Urgensi Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia

Reni Hariyani

Abstract


Ketidakpastian ekonomi merupakan salah satu dampak dari pandemi Covid-19 di Indonesia. Pemulihan ekonomi dilakukan dengan berbagai upaya. Program literasi keuangan mulai ditingkatkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan berbagai strategi. Konsep pemahaman dasar keuangan menjadi bekal utama dalam pengelolaan keuangan pribadi. Mayoritas sumber pemasukan utama mahasiswa berasal dari orang tua. Sedangkan karakteristik mahasiswa mengenai gaya hidup dimaknai dengan menikmati hidup yang hanya sekali (YOLO/ You Only Live Once) dan ketakutan ketinggalan tren yang tengah berlangsung di komunitas (FOMO/Fear Of Missing Out). Kondisi inilah yang membuat semakin memprihatinkan dalam kondisi pandemi Covid-19 dimana orang tua berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi semua kebutuhan biaya kuliah dan uang saku putra putrinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan literasi keuangan terhadap pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa. Metode asosiatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan skala likert dan teknik purposive sampling dalam pemilihan responden. Sampel penelitian berjumlah 116 Orang berasal dari mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Bisnis  Universitas Budi Luhur dan Akademi Sekretari Budi Luhur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi keuangan dengan pengelolaan keuangan pribadi mahasiswa dalam bentuk hubungan moderat dan arah koefisien positif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi literasi keuangan yang dimiliki oleh mahasiswa maka semakin baik pengelolaan keuangan pribadi yang dilakukan oleh mahasiswa. Menumbuhkan habit menabung dan mulai melakukan micro investing merupakan cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Sebuah implementasi yang bijak dan tepat untuk bertahan dalam kondisi sulit serta meningkatkan kesejahteraan hidup di tengah kondisi pandemi Covid-19.

 

Kata Kunci: Literasi, Keuangan, Pengelolaan, Mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Ade Maya Saraswati, A. W. N. (2021). Perencanaan Keuangan dan Pengelolaan Keuangan Generasi Z di Masa Pandemi COVID-19 melalui Penguatan Literasi Keuangan. WARTA LPM, 24(2), 309–318.

Andrew, V. dan Linawati, N. (2014). Hubungan Faktor Demografi dan Pengetahuan Keuangan dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta di Surabaya. Finesta, 2(2), 35–39.

Anik Yuesti, Ni Wayan Rustiarini, N. N. A. S. (2020). Financial Literacy in The Covid-19 Pandemic: Pressure Conditions in Indonesia. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 8(1), 884–898.

Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13.

Chotimah, C. dan S. R. (2019). Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang Tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan spiritual dan Teman Sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Surabaya. The Journal of Social Sciences Research, 5(1), 211–218.

Gina, S. (2018). Analisis Literasi Keuangan Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Angkatan 2014-2017. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP), 1(2).

Https://www.ojk.go.id/. (2021). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 - 2025. Https://Www.Ojk.Go.Id/. https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Strategi-Nasional-Literasi-Keuangan-Indonesia-SNLKI-2021---2025.aspx

Margaretha, Farah dan Pambudhi, R. (2015). Tingkat Literasi Keuangan pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi. JMK, 17(1), 76–85.

Mehwish Zulfiqar, M. B. (2016). Financial Wellbeing is the Goal of Financial Literacy. Research Journal of Finance and Accounting, 7(11), 94–103.

Natalia, D. E., Murni, S., & Untu, V. N. (2019). Analisis Tingkat Literasi dan Pengelolaan Keuangan Pribadi Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi. EMBA, 7(2), 2131–2140.

Navickas, M., Gudaitis, T., & Krajnakova, E. (2014). Influence of Financial Literacy on Management of Personal Finances in a Young Household. Verslas: Teorija Ir Praktika / Business: Theory and Practice, 15(1), 32–40.

Nuroeni Qalbu Waty, N. T., & Warman, E. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 477–495.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Younas, W. (2019). Impact of Self-Control, Financial Literacy and Financial Behavior on Financial Well-Being. The Journal of Social Sciences Research, 5(1), 211–218.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, 6(1), 11–26.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.12234

Copyright (c) 2022 Reni Hariyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License