MOTIF PENDENGAR RADIO DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI (STUDI KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA PADA GENERASI Z DI BANDUNG)

ulfa yuniati, Euis Evi Puspitasari

Sari


Teknologi menciptakan tipe masyarakat. Artinya setiap perkembangan teknologi akan menentukan bagaimana tipe masyarakatnya. Perbedaan tipe masyarakat sekarang dengan 1 abad lalu dipengaruhi oleh perkembangan teknologinya. Maka, individu yang hidup pada masyarakat tertentu harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi komunikasi (Nurudin, 2017).
Generasi Z adalah generasi yang telah lahir disebut generasi teknologi artinya mereka mengikuti perkembangan teknologi saat ini jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya yakni generasi baby boomer, silent generation, generasi milenials, dan generasi X. Tidak hanya itu generasi Z pun saat ini cenderung menggunakan internet sebagai cara mereka memenuhi kebutuhan informasi atau hiburan.
Tujuan utama penelitian dilakukan untuk mengetahui motif dari pendengar generasi Z di era disrupsi ini sebagai studi kepuasan penggunaan media. Pendengar generasi Z dipilih karena mereka terlahir untuk menggunakan teknologi dan internet. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dari generasi Z adalah mendengarkan lagu-lagu yang diputar serta menghilangkan kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Namun pada penggunaan media, dilihat dari durasi mendengarkan radio, generasi z cukup puas dalam hal ini.

Kata Kunci


radio, teknologi informasi, motif, generasi z, penggunan media radio, teknologi informasi, motif, generasi z, penggunan media

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Effendy. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti,

Kriyantono, Rakhmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana,

Lestari, A.F., (2017). Skripsi Motif dan Kepuasan Pendengar Radio di Era Media Baru

McQuail, Denis, (1991). Teori Komunikasi Masa, Jakarta : PT. Erlangga

Morissan, (2005). Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi.Jakarta: Ramdina Perkasa

Nasution, N. (Juli 2017). Eksistensi M-Radio Terhadap Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi. Interaksi Vol. 1 No.2 Edisi Juli, 174-183.

Nurudin. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti, 2.

Ruggiero, Thomas E. (2000). Uses and Gratifications Theory in the 21st Century. Mass Communciation and Society, vol 3 no 1 2000, halaman 3-37

Santoso. E & Setiansah, M. (2010). Teori Komunikasi. Yogyakarta, Graha Ilmu.

Severin, Werner, J. and James, Jr. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada,

Yuniati, Ulfa., Puspitasari, E.E.. (2019). Eksistensi Radio Swasta Bandung Pada Era Digital Melalui Survey Kebutuhan Khalayak Generasi Z Laporan Akhir Hibah PDP Kemenristektdikti. Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504.g3631

ISSN: 2549-3299

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License