Persepsi Followers Terhadap Konten TikTok resep_inspirasi_debm

Azharia Jeanny Hartiningtyas, Iflah Iflah

Abstract


Abstrak - Media sosial menjadi sebuah platfrom untuk berkomuniasi secara virtual, salah satu media sosial paling populer di Indonesia adalah TikTok. Media sosial ini sangat diminati karena konten yang dibuat oleh pengguna media sosial sangat menarik bagi followersnya. Salah satu akun TikTok yang popular di Indonesia adalah resep_inspirasi_debm, akun resep yang mempunyai followers aktif sebanyak 10,5 juta pengikut, dan mempunyai tema resep memasak yang menginspirasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari followers akun TikTok resep_inspirasi_debm mengenai konten yang dibuat oleh akun TikTok terebut. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, proses pengambilan data dilakukan dengan cara mempertimbangkan triangulasi dan pengumpulan informasi menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi. Dalam penelitian ini informan yang diambil sebanyak 4 orang yang merupakan followers dari akun TikTok resep_inspirasi_debm. Penelitian ini mengambil informan berdasarkan kriteria usia remaja awal, yang mempunyai rentang usia yaitu 20 – 40 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten TikTok yang diberikan oleh akun TikTok resep_inspirasi_debm memberikan persepsi positif dan negatif terhadap konten yang diberikan, beberapa followers mengatakan bahwa konten yang diberikan dapat menginspirasi para followers tetapi beberapa followers beranggapan bahwa konten yang diberikan hanya menyulitkan sebagian followers.

 

  

Abstract - Social media has become a platform for communicating virtually, one of the most popular social media in Indonesia is TikTok. This social media is in great demand because the content created by social media users is very attractive to their followers. One of the most popular TikTok accounts in Indonesia is resep_inspirasi_debm, a recipe account that has active followers of 10.5 million followers, and has the theme of inspiring cooking recipes. This study aims to determine the perceptions of the followers of the resep_inspirasi_debm TikTok account regarding the content created by that TikTok account. This study used qualitative research, the data collection process was carried out by considering triangulation and gathering information using in-depth interviews and observation methods. In this study, 4 people were taken as informants who were followers of the resep_inspirasi_debm TikTok account. This study took informants based on the criteria of early adolescent age, which has an age range of 20-40 years. The results of this study indicate that the TikTok content provided by the resep_inspirasi_debm TikTok account provides positive and negative perceptions of the content provided, some followers say that the content provided can inspire followers but some followers think that the content provided only makes it difficult for some followers.

  

Keywords


konten tiktok; persepsi; sosial media

Full Text:

PDF

References


Agustina, L. (2020). Viralitas konten di media sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149–160.

Agustina, N., Cahyanto, A., Herwanto, J., Ratnasari, R., & Dewi, S. (2019). Klasifikasi Konten Post Pada Media Sosial Instagram Perguruan Tinggi Xyz Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.33197/jitter.vol6.iss1.2019.296

Ansor. (2011). Teori Agenda Setting Dan Citra Pemerintah: Analisis Pemberitaan Korupsi Dan Penurunan Citra Pemerintahan Sby. In Jurnal Komunikasi (Vol. 5, Issue 2, pp. 145–156). https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol5.iss2.art5

Bbc.com. (2021). TikTok dan lebih dari 50 aplikasi buatan China dilarang secara permanen di India. https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/majalah-55813977.amp

Boyd, K. C. (2013). Factor analysis. In The Routledge Handbook of Research Methods in the Study of Religion. https://doi.org/10.4324/9780203154281-22

Buana, T., Maharani, D., Deriyanto, D., Qorib, F., Komunikasi, J. I., Tribhuwana, U., & Malang, T. (2018). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreativitas Anak. Jisip, 7(2), 77. www.publikasi.unitri.ac.id

Dataindonesia.id. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Datubara, B. M., & Irwansyah, I. (2019). Instagram TV: Konvergensi Penyiaran Digital dan Media Sosial. Mediator: Jurnal Komunikasi, 12(2), 251–263. https://doi.org/10.29313/mediator.v12i2.4778

Deza, A., & Parikh, D. (2015). Understanding image virality. Proceedings of the IEEE Computer Society Conference on Computer Vision and Pattern Recognition, 07-12-June, 1818–1826. https://doi.org/10.1109/CVPR.2015.7298791

Juventa, P. A., & Hazbiyah, S. (2021). STRATEGI MENGELOLA ISU PT PLN (PERSERO) UP3 Purwakarta PADA MASA PANDEMI COVID19. Jurnal Komunikasi |, 6(1), 43.

