Analisis Kualitas Sistem Informasi Persuratan Pada Sekretariat Umum Mabes POLRI Menggunakan Model Webqual 4.0
Abstract
Sistem informasi persuratan di Sekretariat Umum Mabes Polri memainkan peran penting dalam kelancaran administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas aplikasi ANDE (Aplikasi Naskah Dinas Elektronik) yang digunakan di institusi tersebut dengan menggunakan kerangka WebQual 4.0. Metode yang digunakan adalah kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 45 anggota Sekretariat Umum Mabes Polri, yang terdiri dari 26 butir pernyataan yang diukur dengan skala Likert. Variabel yang dianalisis meliputi Usability (Kegunaan), Information Quality (Kualitas Informasi), Service Interaction Quality (Kualitas Interaksi Layanan), dan User Satisfaction (Kepuasan Pengguna). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap kualitas aplikasi ANDE, dengan 57% responden memberikan skor 5 (Sangat Setuju) dan 36,4% memberikan skor 4 (Setuju). Namun, terdapat beberapa aspek yang masih membutuhkan perbaikan, terutama pada variabel dengan skor lebih rendah. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi ANDE telah memenuhi sebagian besar harapan pengguna, tetapi pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk meningkatkan kualitas aplikasi dan memenuhi kebutuhan penggunanya secara lebih optimal.
The document management information system used at the Secretariat General of the Indonesian National Police Headquarters is vital in supporting administrative efficiency. This study aims to evaluate the quality of the ANDE (Electronic Official Document Application) used at the Secretariat General of the Indonesian National Police Headquarters, using the WebQual 4.0 framework. The research employed a quantitative method with a survey distributed to 45 members of the Secretariat General. The questionnaire consisted of 26 statements measured using a Likert scale. The variables analyzed include Usability, Information Quality, Service Interaction Quality, and User Satisfaction. The findings indicate that most respondents provided positive feedback on the quality of the ANDE application, with 57% of respondents giving a score of 5 (Strongly Agree) and 36.4% providing a score of 4 (Agree). However, some aspects still require improvement, particularly in variables with lower scores. Overall, the study concludes that the ANDE application has met the majority of user expectations, but further development is necessary to enhance the application's quality and better meet user needs.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andani, A. M., Soemartono, T., & Djatmika, G. H. (2023). ANALISIS PENERAPAN PENGELOLAAN PERSURATAN PADA KEWILAYAHAN KEMENTERIAN DALAM NEGERI PENDAHULUAN Dewasa ini informasi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap instansi , baik instansi pemerintah maupun Keseluruhan kegiatan instansi pada dasarnya membutuhkan in. Jurnal Ilmiah Administrasi Dan Kebijakan Publik, 9(2), 49–55.
Andry, J. F., Christianto, K., & Wilujeng, F. R. (2019). Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), 23. https://doi.org/10.20473/jisebi.5.1.23-31
Charis, M. (2009). Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar dengan Visual Foxpro 8.0. Tatal, 5(1).
Desmasari, I., Agustina, S., Rohayani, H., & Marthiawati, N. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Persuratan Berbasis Web pada Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Indah. V-Tech (Vision Technology), 1(Mei 2022), 4–14.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS Nilda. Jurnal Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI), 18210047, 1–12.
Lazzuardi Effendi, M., Nurajijah, & Nurlela, S. (2021). Analysis of The Quality of The Eskanusa.Com Website on User Satisfaction with the Webqual 4.0 Method. International Journal of Information System & Technology Akreditasi, 5(3), 281–291.
Nada, N. Q., & Setyoningsih, W. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik. Jurnal Informatika Upgris (JIU), 1(2), 122–131.
Nursiti, & Damayanti, A. Q. (2018). JUMPA Vol. 5 No. 1 Februari 2018 Analisis Perbandingan Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Dan Loyalitas Merek E-Commerce Lazada, Tokopedia, Dan Shopee (Studi Pada Pengguna E-Commerce). Jurnal Manajemen Dan Perbankan (JUMPA), 5(1), 1–20. https://doi.org/10.55963/jumpa.v5i1.241
Padmowati, R. de L. E., & Buditama, A. T. (2019). Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS). http://hdl.handle.net/123456789/7971
Pratama, A., Larasati, A. S., & Wulansari, A. (2021). Analisis Kualitas Website Sistem Langitan Umaha Dengan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Journal of Information Systems and Informatics, 3(3), 519–533. https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i3.172
Rafie, A., & Martono, H. Y. (2021). Aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jpm.v1n1.p1-7
Rahmah, D. L. (2014). Perancangan Aplikasi Sistem Persuratan Berbasis Web Pada PT. Dwi Pilar Pratama. Faktor Exacta, 7(3), 282–292.
Sinuraya, J. (2019). Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4.0 (Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan). Jurnal Teknovasi, 6(2), 51–59. www.polmed.ac.id
Sulistiyowati, W., & Astuti, C. C. (2017). BUKU AJAR UMSIDA PRESS Jl . Mojopahit 666 B Sidoarjo Copyright © 2017 . Authors All rights reserved. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/6667/1/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v13i1.25204
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178

