Gambaran Resiliensi Mahasiswa Tahun Pertama Program A2016 Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Maulidya Ninda Prihartono, Titin Sutini, Efri Widianti

Sari


ABSTRAK
Mahasiswa tahun pertama mengalami transisi dari masa SMA/sederajat menjadi mahasiswa di perguruan tinggi. Banyaknya kegiatan dan tugas-tugas menjadi salah satu penyebab tekanan yang dialami oleh mahasiswa. Resiliensi merupakan mekanisme adaptasi untuk bertahan atau bangkit kembali dari kesulitan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengidentifikasi gambaran resiliensi mahasiswa tahun pertama program A2016 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran.Penelitian menggunakan desain deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa program A2016 di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Teknik sampling menggunakan desain total sampling. Sampel dalam penelitian berjumlah 143 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner Connor Davidson Resilience Scale dengan jumlah item 25 (α cronbach = 0,89). Analisa data menggunakan distribusi frekuensi dan nilai mean.Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar mahasiswa memiliki resiliensi rendah (53,85%) dan mahasiswa yang memiliki resiliensi tinggi (46,15%). Pada sub variabel resiliensi didapatkan hasil sub variabel rendah menerima perubahan, yaitu (53,85%) dan sub variabel tinggi pengaruh spiritual (72,03%). Adapun sub variabel percaya naluri sendiri (50,35%), kendali pribadi (51,75%), dan kompetensi personal (55,24%). Mahasiswa pada penelitian ini memiliki resiliensi rendah dengan menerima perubahan yang rendah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan kualitas program adaptasi mahasiswa baru dengan suatu tahapan agar tidak melebihi kapasitas mahasiswa.

Kata Kunci: Mahasiswa Tahun Pertama, Program A2016, Resiliensi.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arkoff, Abe. 1968. Adjustment and Mental Health. New York: McGraw-Hill

Astiti, A. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Depresi Pada Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Rsud Panembahan Senopati Bantul. Tidak diterbitkan. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Benard, B. 2004. Resiliency: What We Have Learned. San Fransisco: Wested.

Potter & Perry. 2010. Fundamentals of Nursing. Elsivier.

Santrock, John. W. 2010. Educational Psychology. McGraw-Hill Education

Wijaya A. 2005. Kualitas Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Dan Mengalami Depresi. Tesis, Universitas Indonesia: Depok.

Wolf, A. 2008. A Literature Review: Current Trends in Spirituality in Holistic Nursing. Spiritual Trends in Holistic Nursing 1. Senior Honors Thesis. Liberty University.




DOI: https://doi.org/10.31311/.v6i1.3807



Diterbitkan oleh:

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas BSI Bandung

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.