Strategi Televisi Lokal Semarang untuk Mempertahankan Eksistensi dalam Persaingan Di Era Digital

Romi iriandi putra

Abstract


Cakra Semarang TV dan TVKU sebagai televisi lokal daerah yang mengangkat unsur budaya lokal Jawa Tengah serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada di Kota Semarang. Perkembangan teknologi internet mengakibatkan persaingan dalam perebutan sumber daya penghidupan televisi lokal juga semakin kompetitif. Akan tetapi Cakra Semarang TV dan juga TVKU masih dapat bertahan dengan tayangan yang menjunjung tinggi unsur budaya lokal Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Cakra Semarang TV dan TVku dalam mempertahankan eksistensinya. Penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan teori niche yang melihat unsur niche breadth, niche overlap, dan competitive superiority. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan pengumpulan arsip rekaman dari televisi lokal Semarang.  Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan strategi yang digunakan dengan menjalankan aktivitas marketing mix, meningkatkan brand awareness dengan konsep 7P, peran penting seorang marketing public relations dalam menjembatani kerjasama, instansi pemerintah menjadi sasaran utama (market niche) dalam sumber daya penghidupan televisi lokal, memanfaatkan berbagai platform media yang tersedia di Era digital, dan menjalin kerjasama yang bersifat longterm dengan cara membangun ikatan yang kuat (bonding), saling berempati (empathy), saling menguntungkan dan memberikan timbal balik (reciprocity), dan berkomitment terhadap kepercayaan yang dibangun (trust).

Keywords


Televisi Lokal, Strategi, Teori Niche, Bauran Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Artanti, D. A. (2014). Pengelolaan Bisnis Media Cakra Semarang TV (Kerugian FInansial Televisi Lokal). Jurnal Interaksi .

Bungin, M. B. (2010). Penelitian Kualitatif (Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta: Mata Padi Pressindo.

Cahyaningrum, N. Q. (2013). Keberadaan Televisi Lokal di Era Digitalisasi. Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Creswell, J. (2018). Penelitian Kualitatif & Desain Riset edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimmick, J. W. (2003). Media Competition and Coexistence, the Theory of the Niche. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Haryati. (2012). Ekologi Media Di Era Konvergensi . Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Haryati. (2013). Televisi Lokal dalam Representasi Identitas Budaya. Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika, 7.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Huriyati, R. (2005). Bauran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jain, S. C. (2000). MARKETING Planning & Strategy (Perencanaan Pemasaran & Strategi). Malang: Universitas Brawijaya.

Kotler , P., & Keller, K. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lavinda. (2023, Mei). APJII : Pengguna Internet Indonesia 215 Juta Jiwa pada 2023, naik 1,17%. Retrieved from Katadata.co.id: https://katadata.co.id/lavinda/digital/646342df38af1/apjii-pengguna-internet indonesia-215-juta-jiwa-pada-2023-naik-1-17

Machmud, M. (2016). Tuntutan Penulisan Tugas Akhir Berdasarkan Prinsip Dasar Penelitian Ilmiah. Malang: Selaras.

Morissan, M. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia.

Mulyana, D. (2003). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Novianti, W. (2013). Televisi Lokal dan Konsentrasi Kepemilikan Media. Balai Pengkajian Pengembangan Komunikasi dan Informatika.

Sendjaja, S. D. (1993). Ekologi Media Analisis dan Aplikasi Teori Niche dalam Penelitian tentang Kompetisi Antara Media. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i2.16373


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License