Kompas.com. (2022). TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022. https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). MarkKotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Global Edition (Vol. 15E). In Global Edition. https://doi.org/10.1080/08911760903022556

Kurmia, N. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(2), 291–296. https://doi.org/10.29313/mediator.v6i2.1197

Mudjiyanto, B. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF EKOLOGI MEDIA MASSA | mudjiyanto | PROMEDIA (PUBLIC RELATION DAN MEDIA KOMUNIKASI). Promedia, 1, 98–126. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/kom/article/view/692/487

Mutma. (2017). Konferensi Nasional Komunikasi. Konstruksi Media Republika Online Terhadap Pidato Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, 01(01), 657–667. http://pknk.org/index.php/PKNK/article/view/47/52

Nasrullah, R. (2015). PERUNDUNGAN SIBER ( CYBER - BULLY ING ) DI STATUS FACEBOOK DIVISI HUMAS MABES POLRI. Jurnal Sosioteknologi. https://doi.org/10.5614/sostek.itbj.2015.14.1.1

Nasution, N. S., Musthofa, S. B., & Shaluhiyah, Z. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Dalam Media Sosial : Gambaran Konten Video Tiktok. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 180–187.

Novita, S. N., Luthman, A. Y., & Ilham. (2018). Analisis Perbandingan Persepsi Konsumen Mengenai Store Atmosphere pada Ritel Modern dan Ritel Konvensional. Jemi, 18(2), 55–63.

Oktavianti, R., & Loisa, R. (2021). Ekologi Media Dalam Peliputan Keberagaman Jurnalis Televisi Kontributor Ambon. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 5(1), 277. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.10179.2021

Pratiwi, N. I., & Achmad Husen. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK PADA REMAJA DI DENPASAR SAAT PANDEMI. 42–51.

Putri, D. R., Forceila, D., & Ivana, L. (2021). Persepsi Pada Jingle Shopee Versi Baby Shark (Studi Deskriptif Followers Instagram @Shopee_id). Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 6(1), 1. https://doi.org/10.33376/ik.v6i1.641

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif. Repository.Uin-Malang.Ac.Id/2437, 1–6.

Rayhan, T. M., & Putri, W. Y. (2020). Analisis Framing Seputar INews Siang RCTI Segmen “Pilihan Indonesia 2019.” InterKomunika, 2(2), 1–20.

S. Nasution. (2009). Metode Research (Penelitian Ilmiah. In Jakarta: Bumi Aksara.

Seprilian, A., Sihura, N., Hasibuan, E. J., & Hidayat, T. W. (2022). Pengaruh Konten Tiktok Dr . Yessica Tania terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wanita The Influence of dr . Yessica Tania ’ s TikTok Content on the Decision to Purchase Women ’ s Skincare Products. 4(1), 8–16. https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i1.1146

SIAHAAN, B. Z. (2011). Pengaruh Kemampuan Kerja, Persepsi Peran Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Administrasi Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 48. https://doi.org/10.21009/jmp.02105

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2), 30–38. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2654

statista.com. (2022). TikTok- Statistics & Facts. https://www.statista.com/topics/6077/tiktok/#dossierKeyfigures

Syifa, N., & Fahmi, M. H. (2015). Hubungan Antara Tayangan 86 Di Net TV dengan Citra Polisi di Kalangan Masyarakat Bidang Kajian Public Relations , Fakultas Ilmu Komunikasi , Universitas Islam Bandung , Jl . Tamansari No . 1 Bandung 40116 A . Pendahuluan Komunikasi dipahami sebagai proses. 281–287.

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Sosial. In Yogyakarta: Andi Ofset.

Wildan, M., & Yuliati, N. (2016). Peranan Tayangan Acara Indonesia Lawyers Club terhadap Persepsi Hukum Indonesia The role of Indonesia Lawyers Club ’ s Show toward Indonesian Law Perception Lawyers Club di TvOne terhadap persepsi Hukum Indonesia di mahasiswa Universitas. 701–705.

WULAN, D. K., & CHOTIMAH, K. (2017). Peran Regulasi Emosi Dalam Kepuasan Pernikahan Pada Pasangan Suami Istri Usia Dewasa Awal. Jurnal Ecopsy, 4(1), 58. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v4i1.3417

Zyngier, D., Zullig, K. J., Collins, R., Ghani, N., Hunter, A. A., Patton, J. M., Huebner, E. S., Zhang, J., Zins, J. E., Bloodworth, M. R., Weissberg, R. P., Walberg, H. J., Zeidner, M., Schleyer, E. J., Zee, M., Koomen, H. M. Y., Yvonne Feilzer, M., YP.2006.a.4526, S. C. N.-371. 0770959. 22 B. L. O. C., Yibing Li, … 김성식. (2013). PISA 2012 results : ready to learn. Students’ engagement, drive and self-beliefs (volume III). School Effectiveness and School Improvement. https://doi.org/10.1080/09243453.2012.680892




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i2.15744


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License