Strategi Bauran Pemasaran Freeze Communication Dalam Event Pameran Kuliner Di Yogyakarta

Ubaidillah - AMIK BSI Jakarta, Saghifa Fitriana

Sari


Abstract - Freeze the Comunication is an event organizer who is in Sleman Yogyakarta Ngaglik held a variety of events both local and national scale scale. Freeze the Comunication has held various events like music, culinary, cultural, education, technology and so on. The aim is to improve the results the company through increased sales results per event, then aim the most important promotional event to cause the actions of prospective buyers. Event organizer must have concepts of the marketing mix that is expected to help push the sales of a product/service of the company. the success of the marketing activities undertaken depends not only on the quality of the resulting product, the right policies, services and distribution, but many are affected by the construction of the relationship between producers and consumers sustainable.This study used a qualitative approach. Qualitative research is the research procedures that produce descriptive data in the form of the written word or spoken of people and behavior that is always observed. Qualitative research is related to the ideas, perceptions, opinions or beliefs of the community with a view to obtaining an overview of the whole according to human view in this research. The results from this research that the Freeze Comunication in a culinary event held has run the right marketing mix strategy either to determine the quality of the production showcased, the price of a traditional culinary products are reasonably priced, affordable, community, the promotion is done either via social media and conventionally, culinary exhibition event venue strategically access road to exhibit good then hectares and is able to bring a lot of buyers or society.

Keyword : Marketing Mix, Culiner, Event Orginizer

Abstrak - Freeze Comunication merupakan sebuah event organizer yang berada di Ngaglik Sleman Yogyakarta yang mengadakan berbagai event baik berskala lokal dan skala nasioanal. Freeze Comunication telah mengadakan berbagai event seperti acara music, kuliner, gelar budaya, pendidikan, teknologi dan sebagainya. Tujuanya adalah untuk meningkatkan hasil perusahaan melalui peningkatkan hasil penjualan setiap event, maka tujuan acara promosi yang paling penting yakni untuk menimbulkan tindakan dari calon pembeli. Event organizer harus mempunyai konsep-konsep bauran pemasaran yang diharapkan membantu agar mampu mendorong penjualan produk/ jasa suatu perusahaan. suksesnya kegiatan marketing yang dilakukan tidak hanya bergantung pada kualitas produk yang dihasilkan, kebijakan yang tepat, pelayanan serta distribusi yang cepat, tetapi banyak dipengaruhi oleh pembinaan hubungan antara produsen dan konsumen yang berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedure penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang selalu diamati. Penelitian kualitatif ini berkaitan dengan ide, persepsi, pendapat atau kepercayaan dari masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh gambaran seutuhnya mengenai hal menurut pandangan manusia dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bahwa Freeze Comunication dalam mengadakan event kuliner telah menjalankan strategi bauran pemasaran yang tepat baik untuk menentukan kualitas produksi yang dipamerkan, harga dari produk kuliner tradisional cukup murah, terjangkau ,masyarakat, promosi yang dilakukan baik melalui media sosial dan secara konvensional, tempat event pameran kuliner strategis dan akses jalan menuju pameran baik kemudian lahan luas dan mampu untuk mendatangkan banyak pembeli atau masyarakat.

Kata kunci : Bauran pemasaran, kuliner, event organizer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kusmayadi, 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta, Gramedia Kepustakaan.

Mursid, 2011. Manajemen Pemasaran, Jakarta. Penerbit Bumi Akasara Jakarta

Solihin,Ismail, 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta, Penerbit Erlangga

Sunyoto,2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Buku Seru

Suriani, Ni Made, 2009. Seni kuliner Bali sebgaai salah satu Daya tarik wisata, Denpasar, Univervitas Udayana

Guerrero, 2010. Perception of tradisional food products in six european regions using free word association, food quality and preferience.Yogykaarta,Jurnal terapan UGM

Kotler, philip dan amstrong, 2010. Principles of Marketing. New Jersey, Pearson Prentice Hall

Sutisna,2002.Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung, PT.Rosdakarya

Yulianto, Atun. 2015. Strategi Pemasaran PT. TWC Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Dan Laba Usaha Pengelolaan Candi Borobudur, Prambanan Dan Ratu Boko. Jurnal Media Wisata Vol. 13 No. 2 November 2016. Yogyakarta : STP AMPTA




DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3636

====================================================================

Terbit setiap bulan Maret & September, ISSN : 2655-5433 (online)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License