? Retrieved Agustus 5, 2022, from https://www.liputan6.com/news/read/5009716/tren-berkumpulnya-remaja-di-citayam-fashion-week-bentuk-pencarian-kebebasan
Dzulfaroh, A. (2022, Juli 25). Citayam Fashion Week: Awalnya Tempat Nongkrong Rakyat Jelata, Kini "Diperebutkan" Orang Kaya. Retrieved Juli 30, 2022, from https://www.kompas.com/tren/read/2022/07/25/083718865/citayam-fashion-week-awalnya-tempat-nongkrong-rakyat-jelata-kini?page=all
Fariduddin, E. I. (2022). Kontekstualisasi Hukum Islam dan Transformasi Sosial-Budaya Masyarakat Perspektif Wael B. Hallaq. The Indonesian Journal of Islamic Law and Civil Law, 3(1), 18-38.
Hartini, S., & Hidayati, S. N. (2021). Pengaruh Webrooming terhadap
Confident, Smart Shopping Feeling, User-generated Content, dan Search Process Satisfaction. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 11(1), 157-176.
Indranata, C. J. (2022). Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 22(01), 59-81.
Ndawi, i. (2022). Pengaruh Selera Konsumen, Atribut Produk dan Minat Terhadap Keputusan Pembelian “Liptin Emina “(Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Malangkucacwara) (Doctoral Dissertation, STIE Malangkucecwara).
Novelino, A. (2022, Juli 26). Jadi Viral, Apa Sebenarnya Citayam Fashion Week? Retrieved Agustus 5, 2022, from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220726104255-255-826179/jadi-viral-apa-sebenarnya-citayam-fashion-week
Nurbaiti, D., & Rahmanullah, E. S. (2022). The Factors Of Repurchase Through E-Commerce In Technologycal Innovation Era. Duconomics Sci-meet (Education & Economics Science Meet), 2, 85-92.
Pangestu, L., Fauziyah, E., & Triyasari, S. R. (2022). Preferensi Konsumen dalam Membeli Keripik Singkong di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan. AGRISCIENCE, 2(3).
Pratiwi, I. (2022). Analisis Penguunaan Media Animasi untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (Vol. 3, No. 1).
Purwadi, M. (2022, Juli 19). Citayam Fashion Week Viral, Begini Penjelasan Dosen Sosiologi UMM. Retrieved Agustus 5, 2022, from https://edukasi.sindonews.com/read/831129/211/citayam-fashion-week-viral-begini-penjelasan-dosen-sosiologi-umm-1658239676?showpage=all
Suhayatmi, Y. (2022, Juli 22). Citayam Fashion Week, Ajang Kreativitas Fesyen ala Kawula Muda. Retrieved Agustus 5, 2022, from https://lifestyle.okezone.com/read/2022/07/22/12/2634515/citayam-fashion-week-ajang-kreativitas-fesyen-ala-kawula-muda
Suryo, D. (2022, Juli 24). Sosiolog Sebut Para Remaja yang Memicu Tren Citayam Fashion Week akan Tersingkir. Retrieved Agustus 5, 2022, from https://www.kompas.tv/article/312297/sosiolog-sebut-para-remaja-yang-memicu-tren-citayam-fashion-week-akan-tersingkir
Riska, R. (2019). Peranan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Politeknik Pariwisata Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Rochmawati, C., & Harmanto, H. (2022). Strategi Guru Ppkn Dalam Penguatan Karakter Nasionalisme Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 3 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1053-1067.
Wahyuni , R., & Nugraha, F. (2022, Juli 31). Citayam Fashion week: eksistensi remaja peri urban jakarta. Retrieved Agustus 5, 2022, from https://egsa.geo.ugm.ac.id/2022/07/31/citayam-fashion-week-eksistensi-remaja-peri-urban-jakarta/
Zulva, A. (2021). Peran media sosial dalam proses pengembangan bisnis santri di Pesantren Sabilurrosyad (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i1.13608
Copyright (c) 2023 Lingga Yuliana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License