Analisa Kualitas Website Sakti.kemenkeu Karyawan BSN Jakarta Menggunakan Webqual Dan Usability Testing

Ina Maryani, Aldian Putra Prasetya, Dini Silvi Purnia

Abstract


Website Sakti.Kemenkeu merupakan website yang dikembangkan untuk dapat melakukan interkoneksi dengan Sistem Perbendahaan dan Anggaran Negara (SPAN) yang digunakan secara internal oleh Bendahara Umum Negara. Penggunaan website Sakti.Kemenkeu di kalangan karyawan BSN Jakarta rupanya memberikan tanggapan yang bervariasi. Tanggapan inilah yang menjadi dasar sekaligus masalah utama bagi penulis untuk mengangkat penelitian ilmiah yang membandingkan hasil analisa kualitas menggunakan metode Webqual dan Usability Testing. Metode pengumpulan data menggunakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden berjumlah 103 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Berdasarkan pengolahan data menggunakan metode Webqual dapat diketahui bahwa persepsi pengguna terhadap kemudahan kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna. Dari hasil penelitian bisa diketahui variabel kualitas informasi (information quality) memberikan andil kontribusi terbesar yaitu 92,55% dari variabel yang lain. Sementara pengolahan data menggunakan metode Usability Testing diketahui bahwa persepsi pengguna terhadap variabel understandability, learnability, operability, attractiveness termasuk dalam kategori baik. Dari hasil penelitian bisa diketahui variabel understandability dan operability memberikan andil kontribusi terbesar yaitu 80,3% dari variabel yang lain


Full Text:

PDF

References


Menggunakan Metode Webqual. J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, 88-99.

Ghozali. (2015). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kurniawan, B. Y. (2016). Analisis Regresi: Dasar dan Penerapan. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Sudradjat, A., Selviana, S., & Widiati, W. (2020). Metode Webqual 4.0 Untuk Mengukur Kualitas Website Quick Online Booking PT. Pos Indonesia. Bina Insani University INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Vol. 5, No. 1, Desember2020 E-ISSN: 2548-3587, 21-30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Alfabet.

Supriyatna, A. (2018). Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran. Ilm. Teknol. - Inf. dan Sains Vol., vol. 8, no. 1, 1-16.




DOI: https://doi.org/10.31294/ijse.v10i1.21795

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

ISSN : 2714-9935 


Published by LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License