Strategi Bauran Pemasaran Freeze Communication Dalam Event Pameran Kuliner Di Yogyakarta
Sari
Keyword : Marketing Mix, Culiner, Event Orginizer
Abstrak - Freeze Comunication merupakan sebuah event organizer yang berada di Ngaglik Sleman Yogyakarta yang mengadakan berbagai event baik berskala lokal dan skala nasioanal. Freeze Comunication telah mengadakan berbagai event seperti acara music, kuliner, gelar budaya, pendidikan, teknologi dan sebagainya. Tujuanya adalah untuk meningkatkan hasil perusahaan melalui peningkatkan hasil penjualan setiap event, maka tujuan acara promosi yang paling penting yakni untuk menimbulkan tindakan dari calon pembeli. Event organizer harus mempunyai konsep-konsep bauran pemasaran yang diharapkan membantu agar mampu mendorong penjualan produk/ jasa suatu perusahaan. suksesnya kegiatan marketing yang dilakukan tidak hanya bergantung pada kualitas produk yang dihasilkan, kebijakan yang tepat, pelayanan serta distribusi yang cepat, tetapi banyak dipengaruhi oleh pembinaan hubungan antara produsen dan konsumen yang berkelanjutan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedure penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang selalu diamati. Penelitian kualitatif ini berkaitan dengan ide, persepsi, pendapat atau kepercayaan dari masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh gambaran seutuhnya mengenai hal menurut pandangan manusia dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini bahwa Freeze Comunication dalam mengadakan event kuliner telah menjalankan strategi bauran pemasaran yang tepat baik untuk menentukan kualitas produksi yang dipamerkan, harga dari produk kuliner tradisional cukup murah, terjangkau ,masyarakat, promosi yang dilakukan baik melalui media sosial dan secara konvensional, tempat event pameran kuliner strategis dan akses jalan menuju pameran baik kemudian lahan luas dan mampu untuk mendatangkan banyak pembeli atau masyarakat.
Kata kunci : Bauran pemasaran, kuliner, event organizer
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kusmayadi, 2000. Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta, Gramedia Kepustakaan.
Mursid, 2011. Manajemen Pemasaran, Jakarta. Penerbit Bumi Akasara Jakarta
Solihin,Ismail, 2009. Pengantar Manajemen. Jakarta, Penerbit Erlangga
Sunyoto,2014. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT Buku Seru
Suriani, Ni Made, 2009. Seni kuliner Bali sebgaai salah satu Daya tarik wisata, Denpasar, Univervitas Udayana
Guerrero, 2010. Perception of tradisional food products in six european regions using free word association, food quality and preferience.Yogykaarta,Jurnal terapan UGM
Kotler, philip dan amstrong, 2010. Principles of Marketing. New Jersey, Pearson Prentice Hall
Sutisna,2002.Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung, PT.Rosdakarya
Yulianto, Atun. 2015. Strategi Pemasaran PT. TWC Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Dan Laba Usaha Pengelolaan Candi Borobudur, Prambanan Dan Ratu Boko. Jurnal Media Wisata Vol. 13 No. 2 November 2016. Yogyakarta : STP AMPTA
DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v9i1.3636