ANALISIS TINGKAT KEPUASANANIMASI INTERAKTIF GAME ARCADE GUNTEI: OPERASI MILITER PERTAMA ANGKATAN UDARA INDONESIA

Maisyaroh Maisyaroh, Mamat Ramdhani

Abstract


Game Arcade Guntei ini terdiri dari tiga level atau Stage yang disebut misi dimana setiap misi mempunyai syarat tertentu untuk mencapai kemenangan. Gambaran umum proses pembuatan game ini yang dimulai dengan membuat jalan cerita, membuat sprite, mengatur objek, hingga memberikan script code pada setiap objek dan sprite. Game ini dimainkan oleh satu pemain (Single Player) dan mengambil latar tempat berbeda-beda sesuai dengan storyline. Dan digerakkan dengan tombol pada Keyboard. Game ini memliki grafik dua dimensi, bertajuk sejarah dimana pada tanggal 21 Juli 1947 pertama kalinya TNI – AU melakukan operasi militer udara pertama kalinya dengan menggunakan pesawat hasil rampasan tentara Jepang pada masa itu.Pada masa itu Tentara Indonesia hanya menggunakan tiga pesawat yang tidak layak pakai (2 jenis pesawat Yokosuka K5Y1 dan 1 pesawat Dive Bomber Mitsubishi Ki-51) yang mampu menyerang barak tentara Belanda di daerah Semarang, Salatiga dan Ambarawa. Penelitian yang dilakukan dan  dibahas adalah tentang kepuasan pemain yang telah memainkan game ini, yang akan dibahas dengan jumlah 10 pertanyaan. Terdapat 30 responden yang telah mengisi kuesioner tersebut dengan hasil dari kepuasan pemain dalam memainkan game ini sampai sejauh mana kepuasannya. Dari hasil evaluasi ini, kedepannya akan dilakukan perbaikan untuk menghasilkan game dengan rintangan yang lebih baik lagi dan dengan tampilan yang lebih menarik lagi.


References


Andi.2009. Panduan Lengkap Adobe Flash CS4 Professional. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Auckett, Nathan. 2015. Game Maker Essentials. Packt Publishing Ltd.

Ees. 2008. Membuat Animasi Kartun Dengan Macromedia Flash 8. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Salen, Katie; Zimmerman, Eric. 2003. Rules of Play: Game Design Fundamentals.

MIT Press. Saurik, Herman Thuan to. Yuniarno, Eko Mulyanto.et al.2015.”Kepuasan Pemain Terhadap

Desain Rintangan Pada Skenario Game Petualang”. SemnasIF 2015. UPN Veteran Yogyakarta.

Sommerville, Ian. 2007. Software Engineering 8th Edition. Pearson Education Limited.

Sudjana (2002). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.Sugiyono (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Rosa A., dan M. Shalahudin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Team, New Agogos. 2012. 10 Menit Jago Manipulasi Photoshop Dengan Photoshop Secara Otodidak. Jakarta Timur: New Agogos.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v5i1.1742

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License