KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL TAPAK JEJAK KARYA FIERSA BESARI

Sunggi Murniasih, Dwi Gusti Yolanda, Cintya Nurika Irma

Abstract


Karya sastra merupakan bentuk kegiatan kreatif dan produktif dalam menghasilkan sebuah karya sastra yeng memiliki nilai rasa estetis serta mencerminkan realitas sosial kemasyarakatan. Salah satu nilai dalam sebuah karya sastra yang dapat digunakan sebagai bahan pembeajaran yaitu nilai pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik baca dan teknik catat. Teknik validitas data dalam penelitian ini dengan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari, meliputi (1) religius (2) jujur, (3) kreatifitas, (4) semangat kebangsaan, (5) cinta tanah air, (6)  komunikatif, (7) cinta damai.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, tokoh utama


References


Besari, Fiersa. (2019). Tapak Jejak. Jakarta Selatan: Mediakita.

Elner, Nindy, Harris Effendi, and Thahar, Abdurahman. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Mamak Karya Alwi Wilson. Jurnal Puitika, Vol. 14 (1), 1–13.

Febriana, Noni., Effendi, Harris., Thahar., Ermanto. (2014). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rantau Satu Muara Karya Ahmad Fuadi: Tinjauan Sosiologi Sastra. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Vol. 2 (3), 94-106.

Ingsih, Kusni., dkk. (2018). Pendidikan Karater Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Deepulish.

Irma, Cintya Nurika. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ibuk Karya Iwan Setyawan. Jurnal Retorika, Vol. 11 (1), 14–22.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembukuan.

Nurgiyantoro, Burhan. (2007). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Pusvita, Winda Dewi. (2017). Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata”. Jurnal Leksema, Vol. 2 (1), 51-63.

Rosdiatun. 2018. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Media Communication.

Sipayung, N. N. S,. Lubis, R. S., Sibagariang, N., & Matahari, R. M. 2019. “Analisis Pendidikan Nilai Karakter Dalam Novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye.” Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), Vol. 1:(1), 18-26.

Wardani, Ana., Mawardi, Imam., Jannah, Nasitotul . (2015). Jurnal Tarbiyatuna, Vol. 6 (1), 31–46.

Yulianto, Agus., Nuryati, Iis., Mufti Afrizal. (2020). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. Vol. 1 (1), 111-124.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i1.9753

Copyright (c) 2021 Sunggi Murniasih, Dwi Gusti Yolanda, Cintya Nurika Irma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

  
 

Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License