MEDIA BUKU POP-UP DALAM STUDI CARA MEMBACA DASAR UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) BINA BANGSA KAMPUNG CILIMUS CISARUA BANDUNG

Arie Dyan Rahadi, Agus Triyadi, Agus triadi

Sari


Abstract - The method of education is how we convey basic information well, but what about when education becomes less precise method, for example, in early childhood education (ECD) Bina Bangsa, the method presented in the form of children's simple printed information sheet without any variation , which make it interesting, and not appropriate for children. The method the author of this work is to design, direct observation and interviews in a study in order to obtain the required data. The author makes a work of Pop-Up book for the needs of early childhood education, which is summarized in the title of "How to Read Basic BA, CA, DA".

 

Keywords: Media Pop-Up, How to Read Elementary, Early Childhood Education.

 

 

Abstrak - Metode pendidikan adalah cara bagaimana kita menyampaikan informasi dasar dengan baik, namun bagaimana bila metode pendidikan menjadi kurang tepat, contohnya, pada pendidikan anak usia dini (PAUD) Bina Bangsa, metode yang disampaikan pada anak-anak berupa lembaran informasi yang dicetak sederhana tanpa variasi apapun, yang menjadikannya tidak menarik, dan tidak tepat untuk anak-anak. Metode yang dilakukan penulis untuk perancangan karya ini adalah, melakukan observasi langsung di tempat penelitian dan wawancara agar mendapatkan data yang dibutuhkan. Penulis membuat sebuah karya buku Pop-Up untuk kebutuhan pendidikan anak usia dini, yang dirangkum dalam judul “Cara Membaca Dasar BA, CA, DA”.

 

Kata kunci : Media Pop-Up, Cara Membaca Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ella. 2012. Pendidikan Keaksaraan Dasar. Jakarta : Kemendiknas.

Kusuma. 2013. Perancangan Buku Pop– Up Cerita Rakyat Bledhug Kuwu. Semarang : Proyek Studi

Kusrianto. 2009. Penghantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi.

Ridwansyah. 2013. Perancangan visual bentuk kujang pada alat tulis untuk anak sd sebagai media kampanye Pelestarian pusaka sunda. Bandung : Universitas Bsi. No.75-79, 81-83.

Sarwono. Lubis. 2007. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta : Andi

Sobur. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sudarna. 2014. PAUD Pendidikan Anak Usia Dini Berkarakter. Yogyakarta : Genius Publisher.

Suryahadi. 2008. Seni Rupa. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI