Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Kota Tangerang Dalam Upaya Mempromosikan Destinasi Wisata Melalui Instagram (@humas_kota_tangerang)

Asriyani Sagiyanto, Ita Suryani, Liliyana Liliyana

Abstract


Dengan potensi wisata yang di miliki Kota Tangerang, maka Disbupar Kota Tangerang dan Humas Pemerintah Kota Tangerang memiliki strategi tersendiri dalam mempromosikan wisata yang terdapat di Kota Tangerang melalui instagram. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui strategi komunikasi humas dalam upaya mempromosikan destinasi wisata melalui instagram. 2) Untuk mengetahui implementasi strategi komunikasi humas pemerintah Kota Tangerang dalam mempromosikan destinasi wisata melalui instagram. Metode yang digunakan penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Analisis data menggunakan analisia iteraktif. Teknik keabsahan atau validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian Humas kota tangerang menjadikan instagram sebagai salah satu media untuk menginplementasikan strategi komunikasi yang sudah direncaranakan. Dan dalam proses pembuatan konten di instagram destinasi wisata dikemas dengan baik secara visual dengan memilih tempat tujuan yang layak dikunjungi untuk menjadi objek foto dan video visual juga menambahkan voice over untuk memperjelas informasi yang ingin humas sampaikan dalam video tersebut agar menarik bagi yang melihatnya.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. . (2015). Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep, dan Aplikasile. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.

menpar-ungkap-strategikomunikasi-pariwisata-indonesia. (n.d.). Diambil dari https://kominfo.go.id/content/detail/11521/menpar-ungkap-strategikomunikasi-pariwisata-indonesia/0/berita_satker

Moore, F. (2005). Humas Membangun Citra Dengan Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2017). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Noor, J. (2014). Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

pegiat-wisata-se-banten-gali-potensi-wisata-kota-tangerang. (n.d.). Diambil dari http://www.tangerangkota.go.id/https://kbbi.web.id/destinas

Ronald D Smith. (2002). Strategic Planning For Public Relations. USA: Lawrence Erlbaum Associates.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. alfabeta.

Ardhoyo, T.E. (2013). Peran dan Strategi Humas (public relations) Dalam Mempromosikan Produk Perusahaan. UPDM (B). ISSN 2338-3321 Jurnal Ilmiah WIDYA, Volume 1, Nomor 1, Mei-Juni 2013

Christin, M & Marshal, T. (2016). Aktivitas Humas Bercerita Dalam Pariwisata (Aktivitas Cyber Public Relations Akun Instagram Ceritapadang Dalam Pembangunan Pariwisata Minangkabau). Prosiding Seminar Nasional Komunikasi. UNILA. Volume 1, Nomor 2, 2 Juni 2017

Suryani, Ita. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Dalam Upaya mendukung ASEAN Community 2015 ( Studi Sosial Media Marketing Pada Twitter Kemenperekraf RI dan Facebook Disperbud Provinsi Jawa Barat). Jakarta : Akademik Komunikasi Bina Sarana Informatika. Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014

Umami, Zahrotul. (2015). Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. FISIP UNDIP. JURNAL INTERAKSI, Vol 4 No 2, Juli 2015 : 195 – 201

http://www.tangerangkota.go.id/

https://kbbi.web.id/destinasi

https://kominfo.go.id/content/detail/11521/menpar-ungkap-strategi-komunikasi-pariwisata-indonesia/0/berita_satker




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v12i2.11834

ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License