STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM MENGINFORMASIKAN LAYANAN PUBLIK MELALUI YOUTUBE

Intan Leliana, Venessa Agusta Gogali

Sari


Humas pemerintah memiliki fungsi mengedukasi masyarakat untuk meningkatkan citra dan reputasi pemerintah, membangun jembatan sosiaisasi yang baik, membangun hubungan yang menguntungkan antar stakeholder serta membangun kepercayaan. Selain itu humas juga harus berupaya bagaimana untuk menjalin hubungan baik dengan media. Kementerian Perindustrian, berperan penting untuk menginformasikan baik itu produk industri kecil atau informasi-informasi tentang industri di daerah ke masyarakat luas. Layanan informasi yang diberikan oleh Kementerian Perindustrian melalui media online youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, studi kepustakaan dan Dokumentasi. Adapun untuk analisa data menggunakan deskriptif. Kesimpulan adalah Media sosial youtube berperan sangat penting dalam penyebaran informasi, dimana media sosial youtube yang dapat diakses dengan mudah oleh jutaan orang menjadi media yang sangat tepat bagi penyebaran informasi kepada publik internal dan publik eksternal.

Kata Kunci


Ilmu Komunikasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, E. (2011). Metodologi Penelitian untuk Public Relations - Kuantitatif dan Kualitatif. Simbiosa Rekatama Media.

Gassing, Syarifuddin, & Suryanto. (2016). Pubic Relations. Yogyakarta: Andi Offset.

Harris, L. T. (1991). The Marketer’s Guide to Public Relations. New York: John Willey and Son, Inc.

Jugiyanto, H. (2014). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ruslan, R. (2011). Etika Kehumasan Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Scott, m cutlip. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Jakarta: Kencana.

Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusmawati. (2017). Strategi Humas Pemerintahan Kabupaten Sumbawa Barat Dalam Menyampaikan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Situs www.sumbawabaratkab.go.id. Jurnal Komunikasi, VIII(2579–3292).




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6836

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License