Media Sosial Instagram Sebagai Pembentukan Self Image Pada Remaja

Vina Elfariani, Devy Putri Kussanti, Dhefine Armelsa, Jaka Atmaja, Faqihar Risyan

Abstract


Perubahan dalam hubungan sosial dan semua perubahan dalam masyarakat, termasuk nilai, sikap dan pola perilaku kelompok sosial. Perubahan sosial yang positif, seperti mempermudah mendapatkan informasi, membawa manfaat sosial dan ekonomi. Sementara itu, perubahan sosial biasanya bersifat negatif, seperti munculnya kelompok-kelompok sosial atas nama agama, suku dan pola perilaku tertentu yang terkadang menyimpang dari norma yang ada. Fenomenologi adalah metode penelitian dari pendeketan kualitatif yang digunakan oleh peneliti. Media sosial Instagram sebagai sarana modifikasi citra diri, media Instagram ini dapat memenuhi kebutuhan pemiliknya. Responden penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika angkatan tahun 2019 yang menggunakan media sosial Instagram yaitu berjumlah 5 Mahasiswa. 

Keywords


Media Sosial Instagram Self Image Remaja

Full Text:

PDF

References


Andarwati, I. (2016). Citra diri ditinjau dari intensitas penggunaan media jejaring sosial instagram pada siswa kelas xi sma n 9 yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3).

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Brown, S. D., & Lent, R. W. (2014). Career development and counseling: Putting theory and research to work. John Wiley & Sons.

Callista, S. S. (2018). Media Sosial Instagram dan Self Image Studi Korelasi Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dengan Social Self Image di Kalangan Siswa SMA Labschool Cibubur.

Creswell, J. W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative (Vol. 7). Prentice Hall Upper Saddle River, NJ.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Hendryadi, H., Tricahyadinata, I., & Zannati, R. (2019). Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: LPMP Imperium.

Maghvirani, R. C. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap self image di Lingkungan Pendidikan SMKN 2 Kota Batu. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Fundamentals of qualitative data analysis. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, 3.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya. Mosal.

Muhammad, A., & Muhammad, A. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik, cet. 8. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi. Budaya, Dan Sosioteknologi (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015).




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i1.22879

Index by:


E-ISSN2579-3292
https://road.issn.org/sites/all/themes/customroad/img/road-issn.png

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License