Strategi Digital Marketing Dalam Usaha Mikro Kecil Menengah di Desa Bringin, Kabupaten Tuban

Novi Puji Raharjo, Mohammad Rofiuddin

Abstract


Belum optimalnya pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dipedesaan menyebabkan lambatnya volume penjualan. Padahal UMKM membuka kesempatan kerja bagi masyarakat pedesaan untuk membantu mengentaskan kemiskinan dan pengangguran. Diperlukan strategi dan konsep pemasaran digital yang kuat untuk memanfaatkan media digital secara maksimal. Pemasaran digital adalah penggunaan jaringan media sosial untuk melakukan kegiatan promosi dan memetakan pasar digital. Dengan menggunakan komputer atau peralatan elektronik lainnya, ide pemasaran digital dapat menyatukan pihak-pihak yang berbeda secara geografis. Tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi taktik pemasaran digital yang paling efektif untuk pertumbuhan UMKM di desa Bringin Kabupaten Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Dengan pengumpulan data melelaui bservasi, wawancara, dan sumber sekunder, seperti buku, jurnal, dan artikel, digunakan untuk mengumpulkan informasi untuk penelitian ini. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pertumbuhan produktivitas UMKM Desa Bringin belum positif. Bahkan ketika sebuah website untuk bisnis online telah dibuat, tidak semua orang telah menjalankan rencana pemasaran digital. Dapat diketahui bahwa hal strategi digital marketing itu belum mendapat banyak perhatian dari UMKM di Desa Bringin, Kabupaten Tuban. Sehingga diharapkan UMKM di Desa Bringin, Kabupaten Tuban dapat beradaptasi dengan perubahan zaman yaitu melakukan penjualan secara online dengan menggunakan strategi digital marketing.

 

The growth of micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) will offer up work possibilities for the community and help alleviate poverty and unemployment. MSMEs, in particular, are feeling the effects of the digital world's expansion in the context of globalization. Strong digital marketing strategies and concepts are needed to make the most of the utilization of digital media. Digital marketing is the use of social media networks to conduct promotional activities and to map out the digital market. With the use of a computer or other electronic equipment, the digital marketing idea may bring geographically disparate parties together. It is the goal of this research project to identify the most effective digital marketing tactics for the growth of MSMEs in the Tuban Regency village of Bringin. Descriptive qualitative research is the approach employed. Observation, interviews, and secondary sources, such as books, journals, and articles, are used to gather information for this study. The results of qualitative research emphasize meaning rather than generalization with the use of the triangulation (combined) method of data collection. Bringin Village's growth in MSME productivity has not been positive, according to the findings of this study. Even when a website for an online business has been created, not everyone has executed a digital marketing plan. An important factor is that it hasn't garnered much attention because of the practice of only selling to long-term consumers. MSMEs, on the other hand, must adapt to the changing times if they hope to sell their products online.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ginanjar, Hardian Oktavianto, Ega Yusni Habibie, and Anggar Wahyu. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Management 1, no. 2: 88–92.

Alford, P dan Page, S.J (. 2015. “Marketing Technology for Adoption by Small Business.” The Service Industries Journal 35, no. 11–15: 655–669.

Az-zahra, Nafisa Salma. 2021. “Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM.” In NCOINS : National Conference Of Islamic Natural Science, 77–88.

Cant, M.C dan Wiid, J.A. 2016. “The Use of Traditional Marketing Tools by SMEs in an Emerging Economy: A South African Perspective.” Problems and Perspectives in Management 14, no. 1.

Dermawan, Windy, and Henike Primawanti. 2020. “Pemanfaatan E-Commerce Bagi Pengembangan Produk UMKM.” Kaibon Abhinaya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 6, no. 2: 87–94.

Febriyantoro, Mohamad, and Debby Arisandi. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal Manajemen Dewantara 1, no. 2: 61–76.

Harahap, Hamida Syari, Nita Komala Dewi, and Endah Prawesti Ningrum. 2021. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM.” Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3, no. 2: 77. https://doi.org/10.32493/jls.v3i2.p77-85.

Hutami, Lusia Tria Hatmanti, Desy Tri Inayah, Ari Widya Utami, and Adelia Sari. 2019. “Edukasi Strategi Digital Marketing Dan Tips Wirausaha Pada Masa Pandemi Di Dusun Butuh, Desa Cucukan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 03: 105–12.

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Naimah, Rahmatul, M Wardhana, Rudi Haryanto, and Agus Pebriyanto. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2, no. 2: 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844.

Nisa, Puspita, and Fachmi Tamzil. 2021. “Strategi Digital Business Untuk UMKM.” Abdimas 7, no. 4.

Oktafiyani, F dan Rustandi, D. 2018. “Digital Marketing Dalam Membangun Brand Awareness.” Jurnal Profesi Humas 3, no. 1: 3.

Pernama, G. P. L., dan Parasari, A. A. A. I. 2019. “Pengaruh Hedonic Motivation, Social Influence, Dan Perceived Enjoyment Terhadap Penggunaan Marketplace Pada UMKM Di Bali: Studi Kasus Pada HIPMI Provinsi Bali.” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4, no. 1: 90–102.

Ridwan, Iwan, Abdurrahman Fauzi, Isah Aisyah, Susilawati, and Iwan Sofyan. 2019. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan ‘ WAGE ’ Bandung.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1: 137–42.

Sasa, Saudah, Dodot Sapto Adi, Maulid Agung Triono, and Fajar Supanto. 2021. “Optimalisasi Usaha Kecil Menengah Melalui Pelatihan Digital Marketing.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6, no. 3: 358–71. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366.

Saudah, S., dan Adi, D. S. 2018. “Keseimbangan Komunikasi Dalam Penguatan Identitas Komunitas Kreatif Telematika Kota Malang.” Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, no. 2: 143-154. https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1574.

Setiawati, I dan Widyartati, P. 2017. “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba UMKM.” In Seminar Nasional Dan Call for Paper Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Publikasi Jurnal Ilmiah Dalam Menyikapi Permenristekdikti RI No.20 Tahun 2017.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan RdanD. Bandung: CV Alfabeta.

Sulaksono, Juli. 2020. “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri.” Generation Journal 4, no. 1: 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

Supriyanto, Agus, and Kharis Fadlullah Hana. 2020. “Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM.” BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 8, no. 2: 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640.

Supriyanto, Sigit. 2019. “MONITORING DAN EVALUASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK ( SPBE ) TAHUN 2019.” Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. 2019.

Susanti, Elisa. 2020. “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor.” Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat 1, no. 2: 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588.

Syifa, Yahya Ibnu, Mustika Kurnia Wardani, Sani Dewi Rakhmawati, and Firstya Evi Dianastiti. 2021. “Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19.” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 2, no. 1: 6–13.

Triyono, Aris, Hermanto, and Suwaji. 2020. “Sosialisasi Penerapan Strategi Digital Marketing Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Desa Kuala Gading.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 2: 172–76.

Vincentius, Kusuma, Zinal Sahabuddin, and Posma Hutasoit. 2022. “Strategi Digitl Marketing Pada Usaha Mikro Dan Menegah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat.” Jurnal Cafetaria 3, no. 1: 24–35.

Zanuar Rifai, and Dwi Meiliana. 2020. “Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4: 604–9. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12754

Copyright (c) 2022 Novi Puji Raharjo, Mohammad Rofiuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License