PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DEPOK TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

Khairunnisa Khairunnisa, Sri Wasiyanti

Abstract


ABSTRAK
Pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi dalam proses pemerintahan akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, telah disadari oleh negara Indonesia melalui Inpres No. 3 Th 2003, pemerintah dalam hal ini Departemen Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Kebijakan dan Strategi Nasional tentang pengembangan e-government. Sehingga dituntut adanya website pemerintah yang berkualitas. Berdasarkan hal itu, penelitian ini mencoba untuk mengukur kualitas website pemerintah kota Depok yaitu www.depok.go.id yang ditinjau dari sisi kepuasan pengguna akhir menggunakan metode webqual 4.0, yang terdiri dari tiga dimensi yaitu usability (kemudahan penggunaan), information quality (kualitas informasi) dan interaction quality (kualitas interaksi). Pengambilan sampelnya adalah pegawai yang ada di Dinas Komunikasi dan Informatika (diskominfo) kota Depok karena dianggap dapat mewakili keseluruhan pegawai yang ada di kantor pemerintahan kota Depok dan sering mengakses website tersebut. Penelitian ini mendapatkan sebuah kesimpulan bahwa dari 3 dimensi webqual 4.0 hanya dimensi information quality dan interaction quality yang dinilai berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website, sedangkan dimensi usability dinilai tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website.
Kata Kunci : e-government, Kualitas Website, Webqual 4.0

Abstract
The utilization of information and communication technology in the governmental process will improve the efficiency, effectiveness, transparency and accountability of the government administration, has been recognized by the state of Indonesia through Presidential Decree No. 3 Th 2003, the government in this case the Ministry of Communications and Information Technology has set a National Policy and Strategy of the development of e-government. So this required quality government website. Accordingly, this study attempts to measure the quality of Depok city government website that www.depok.go.id viewed from the side of end user satisfaction using WebQual 4.0, which consists of three dimensions, namely usability (ease of use), information quality (quality information), and interaction quality (quality of interaction). The sample collection is an employee in the Office of Communications and Information Technology (diskominfo) Depok city as a whole is considered to represent an employee in Depok city government offices and often access the website. This research get a conclusion that from 3 dimension of webqual 4.0 only dimension of information quality and interaction quality which assessed have an effect on to website user's satisfaction, while usability dimension is not influenced to website user's satisfaction.
Keyword : e-government, Website Quality, Webqual 4.0

References


Prayitno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis . Yogyakarta: Andi.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas layanan Website kementrian Kominfo dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 . IPTEK-KOM , 1-14.

Susanto, W. d. (2013). Evaluasi Kualitas layanan Website Pusdiklat BPK RI Menggunakan Metode Webqual Modifikasian dan Importance Performance Analysis. JNTETI , 7-14.

Wibowo, N. Q. (2015). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Informatika UPGRIS , 112-119.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3314

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License