Konten Instagram: Strategi Kreatif Dana Syariah Dalam Meningkatkan Brand Awareness
Abstract
Dana Syariah adalah sebuah perusahaan investasi peer to peer lending yang mem-positioning-kan diri sebagai produk syariah. Sementara itu RWE Digital Agency adalah agensi digital yang mengelola promosi Dana Syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif pesan Dana Syariah sebagai produk baru investasi syariah. Penelitian ini mengambil satu platform digital yakni Instagram sebagai platform yang digunakan oleh RWE Digital Agency dalam mempromosikan produk Dana Syariah. Metode yang digunakan adalah studi kasus melalui wawancara dan penelusuran dokumen. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa dalam promosi menggunakan Instagram memiliki 3 pilar utama yakni Content Strategist, Social Media Officer, dan Monitoring and Report. Pada promosi digital perubahan strategi bisa terjadi ditengah jalan jika tidak sesuai dengan target yang diharapkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiono, A. (2017). PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH. In Jurnal Law and Justice (Vol. 2, Issue 1).
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbooks of Qualitative Research. Pustaka Pelajar.
Dharmayanti, P., Management, G. D.-R. J. of, and, I., & 2020, undefined. (2020). The use of instagram in coffee shop. Core.Ac.Uk, 7(4), 48–56. https://core.ac.uk/download/pdf/328143498.pdf
Durianto, D., Sugiarto, & Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dwi Rachmanta, R., Tri Lestari, M., & A Pamungkas SS, I. N. (n.d.). Teknik Persuasi pada Periklanan Digital sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Deskriptif Produk Indihome PT Telekomunikasi Indonesia) Persuasion Techniques in Digital Advertising as Marketing Communication Strategy (Descriptive Study of PT Telekomunikasi Indihome Product).
Feldman, T. (1997). An Introduction to Digital Media. Routledge.
Herdiansyah, H. (2013). Wawancara, Observasi dan Focus Groups. Rajawali Press.
Kertamukti, R. (2014). Strategi Kreatif dan Periklanan. PT. Rajagrafindo Persada.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Pearson.
Lavoie, K. A. (2015). Instagram and Brand: A Case Study of Dunkin’ Donuts. Elon Journal of Undergraduate Research in Communications, 6(2). http://www.inquiriesjournal.com/articles/1364/instagram-and-branding-a-case-study-of-dunkin-donuts
Lawson, B. (2012). What Designers Know. Routledge.
Lister, M., Dovey, J., Giddings, S., Grant, lain, & Kelly, K. (2003). New Media: A Critical Introduction. Routledge.
Moriarty, S., Mitchell, N. D., & Wells, W. D. (2015). Advertising: Principles and Practice. Pearson.
Muktaf, Z. M. (2016). Periklanan: Sebuah Pendekatan Praktis. Litera.
Nasution, A. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Bisnis Corporate, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i1.1484
Oh, H. (2000). THE EFFECT OF BRAND CLASS, BRAND AWARENESS, AND PRICE ON CUSTOMER VALUE AND BEHAVIORAL INTENTIONS.
Serrano-Cinca, C., Gutiérrez-Nieto, B., & López-Palacios, L. (2015). Determinants of default in P2P lending. PLoS ONE, 10(10). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0139427
Sissirs, J. Z., & Baron, R. B. (2010). Advertising Media Planning. Mcgraw-Hill.
Wahid, R. M., & Wadud, M. (2020). Social Media Marketing on Instagram : When is the Most Effective Posting Timing? EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR)-Peer Reviewed Journal, 6(7), 312–321. https://doi.org/https://doi.org/10.36713/epra4834
Widyatama, R. (2007). Pengantar Periklanan. Pustaka Book Publisher.
Yin, R. K. (2006). Studi Kasus, Desain dan Metode. Rajawali Press.
DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.13565
Index by: | ||
|
||
E-ISSN: 2579-3292 | ||
|
||
Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana InformatikaJl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
|