Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Tokopedia

Ilham Ilham, Suparni Suparni, Ahmad Al Kaafi, Hilda Rachmi

Abstract


Sejak munculnya pandemi Covid-19, persaingan platform e-commerce semakin sengit, dan akibatnya banyak bisnis e-commerce saat ini menghadapi peluang dan bahaya internal dan eksternal. Aplikasi Tokopedia sudah menerima banyak keluhan dari pelanggannya menunjukkan bahwa masih banyak yang harus diperbaiki pihak Tokopedia untuk terus memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumennya. Apabila hal ini tidak diperbaiki akan banyak konsumen yang beralih ke aplikasi e-commerce lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan Evaluasi Kinerja Sistem dengan menggunakan metode PIECES framework yang meliputi 6 variabel yaitu : (Performance, information, Economics, Control & Security, Efficiency, dan Service) terhadap Aplikasi E- commerce Tokopedia, yang bertujuan untuk mengetahui tingkat Kinerja Sistem Aplikasi dari sisi kelemahan, kekuatan dan menganalisis komponen apa saja yang perlu ditingkatkan Kinerjanya. Penelitian ini menggunakan metode PIECES framework dalam menganalisis data, penggunaan metode PIECES framework sangat cocok dalam menganalisis setiap variabel sistem yang diteliti karena bisa memberikan hasil nyata terhadap efektivitas sistem yang digunakan perusahaan. Kepuasan Pengguna terhadap layanan berbasis aplikasi mobile diukur dengan kerangka kerja PIECES framework untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan. Hasil dari penelitian yang menggunakan kerangka kerja PIECES framework menghasilkan skor rata-rata 3,96 dengan skala likert. Maka pengguna layanan dikategorikan PUAS terhadap layanan sistem informasi aplikasi Tokopedia di wilayah Tomang Jakarta Barat RT002 RW015.

Kata kunci: Tokopedia, PIECES framework, Kepuasan pengguna, Skala likert, Sistem informasi


Full Text:

PDF

References


Aditya, N. M. B., & Jaya, J. N. U. (2022). Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome. Jurnal Sistem Komputer Dan Informatika (JSON), 3(3), 325. https://doi.org/10.30865/json.v3i3.3964

Alsidqi Husaini, F., Triayudi, A., & Rahman, B. (2022). Analisa Usability Aplikasi IDS Education Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction dan PIECES. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(4), 479–487. https://doi.org/10.35870/jtik.v6i4.518

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis, 6(2), 39–47.

Evitria, D., Utamajaya, J. N., & Hermawansyah, A. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 522. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i3.4100

Fitriani, R., & Utamajaya, J. N. (2022). Penerapan Metode PIECES Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Telegram Sebagai Media Knowledge Sharing. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 499. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4098

Jakaria, J., & Utamajaya, J. N. (2022). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Lazada Masyarakat Penajam Menggunakan Metode Pieces Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 464. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4091

Kirana, C. A. D., & Harahap, A. S. (2022). Pendukung Keputusan dalam Penilaian Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri menggunakan Metode Entropy. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(1), 159. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i1.3846

Melinda, P., Jaya, J. N. U., & Hermawansyah, A. (2022). Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Aplikasi Shopee Menggunakan Metode PIECES Framework. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 436. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4049

Muhammad, A., Fauzi, N., Triayudi, A., & Sholihati, I. D. (2022). Mengukur tingkat kepuasan pengguna aplikasi kearsipan menggunakan system usability scale dan pieces framework. 07, 231–239.

Musdalifah, M., Satriani, S., Najib, A., & Abadi, A. U. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Microsoft Excel Terhadap Pengolahan Data Penelitian Mahasiswa Uin Alauddin Makassar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 191–199. https://doi.org/10.24252/edu.v1i2.26713

Pangri, M., Sunardi, S., & Umar, R. (2021). Metode Pieces Framework Pada Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sorong. Bina Insani Ict Journal, 8(1), 63. https://doi.org/10.51211/biict.v8i1.1499

Prayogi, R., Ramanda, K., Budihartanti, C., & Rusman, A. (2021). Penerapan Metode PIECES Framework Dalam Analisis dan. 3(1), 7–12.

Rahman, N. F. R., & Listyorini, S. (2022). PENGARUH E-SERVICESCAPE DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATISFACION PADA TOKOPEDIA (Studi pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1344–1354. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.32254

Sakir, N., Jaya, J. N. U., & Wahyuni, N. (2022). Penerapan Metode Pieces Framework Sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Seabank di Balikpapan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 344. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4047

Zalfa Herviana Putri, A., & Suparni. (2023). Analisis dan Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Ovo Menggunakan Metode Pieces Framework. 7, 1381–1390.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v9i2.18038

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License