Pengembangan Model Extreme Programing Pada Program Aplikasi Sistem Informasi Pondok Pesantren (SISPON)

Ai Ilah Warnilah, Ratningsih Ratningsih, Moch Azmi Iskandar, Sahidt Taufiq Ahmad Reza, Ujang Andi

Abstract


Sistem informasi Pondok Pesantren merupakan suatu sistem yang memberikan informasi tentang pondok pesantren, kegiatan, pengumuman, berita, kegiatan sekolah maupun kegiatan pesantren, data diri guru, kelas, jurusan yang ada di pondok pesantren, data alumni, data absensi, data penilaian, dan lain-lain. Pada Yayasan Pondok Pesantren Al-khoeriyah Bantar pengolahan data dan informasi masih dilakukan secara manual mulai dari pendaftaran siswa baru, menyebarkan berita atau pengumuman ke masyarakat melalui banner, dan penginputan laporan absensi. Sistem manual tersebut seringkali menimbulkan permasalahan yang memerlukan waktu yang lama. Masalah lainnya yang sering terjadi pada penyimpanan dokumen seperti hilangnya arsip, pencarian data hingga rusaknua arsip tersebut. Tujan dari tugas akhir ini penulis merancang sebuah program aplikasi sistem informasi pondok pesantren berbasi web untuk mempermudah pengolahan data dari santri, siswa, dan para calon siswa Yayasan pondok pesantren al-khoeriyah yaitu dengan program aplikasi sistem informasi pondok pesantren dengan menggunakan pengembangan perangkat lunak model extreme programming dan bahasa pemograman PHP dengan database MySQL. Manfaat dan hasil dari program aplikasi sistem informasi pondok pesantren berbasis web ini adalah menyediakan fasilitas yang memudahkan bagi, masyarakat untuk bisa mencari tahu informasi tentang pesantren tidak perlu datang ke pesantren, hanya melalui website bisa mencari informasi yang diinginkan. Bagi siswa, alumni agar bisa melihat pengumuman, kegiatan melalui website, dan para guru bisa menyimpan arsip, dan melakukan absensi para siswa melalui website.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Ansori. (2020). Apa itu Activity Diagram? Beserta Pengertian, Tujuan, Komponen. Https://Www.Ansoriweb.Com.

Catur, D. (2019). Apa itu Android Studio dan Android SDK? - Blog | Dicoding Indonesia | Blog | Dicoding Indonesia. In Dicoding.

cnnindonesia.com. (2021). KemenPPPA: Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Meningkat di 2021. Www.Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211208195408-20-731671/kemenpppa-kasus-kekerasan-anak-dan-perempuan-meningkat-di-2021

Ersandi. (2019). Pengertian dan Tahap Metode SDLC Waterfall | by Ersandi Billah | Medium. Tahapan Metode Waterfall, 1(2).

Andre. (2015). Tutorial Belajar jQuery: Pengertian jQuery | Duniailkom. In duniailkom.

Azis, A. &, & Sarmidi. (2018). Pengertian Komponen ERD. Jumantaka, 1(1).

Chandra, Y. I. (2017). Perancangan Aplikasi Navigasi Peta dengan Engenalan Suara Menggunakan Pendekatan Agile Process dengan Model Extreme Programming Berbasis …. IKRA-ITH INFORMATIKA: Jurnal Komputer Dan …, 1(2).

Dewi. (2020). Perancangan Sistem Informasi Puskesmas Berbasis Web. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 4(103).

Enterprise, J. (2016). Pengenalan HTML dan CSS - Tutorial Fundamental dalam mempelajari HTML dan CSS. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=Pi1IDwAAQBAJ&dq=html+adalah&lr=&source=gbs_navlinks_s

Gusrion, D. (2018). Membuat Aplikasi Penyimpanan dan Pengolahan Data dengan VB.NET. Jurnal KomtekInfo, 5(1). https://doi.org/10.35134/komtekinfo.v5i1.10

Hartono, H. (2018). Pengertian Website dan Unsur-Unsurnya. Ilmu Teknologi Informasi (Ilmuti).

Hatmoko, A. (2019). Pengertian Aplikasi Berbasis Web. Kompasiana.Com.

IRAWAN, M. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Alumunium Dan Kaca Pada Ud. Dwi Daya Alumunium. 106.

M Teguh Prihandoyo. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model Untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Rosidah;. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Setiawan Arif, D. I. (2017). Implementasi E-Goverment Sebgai Upaya Peningkatan Potensi Desa di Sukoharjo. Processding KMSI, 5(1).

Sofwan, A. (2013). Belajar PHP dengan Framework Code Igniter. Belajar PHP Dengan Framework CodeIgniter, Ci.

Susanti, M. (2016). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Smk Pasar Minggu Jakarta. Informatika, 3(1), 91–99.

Wahyudi. (2017). Perancangan dan Implementasi Sistem Manajemen Peminjaman Mobil dengan Metode Scrum di Universitas Internasional Batam. UIB Repository, 53(9).




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v10i1.21796

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License