Perencanaan Strategi Pemasaran Tanaman Hias Taman Anggrek Ragunan di Masa Pandemi Covid-19

Anang Martoyo, Satya Arisena Hendrawan, Rizki Hesananda

Abstract


Penelitian bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran pada pedagang tanaman hias di Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisanya melalui faktor-faktor internal dan eksternal. Alat analisis yang digunakan adalah Matrik SWOT dan Kuadran SWOT. Menurut hasil ’SWOT analysis’ dapat ditentukan bahwa posisi bisnis pedagang tanaman hias di Taman Anggrek Ragunan terletak pada Kuadran 1 (0,52 : 0,90). Hasil ini menunjukkan bahwa bisnis berada pada kekuatan dan peluang yang potensial untuk dikembangkan melalui strategi SO atau strategi agresif.  Adapun formulasi strategi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan lokasi untuk menambah pangsa pasar, mengoptimalkan digital marketing melalui media sosial, marketplace, dan website, kemudian menerapkan strategi product bundling, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk/layanan, membudidayakan sendiri  anggrek bulan dan varian tanaman lainnya, serta  bekerjasama dengan jasa perbankan dalam penyediaan permodalan untuk pengembangan bisnis.


Full Text:

PDF

References


Andriyana, T. S., Daryanto, H. K., & Maulana, A. (2019). Strategi Pengembangan Bisnis Tanaman Hias PT Monfori Nusantara Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis Vol. 5 No. 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17358/jabm.5.1.47

Clara, S. (2017). Strategi Pemasaran Tanaman Hias (Kasus : I-Yon Orchid, Taman Anggrek Ragunan, Jakarta Selatan). Institut Pertanian Bogor.

Cordina, L. T. (2020). Fakta Baru Bisnis Sewa Tanaman Anggrek di Tengah Pandemi Corona. GenPi.Co. https://www.genpi.co/bisnis/55791/fakta-baru-bisnis-sewa-tanaman-anggrek-di-tengah-pandemi-corona

Hapsari, T. D. (2011). Analisis Strategi Pemasaran Tanaman Hias Pada PT Godong Ijo Nursery, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. InstitutPertanian Bogor.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Gosyen Publishing.

Khairi, F. (2021). Strategi pemasaran Tanaman Hias di Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara.

Marlina. (2016). Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Citra Buunga Garden di Jalan Imam Bonjol Desa. Universitas Teuku Umar.

Nugroho, D. A. (2012). Strategi Pemasaran Tanaman Hias di Dusun Bojong Desa Giyanti Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Philip, K., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & Y. S. Hayati (eds.); 13th ed.). Erlangga.

Putri, R. R. S. P. (2018). Strategi Pengembangan Bisnis di Rumah Makan Batagor Baso Citamian Spesial Bandung. In UPI Repository. http://repository.upi.edu/36235/

Rangkuti, F. (2009). Creating Effective Marketing Plan : Teknik Membuat RencanaPemasaran Berdasarkan Customer Values & Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. (2016). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI (P. Lubis (ed.); 22nd ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Sapto, L. (2016). Cari Anggrek? Di Taman Anggrek Ragunan Tempatnya. Merahputih.Com. https://merahputih.com/post/read/cari-anggrek-di-taman-anggrek-ragunan-tempatnya

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Andi.

Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran strategik. Andi.

Waty, G. E. (2010). Penyusunan Strategi Bisnis Tanamn Hias pada Tyas Orchid Bogor Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12379

Copyright (c) 2022 Anang Martoyo, Satya Arisena Hendrawan, Rizki Hesananda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

 
 Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License