Peran Media Sosial Dalam Promosi dan Pariwisata di Kabupaten Wakatobi
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial dalam promosi budaya dan pariwisata Kabupaten Wakatobi serta mengevaluasi dampaknya terhadap kesadaran wisatawan dan jumlah kunjungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Data yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Wakatobi serta wisatawan domestik dan mancanegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram, Facebook dan TikTok merupakan platform yang paling efektif dalam promosi pariwisata, karena memungkinkan interaksi langsung dengan wisatawan serta penyebaran informasi yang lebih luas melalui fitur visual sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Dari data yang di peroleh, jumlah wisatawan yang berkunjung di Wakatobi tahun 2023 sebanyak 9.117, mengalami menurunan dibanding tahun 2022 yang mencapai 11.338, tetapi di dominasi oleh wisatawan domestik berbeda dengan tahun 2023 yang di dominasi oleh wisatawan mancanegara
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad. (2024). Pengertian Media Sosial, Sejarah, Fungsi, Jenis, Manfaat dan Perkembanganya. Kompak. https://kompak.or.id/pengertian-media-sosial/
Akasse, C. S., & Ramansyah, R. (2023). Strategi Promosi Pariwisata melalui Media Sosial dalam Meningkatkan Pengunjung di Desa Wisata. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 10(1), 52–60. https://doi.org/10.24036/scs.v10i1.457
Anggraini, V. (2024). Media Sosial : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Tujuan. Dosen Pintar. Dosen Pintar.
Anwar, I. C. (2021). Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tirto.Id. https://tirto.id/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-gaJs
Atiko, G., Hasanah Sudrajat, R., & Nasionalita, K. (2016). ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTRIAN PARIWISATA RI (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 378–389. https://doi.org/10.5614/sostek.2016.15.3.6
Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–22. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085
Geograf. (2023). Pengertian Keberagaman Budaya Indonesia: Definisi dan Penjelasan Lengkap Menurut Ahli. Geograf.Id. https://geograf.id/jelaskan/pengertian-keberagaman-budaya-indonesia/
Irawan, W., Anita, A. S., Pidu, Y. M., Gerungan, R. A., & Asiah, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Promosi Wisata Puncak Pinus Desa Dulamayo Selatan. Prosiding PKM-CSR, 4, 79–86. https://prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/issue/view/4
Kamar, T. P. (2024). Perkembangan Pariwisata April 2024. Badan Pusat Statistik (BPS), 42, 1–20.
Katz, J. G. B. dan E. (1974). The Uses of Mass Communications. SAGE Publications, Incorporated.
Marta, R., & Haviri, I. (2019). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA SUMATERA BARAT pada humas pemerintah khususnya Sumatera Barat . Pemilihan humas provinsi sumatera Barat tampuk utama dalam pemerintahan seharusnya menjadi contoh , panutan bagi humas. Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3, 102–112.
Nadube, P. M. (2018). Understanding integrated marketing communication: Concepts, definitions and dimentions. International Journal of Innovations in Economic and Management Science, 8(2), 1–15.
Nusantara, M. T. A. S. (2022). Peran Media Sosial Instagram Dinas Pariwisata Kota Samarinda Sebagai Media Promosi Pariwisata Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 10(1), 38. https://doi.org/10.54144/jadbis.v10i1.6454
Puspitaraini, D. S. (2019). Femanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3, 71–80.
Qualman. E. (2013). Socialnomics, How social media transforms the way we live and do business. Canada : John Wiley & Sons, Inc.
Rachman, T. (2018). Peranan Media Promosi Melalui Website Yang Dilakukan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Jawa Barat Dalam Menumbuhkan Minat Berwisata Di Cirebon. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahmadi, A. (2016). Tips Produktif Bersosial Media. Jakarta: PT Gramedia,.
Retnasary, M., Dewi Setiawati, S., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. https://doi.org/10.51977/jiip.v1i1.130
Rosyidah, F. N., & Nurdin, M. F. (2018). Perilaku Menyimpang : Media Sosial Sebagai Ruang Baru Dalam Tindak Pelecehan Seksual Remaja. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(2), 38–48.
Wakatobi, D. P. dan E. K. K. (2024). Wisatawan Mancanegara dan Domestik di Kabupaten Wakatobi (Jiwa), 2021-2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wakatobi. https://wakatobikab.bps.go.id/id/statistics-table/2/ODkjMg==/wisatawan-mancanegara-dan-domestik-di-kabupaten-wakatobi.html
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i2.25271
Index by: | ||
![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() ![]() |
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
![]() ![]() |
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|