Kebahasaan Wujud Respon Positif Anggota Grup Whatsapp Fashion Online

Ocfitasari Aditian, Agus Budi Wahyudi

Abstract


Abstrak : Artikel bertujuan untuk mengidentifikasi kebahasaan wujud respon positif anggota grup WhatsApp fashion online. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data berupa ungkapan yang mengandung respon positif sebanyak 10 tanggapan. Data tersebut bersumber dari ungkapan anggota grup WhatsApp fashion online “Dasterinn”. Objek penelitian berupa wujud bahasa. Teknik pengumpulan data yakni observasi (wawancara) dan dokumentasi (catat). Teknik validitas yang digunakan ialah triangulasi. Triangulasi teori yang dipilih yaitu teori komunikasi antarpribadi interaksi simbolik menurut Herbert Blumer (1969) yaitu (1) adanya tindakan berdasarkan makna yang diberikan, (2) makna dalam interaksi, dan (3) makna melalui proses interaksi. Hasil penelitian membuktikan bahwa kebahasaan wujud respon positif anggota grup WhatsApp fashion online disampaikan melalui ciri satuan penanda lingual yang di dalamnya terdapat modalitas intensional, kata ganti, kata kerja, dan leksikal serta, memiliki hubungan dengan tanggapan persetujuan yang dibagi menjadi dua makna yaitu makna tersurat (‘mau’ dan ‘mau’ + ‘tambah’) dan makna tersirat (‘mau’ + ‘keep’, ‘ambil’, dan ‘pesan’).

 

Kata kunci: bahasa; respon positif; grup WhatsApp.

 

 

 


References


Afriluyanto, Tegar Roli. 2015. “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Membentuk Identitas”. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 11(2), 184-197.

Bachri, Bachtiar S. 2010. “Meyakinkan Validitas Data melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif.” Jurnal Teknologi Pendidikan, 10 (1), 46-62.

Barkati, Haerum. 2014. “Fashion Androgini Dalam Pendekatan Fotografi Editorial Di Kota Bandung”. Skripsi. Bandung: Universitas Pasundan.

Barseli, Mufadhal,. Kristinus Sembiring, Ifdi Ifdil, dan Linda Fitria. 2018. “The Concep Of Student Interpersonal Communication”. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2) 129-134.http://jurnal.itats.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/1.-Choirul-Anam_ITATS.

Feralina, Novi. 2013. “Analisis Semiotika Makna Pesan Non Verbal Dalam Iklan Class Mild Versi “Macet” di Media Televisi”. eJournal Ilmu Komunikasi, 1(4), 353-365.

Fitria, Tira Nur. 2017. “Bisnis Jual Beli Online (Online Shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara”. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(1), 52-62. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/99

Fransisca, Malia. 2019. “Moderat Antar Umat, Organisasi dan Pendidikan. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 3 (1), hal. 85 – 92. DOI: http://dx.doi.org/10.30829/juspi.v3i1.4375

Hapsari, Ayu Dyah., dan Mohammad Iqbal. 2018. “Analisis Pasar Fashion Wanita Berdasarkan Motif Pembelian Dan Shopping Lifestyle (Survei pada Konsumen Fashion item Wanita di Kota Surabaya dan Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 64(2), 27-35.

Harahap, Hamida Syari,. dan Dessy Indah Kurniawati. 2018. “WhatsApp sebagai Media Strategi Komunikasi Ustadzah dalam Menyampaikan Dakwah (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas “Belajar Islam Seru”)”. DiMCC Conference Proceeding, 1, 131-150.

Hastary, Mayrita. 2014. “ Makna yang Tersirat dalam Bahasa Puisi “Jangan Tanggung Jangan Kepalang” Karya Sultan Takdir Alisyahbana”. Bina Bahasa, 7 (1), 17-26.

Hendariningrum, Retno,. dan M. Edy Susilo. 2008. “Fashion dan Gaya Hidup: Identitas dan Komunikasi”. Ilmu Komunikasi, 6,(2), 25-32.

Koroh, Tince. 2020. “Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Belajar Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19”. Widyadewata : Jurnal Balai Diklat Keagamaan Denpasar, 3, 54-59.

