Analisis Resepsi Budaya Populer Korean Pop Dengan Perubahan Gaya Hidup Diaspora Indonesia di Penang

Khairani Mukhlis, Hafied Cangara, Umaimah Wahid

Abstract


Tulisan ini menganalisis resepsi budaya populer Korean Pop atau KPop yang mana berdampak pada gaya hidup diaspora Indonesi di Penang. Tulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatitf dengan pendekatan interpretatif. Penelitian ini melihat bagaimana penerimaan budaya KPOP mampu mempangaruhi gaya hidup mereka dengan menggunakan analisis resepsi sebagai alat dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ditemukan jika konsumsi konten yang secara terus – menerus mempengaruhi gaya hidup mereka, khususnya dalam hal pakaian dan hidup sehat. Selain itu juga menemukan bahwasannya dari kesepuluh responden yang di wawancara, mereka setengah diantaranya termasuk kedalam dominant – hegemonic dan sisanya negotiated code. Penelitian ini tidak menemukan koresponden yang berada di posisi oppossional code

Keywords


Popular Culture of Korean Pop, Lifestyle, Indonesian Diaspora, Reception Analysis

Full Text:

PDF

References


Dzakkiyah Nisrina, I. A. (2020). DAMPAK KONSUMERISME BUDAYA KOREA (KPOP) DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(01), 78 -88.

Hsu, H. (2017, July 17). Stuart Hall and the Rise of Cultural Studies. Retrieved January 13, 2022, from The New Yorker: https://www.newyorker.com/books/page-turner/stuart-hall-and-the-rise-of-cultural-studies

Ida, R. (2019). Pendahuluan : Budaya Populer Indonesia - Diskursus Global/Lokal dalam Budaya Populer Indonesia. In R. Ida, & R. Ida (Ed.), Budaya Populer Indonesia - Diskursus Global/Lokal dalam Budaya Populer Indonesia (p. 2). Airlangga University Press.

Kim, C. H. (2021, Agustus 13). South Korea - Country Commercial Guide. Retrieved January 05, 2022, from https://www.trade.gov/country-commercial-guides/south-korea-entertainment-and-media

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Prijana, H. I. (2009, Januari). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, 3(01), 1-7. doi:https://doi.org/10.9744/scriptura.3.1.1-7

Teel, A. (2017, May 4). The Application of Stuart Hall’s Audience Reception Theory to Help Us Understand #WhichLivesMatter? Retrieved January 13, 2022, from Medium.com: https://medium.com/@ateel/the-application-of-stuart-halls-audience-reception-theory-to-help-us-understand-whichlivesmatter-3d4e9e10dae5

TikTok. (2021). Infografis "2021 Kpop TikTok": Indonesia Jadi Market Penghasil Konten Seputar Kpop Terbanyak di TikTok. Retrieved January 02, 2022, from Tiktok|Newsroom: https://newsroom.tiktok.com/in-id/indonesia-jadi-market-penghasil-konten-seputar-kpop-terbanyak-di-tiktok

Tunshorin, C. (2016). Analisis Resepsi Budaya Populer Korea Pada Enternal Jewel Dance Community Yogyakarta. Jurnal Komunikasi Profetik, 10(01), 71 - 79.

Yoon-mi, K. (2011, Juni 13). K-pop drives hallyu craze: survey. Retrieved Oktober 05, 2021, from The Korea Herald: http://www.koreaherald.com/view.php?ud=20110613000731




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v14i1.12951


E-ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License