Peran Humas Hololive Productions Terhadap Perkembangan Virtual Youtuber Hololive di Indonesia

Ahmad Firmansyah, Arfian Suryasuciramdhan, Meiby Zulfikar, Hana Mauidunnajah, Ida Farida

Abstract


Di era digital yang berkembang pesat seperti yang kita lihat sekarang, media tradisional telah mengalami perubahan yang signifikan. Salah satu fenomena berkembangnya media hiburan yang menarik perhatian,  adalah perilaku “Virtual YouTuber”. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah suatu metode yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen, teknik pengumpulan data melalui analisis yang bersifat kualitatif dan lebih menekan pada makna. Tujuan pembuatan jurnal ini yaitu meneliti bagaimana dan mengapa Hololive Indonesia bisa berkembang secara pesat hingga sekarang dan bagaimana peran dari humas atau public relations dapat membantu perkembangan Hololive di Indonesia. Dapat disimpulkan bahwa peran public relations sangatlah penting dan efektif, hal ini dibuktikan dengan berbagai macam strategi yang dilakukan agar Hololive Indonesia bisa menjadi agensi cabang terbesar di indonesia. Dengan harapan juga agar humas dari Hololive ID dapat mengembangkan strategi yang lebih menarik lagi dan bisa memperkuat brand Hololive di Indonesia.

Keywords


Public Relations, Teknologi, Virtual Youtuber

Full Text:

PDF

References


Amanda, F. S., & Saragih, M. Y. (2024). Pola Komunikasi Public Relations terhadap Fiksi Penggemar: Alternative Universe (AU) dalam Media Jurnalistik Digital (Media Sosial X). Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 8(1), 233–244. https://doi.org/10.22219/satwika.v8i1.32830

Cendekia Sandyakala, M. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 184-198. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.63

Gustav Gallennius, & Akil, S. A. (2024). Digital Diplomacy: Hololive Indonesia and Virtual Youtuber (Vtuber) as Indonesia’s New Public Diplomacy. Ilomata International Journal of Social Science, 5(1), 272-287. https://doi.org/10.61194/ijss.v5i1.1130

Keller, K. L. (2013). Building, Measuring, and Managing Brand Equity.

Liudmila, B. (2020). Designing identity in VTuber era. Proceedings of Laval Virtual VRIC ConVRgence, 182–184.

Mikneya Reyus Liman. (2023). Pengaruh Hololive Indonesia dalam Memperkenalkan Bahasa Indonesia Kepada Penonton Internasional. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 75–88. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.65

N, A. D., & Zulfiningrum, R. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE PADA HOTEL ARUSS SEMARANG. Ekspresi Dan Persepsi, 6(2), 250–263. https://doi.org/10.33822/jep.v6i2.5846

Pribadi, K., Sadiq, Z. A., & Susanti, A. (2022). ANALISIS MEDIA SIBER PADA SIARAN LANSUNG VIRTUAL YOUTUBER AYUNDA RISU. MEDIAKOM, 5(2), 121–143. https://doi.org/10.32528/mdk.v5i2.8391

Puspitaningrum, D. R., & Prasetio, A. (2019). Fenomena “Virtual Youtuber” Kizuna Ai di Kalangan Penggemar Budaya Populer Jepang di Indonesia. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2). https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4758

Putra, A. K. (2023). ANALISIS KOMUNIKASI VIRTUAL YOUTUBER DALAM KACAMATA BAUDRILLARDIAN. Humanus, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.62180/paz0a861

Rico, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik Dan Keunggulannya(A. L, Ed.). Pt. Grasindo.

Silviani, I. (2020). PUBLIC RELATIONS SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI KRISIS. (2020). (n.p.): SCOPINDO MEDIA PUSTAKA. Surabaya

Syarie, S. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

vtuber.asia (2024). Simple infographic of vtuber industry in South East Asia. https://vtuber.asia/

Widodo, A. O., Septiadi, F., & Rakhmawati, N. A. (2023). ANALISIS TREN KONTEN PADA VTUBER INDONESIA MENGGUNAKAN LATENT DIRICHLET ALLOCATION. In Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) (Vol. 6, Issue 1). http://e-journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v15i1.22709


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License