Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak - Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran keterampilan berbicara siswa di kelas IV sekolah dasar. Adapun tujuan khusus penelitian ini diperinci dalam tiga hal yakni: (1) mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa, (2) mendeskripsikan hambatan dalam keterampilan berbicara, dan (3) solusi guru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kinerja (performance assessment) dan wawancara. Sumber data diambil dari siswa dan guru kelas IV B di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa tabel distribusi frekuensi dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV B di SDN Keboansikep 01 Gedangan Sidoarjo masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa 76% siswa tidak memenuhi batas KKM (skor 75). Adapun hambatan siswa dalam keterampilan berbicara yakni, (1) sulitnya siswa dalam mengeluarkan ide, (2) sulitnya siswa dalam memilih kata, dan (3) kurangnya percaya diri siswa. Solusi yang diberikan guru dalam mengatasi hambatan yang dialami siswa meliputi (1) memberikan motivasi kepada siswa, (2) membuat pembelajaran kreatif dan inovatif, dan (3) memberikan reward kepada siswa.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Antari, N. M. W., Arini, N. W., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Berbicara. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 174–182.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asih. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (ke-1). Bandung: CV Pustaka Setia.
Astiningtyas, A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui PS-MTTW dalam Pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV SD. Jurnal Basicedu (Vol 3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.66
Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, II(1), 7–11.
Ekaningtyas, D. P. (2018). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Sosiodrama. Paedagogie (Vol 13). https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2368
Febriyanto, B. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas (Vol 5). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388
Floryantini, K. N., Sudana, D. N., & Sumantri, M. (2019). Pengaruh Model Sfae Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu (Vol 24). https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17468
Ghufron, S. (2015). Pembelajaran Materi Kebahasaan Berdasarkan Kurikulum 2006 dan 2013 serta Upaya Peningkatan Kompetensi Guru. BASTRA: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 23–32.
Hermawan, A., & Waluyo, B. (2019). Pelatihan Keterampilan Berbicara Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara didepan Umum pada Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Tahun 2019. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual (Vol 4). https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.276
Meylinda, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian (Vol 2). https://doi.org/10.26740/jrpd.v2n3.p256-264
Nafi’ah, siti A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI (ke-1). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi (ke-1). Yogyakarta: BPFE.
Permana, E. P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Kaus Kaki Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133–140.
Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI SD 2 Padurenan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–17.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Ustari, K. S., Sumantri, M., & Laba Jayanta, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Dramatic Learning Berbantuan Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Berbicara. Journal of Education Technology (Vol 2). https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16427
DOI: https://doi.org/10.31294/w.v12i2.8346
Copyright (c) 2020 Nur Azimatul Ummah, Syamsul Ghufron, Suharmono Kasiyun, Dewi Widiana Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:
Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License