Strategi Komunikasi Pemasaran Green Marketing Pada Produk Hellobottle.Id Dalam Upaya Mendukung Kampanye Ramah Lingkungan Kepada Konsumen

Asriyani Sagiyanto, Badiatul Qibtiyani

Abstract


Sampah plastik,  yang  merupakan isu yang sangat dekat dengan masyarakat. Sifatnya sendiri  tidak  mudah  terurai,  proses  pengolahannya  menimbulkan  toksit  dan  bersifat karsinogenik. Inilah yang akhirnya mempengaruhi masyarakat sehingga lingkungan pemasaran mengalami perubahan. Mengusung isu  lingkungan memunculkan konsep green marketing pada HelloBottle.id sebagai produk  thumbler  yang ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui  strategi  komunikasi  pemasaran  pada  produk  Hellobottle.id  dalam  upaya mendukung kampanye ramah  lingkungan kepada konsumen, serta mengetahui faktor apa  saja yang  dapat  menghambat  strategi  green  marketing  pada  produk  Hellobottle.id  dalam  upaya mendukung kampanye ramah lingkungan kepada konsumen.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi non pasrtisipan,  studi  pustaka, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pemilih dari HelloBottle.id dan tiga orang konsumen HelloBottle.id. Teori  yang digunakan dalam penelitian  adalah  Teori  menurut Kotler tentang kegiatan dasar pembauran  pemasaran.  Hasil  dari  penelitian  ini  adalah  dalam  kegiatan  pemasaran HelloBottle.id sebagai produk ramah lingkungan menggunakan keempat kegiatan dasar dari pembauran pemasaran melalui media online dalam upaya kampanye ramah lingkungan kepadakonsumen.

Keywords


Strategi Kampanye, Komunikasi Lingkungan, Green Marketing

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

B. Wibisono. (2002). Green Consumerism dan Green Marketing :Perkembangan Perilaku Konsumen dan Pendekatan Pemasaran Usahawan.

Cox, R. (2013). Environmental Communication and the Public Sphere. (3rd Edition). Los Angeles (US).

Keller, P. K. dan K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.).

Kriyantono, R. (2014). Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Normawati, Maryam, S., & Priliantini, A. (n.d.). PENGARUH KAMPANYE “LET’S DISCONNECT TO CONNECT” TERHADAP SIKAP ANTI PHUBBING (SURVEI PADA FOLLOWERS OFFICIAL ACCOUNT LINE STARBUCKS INDONESIA. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika.

Oepen, Manfred and Hamacher, W. (2006). Environmental Communication for Sustainable Development. Jakarta: Appropriate Communication in Development.

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Pelangi Aksara.

Prisgunanto, I. (2014). ). Komunikasi Pemasaran Era Digital.

Rahmansyah, M. (2013). Pengaruh Green Marketing dalam iklan produk terhadap keputusan membeli konsumen. Bisnis Universitas Hasanudin.

Rosady, R. (2006). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Situmorang, J. R. (2011). Pemasaran hijau yang semakin menjadi kebutuhan dalam bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(2), 131–142. Diambil dari http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/408/3 92




DOI: https://doi.org/10.31294/jkom.v12i1.10441

ISSN2579-3292

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License