Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Ditjen Pothan Kemhan dengan Pieces Framework
Abstract
Tingkat kepuasan adalah suatu tolak ukur yang dapat digunakan untuk memancarkan sesuatu yang digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi perpustakaan di Ditjen Pothan Kemhan , yang selama ini belum diketahui informasi penilaian tingkat kepuasan bagi pengguna sistem tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna melalui observasi langsung di Ditjen Pothan Kemhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PIECES Framework, yang merupakan salah satu model penganalisis yang terdiri: Kinerja (kinerja), Informasi dan Data (informasi dan data), Ekonomi (ekonomi), Pengendalian dan Keamanan (kontrol dan keamanan), Efisiensi (efisiensi ), dan Pelayanan (layanan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem perpustakaan Ditjen Pothan Kemhan dapat dipecah dengan penilaian puas, dengan skor pada masing-masing variabel sebagai berikut: Kinerja 4,67, Informasi dan Data 4,74, Ekonomi 4,62, Pengendalian dan Keamanan 4,59, Efisiensi 4,79, dan Pelayanan 4,74. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk pengembangan lebih lanjut sistem informasi perpustakaan tersebut.
The level of satisfaction is a benchmark that can be used to evaluate something that is used. This study was conducted to measure the level of user satisfaction with the library information system at the Directorate General of Defense and Defense Ministry, which has not been known to assess the level of satisfaction for users of the information system. The main objective of this study is to determine the level of user satisfaction through direct observation at the Directorate General of Defense and Defense Ministry. The method used in this study is the PIECES Framework, which is one of the analysis models consisting of: Performance, Information and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, and Service. The results of the study indicate that the level of user satisfaction with the library information system of the Directorate General of Defense and Defense Ministry can be categorized as satisfied, with scores for each variable as follows: Performance 4.67, Information and Data 4.74, Economics 4.62, Control and Security 4.59, Efficiency 4.79, and Service 4.74. This study is expected to be a reference for further development of the library information system.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964
Gani, A. G., & Hanifah, Q. (2023). ¬¬Rancang Bangun Sistem Informasi Persetujuan Dokumen Menggunakan Openssl Dan Digital Signature Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 10(1). https://doi.org/10.35968/jsi.v10i1.985
Guterres, J. J. (2020). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Sekolah Menengah Pertama Swasta Santa Theresia 1 Tuapukan Kupang Timur. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(2), 33–38. https://doi.org/10.37792/jukanti.v3i2.223
Indrawati, I., Belluano, P. L. L., Harlinda, H., Tuasamu, F. A. ., & Lantara, D. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(2), 118–128. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i2.398.118-128
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Krulik dan Rudnick: Analisis Validitas Konten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 326–339. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1761
Mardiana, M. (2020). Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(2), 266–272. https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.711
Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060
Nurhaeda, Sugiyono, & Hasbi, M. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Mobile Banking Bank Syariah Indonesia Dengan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs). DiJITAC, 2(2), 29–36.
Pasaribu, J. S. (2021). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Di Smk Plus Pratama Adi Bandung. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 7(2), 148–158. https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss2.2021.552
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Rudini, Moh & Melinda, M. (2020). Motivasi Orang Tua Terhadap Pendidikan Siswa SDN Sandana (Studi Pada Keluarga Nelayan Dusun Nelayan). Tolis Ilmiah:Jurnal Penelitian, 2(2), 122–131.
Wicaksana, W. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Zulfahmi, A. A., Wilis, N., Budi, S., & Prasasti, R. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi e-Presensi Menggunakan PIECES Framework. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 19(1), 129–135. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/15149
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v12i2.23455
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178