Krisna, Wijayanti. 2016. “Makna Pesan Pada Film Action (Analisis Semiotik pada Film Action yang Mencapai Box Office Tahun 2015)”, Semiotika, 10 (1), 207-240. Doi: http://dx.doi.org/10.30813/s:jk.v10i1.30

Mascita, Dede Endang,. dan Ati Rosmayati. 2018. “Pembangunan Bahasa Ajar Teks Anekdot berbasis Kearifan Lokasi Untuk Siswa Kelas X SMA”. Jurnal Tuturan, 7 (1), hal: 803 - 813. doi: http://dx.doi.org/10.33603/jt.v7i1.1698

Merdekawati, Yulia. 2017. “Penerapan Metode Permukaan Respon Untuk Optimalisasi Kulitas Produk (Studi Kasus: Pengembangan Produk Cake Dengan Subtitusi Tepung Kacang Merah)”. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alaudin.

Panuju, Redi. 2018. “PENGANTAR STUDI (ILMU) KOMUNIKASI Komunikasi sebagai kegiatan Komunikasi sebagai Ilmu Edisi 1”. Jakarta: PRANSDSMRDIS GROUP.

Prasetiywati, Tri Heni. 2010. “Respon Masyarakat Kliwonan Terhadap Program Siaran di Statiun TV Komunitas-Grabag TV”. Skripsi. Yogyakarta: Universita Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Prihantoro, Edy. (2015). Modalitas dalam teks berita online. Prosiding Pesat (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil) Universitas Gunadarma, Vol. 6, h. 17-25.

Raharti. 2019. “ “WhatsApp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan PUSPITAKA)”. Visi Pustaka, 21(2), 147-156.

Rachmaniar, Renata Anisa. 2017. “Studi Deskriptif Tentang Loyalitas Peserta Grup WhatsApp”. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1):32-39.

Sembada, Windhiadi Yoga,.dan Sonia Vivian. 2020. “Interaksi Simbolik dalam Proses Pewarisan Bahasa Masyarakat Nias Kepada Generasi Z. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, Vol. 6, No. 2, 560-569.

Sukrillah,A., IA Ratnamulyani, dan AA Kusumadinata. 2017. “Pemanfaatan Media Sosial Melalui Whatsapp Group Fei Sebagai Sarana Komunikasi”. Jurnal Komunikatio 3(2): 95-104.

Suwandi. 2018. “Respon Anggota Terhadap Pelayanan Koperasi Smpan Pinjam”. Journal of Entepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 1(1), 29-33.

Tyaswara, Baruna,. Reza Rizkina Taufik, Mahardiansyah Suhadi, dan Ratna Danyati. 2017. “Pemaknaan Terhadp Fashion Style Remaja di Bandung”. Jurnal Komunikasi, 8(3), 293-297.

Wenerda, I. (2019). “Grup WhatsApp Sebagai Wadah Komunikasi Ibu-Ibu di Era Digital”. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), 43-53.https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i1.105

Widiyaningrum, Dewi Karunia. 2019. “Implikatur Percakapan pada Respon Verbal Tokoh Haruko dalam Drama Nihonjin no Shiranai Nihongo Karya Yoshihiro Izumi”. Japanese Research on Linguistics, Literature, and Culture, 1 (2), 198-225.

Widodo, Tri. 2013. “Respon Konsumen Terhadap Produk Makanan Instan”. Among Makarti, 6(12), 10-28.

Willy, Wiryani. 2018. “Analisis Fashion Brand Terhadap Perilaku Konsumen Wanita Pengguna Sosial Media Di Surabaya Barat”. PERFORMA: JJurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 3 (1), 128-137.

Zoest, Aart van, 1930. “Semiotika: tentang tanda, cara kerjanya dan apa yang kita lakukan dengannya”.Terjemah, Ani Soekawati; Jakarta: Yayasan Sumber Agung.




DOI: https://doi.org/10.31294/w.v13i2.11173

Copyright (c) 2021 Ocfitasari Aditian, Agus Budi Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

  
 

Published by Department of Research and Community Service (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika by supported Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License